Manfaat Bayam Untuk MPASI Bayi yang Menyehatkan

Manfaat Bayam Untuk MPASI Bayi yang Menyehatkan – Ada banyak bahan makanan yang baik dan sehat untuk MPASI si kecil, salah satunya bayam. Pada bayam terkandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tumbuh kembang si kecil. Nah, berikut ini beberapa manfaat bayam untuk MPASI bayi.

Manfaat Bayam Untuk MPASI Bayi

Manfaat Bayam Untuk MPASI Bayi yang Menyehatkan

Apabila bayam diberikan sesuai dengan porsi yang tepat, maka akan dapat memberikan manfaat baik seperti berikut ini.

Bagus Untuk Kesehatan Mata Bayi

Pada bayam terkandung zeaxanthin, lutein dan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata si kecil, serta mencegah mata rusak yang disebabkan karena paparan sinar matahari. Selain itu, menurut beberapa penelitian menyatakan bahwa kandungan tersebut  bagus untuk mempertajam penglihatan buah hati.

Menangkal Efek Buruk Radikal Bebas

Radikal bebas bisa berasal dari berbagai sumber seperti zat sisa metabolisme tubuh, polusi, asap rokok, asap kendaraan dan lain sebagainya. Apabila terpapar oleh radikal bebas dalam jumlah banyak, maka si kecil akan mengalami masalah kesehatan seperti alergi, gangguan terhadap tumbuh kembangnya dan gangguan pada pernapasannya.

Nah, agar si kecil terhindar dari efek buruk radikal bebas, maka anda bisa memberikan si kecil makanan dengan kandungan antioksidan yang kaya. Nah, pada sayur bayam terkandung banyak antioksidan seperti vitamin C, beta karoten dan lutein.  Karena kandungannya tersebut menjadikan sayuran ini bagus untuk si kecil.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Si kecil rentan terluka yang disebabkan karena terjatuh, merangkak pada lantai dan lain sebagainya. Dengan rutin memberikan bayam akan membantu luka yang dialami si kecil lebih cepat pulih. Kandungan vitamin K yang terdapat pada bayam memiliki peran untuk pembekuan darah sehingga luka akan menjadi lebih cepat sembuh.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat pada bayam selain bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, juga dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Vitamin C dalam tubuh bayi berperan untuk meningkatkan produksi dan efektivitas sel darah putih yang bertugas untuk melawan virus, kuman, serta parasit atau zat berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan infeksi. Sehingga dengan begitu, si kecil tidak akan mudah sakit. Selain itu, menurut penelitian menyatakan bahwa kandungan vitamin C juga akan membantu pemulihan luka lebih cepat, serta saat si kecil batuk pilek akan sembuh lebih cepat.

Mencegah Anemia

Apabila rambut si kecil rontok, kondisi ini bisa saja disebabkan karena si kecil kekurangan zat besi, serta folat. Jika kedua nutrisi ini asupannya kurang, maka akan menyebabkan masalah anemia. Hal ini akan membuat si kecil lemas dan rambutnya akan rontok lebih banyak.

Tubuh memerlukan zat besi dan folat untuk bisa menghasilkan sel darah merah. Tidak hanya itu, folat juga dibutuhkan untuk merangsang pembentukan rambut. Jika sel darah merah jumlahnya berkurang, maka oksigen jumlahnya akan berkurang pada sel-sel rambut. Hal ini akan menyebabkan rambut si kecil mengalami kerontokan.

Bayam merukan sumber zat besi dan folat. Dengan rutin memberikan bayam sebagai MPASI pada buah hati, maka dapat mencegah anemia dan kerontokan rambut.

Melancarkan Sistem Pencernaan Si Kecil

Manfaat bayam lainnya untuk  bayi yaitu dapat membantu melancarkan sistem pencernaan si kecil. Pasalnya pada bayam terkandung asam lemak yang lumayan tinggi. Jika asupan serat terpenuhi, maka si kecil akan terhindar dari sembelit. Asupan serat pada bayam, buah serta sayuran yang lainnya sangat penting untuk pencernaan bayi yang sehat.

Itulah beberapa manfaat bayam untuk MPASI bayi yang menyehatkan. Semoga bermanfaat.

Loading...