Manfaat Anggur Untuk Bayi yang Penting Orangtua Ketahui

Manfaat Anggur Untuk Bayi  – Buah anggur memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan karena tinggi akan kandungan antioksidan. Selain itu, buah anggur juga diketahui memiliki manfaat yang bagus untuk bayi.  Saat usia si kecil memasuki 6 bulan, si kecil akan dikenalkan dengan MPASI. Beragam jenis makanan akan dikenalkan orangtua, termasuk buah-buahan salah satunya anggur. Lantas kapan bayi boleh makan anggur dan apa saja manfaatnya untuk si kecil? Yuk simak di bawah ini.

Baca juga : Ketahuilah Manfaat Sarapan Sereal Gandum Bagi Anak

Kapan Waktu yang Tepat Memberikan Anggur Pada Bayi?

Buah anggur terkadang memiliki rasa yang asam, dengan tekstur yang kenyal dan bentuknya bulat kecil. Sehingga pemberian buah anggur pada si kecil sangat penting untuk diperhatikan. Pada umumnya kebanyakan orangtua mengenalkan anggur pada buah hatinya saat si kecil sudah bisa mengonsumsi makanan padat. Buah anggur itu sendiri dijadikan sebagai finger food. Saat usia si kecil memasuki 8 bulan atau lebih. Namun, pemberian anggur juga ada yang merekomendasikannya menunggu sampai usia si kecil 10 bulan.

Manfaat Anggur Untuk Bayi

Manfaat Anggur Untuk Bayi yang Penting Orangtua Ketahui

Adapun beberapa manfaat anggur untuk kesehatan bayi  di antaranya seperti berikut ini.

Baik Untuk Sistem Pencernaan

Anggur bagus untuk kesehatan sistem pencernaan si kecil karena dapat membantu mengatasi sembelit. Sembelit pada anak merupakan kondisi yang normal, terutama ketika anak mulai mengonsumsi makanan padat. Pada buah anggur terkandung serat sehingga akan membantu memudahkan pergerakan usus si kecil. Kandungan serat pada buah anggur akan dapat melancarkan sistem pencernaan si kecil.

Melindungi dari Infeksi Pernapasan

Manfaat lainnya dari buah anggur yaitu baik untuk sistem pernapasan anak. Bahkan diketahui dengan memberikan buah anggur pada si kecil akan dapat membantu menurunkan risiko asma, bronkitis dan masalah pada sistem pernapasan yang lainnya yang umumnya dapat dialami oleh anak-anak.

Kaya Akan Kandungan Antioksidan

Buah anggur kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan. Menyeimbangkan asupan makanan sangat penting dilakukan terlebih lagi jika kita tinggal di lingkungan kaya akan polutan. Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, salah satunya anggur akan mencegah kerusakan sel-sel tubuh yang disebabkan karena radikal bebas.

Melindungi Sistem Saraf

3 tahun pertama kehidupan si kecil merupakan periode emas, dimana sistem sarafnya berkembang dengan pesat. Oleh karena itu, kandungan gizi yang akan mendukung perkembangannya ini, terutama perkembangan otak sangat diperlukan.

Seiring usia si kecil yang bertambah, maka otak akan berkembang dengan cepat, dalam jaringannya akan membentuk koneksi baru, serta menciptakan neuron yang lebih banyak untuk menembak cepat. Dimana di masa ini sangat dibutuhkan perlindungan untuk mencegah terjadinya kerusakan dan tetap menjaga fungsi otak. Pada buah anggur terkandung unsur yang akan melindungi otak bagian tengah dengan efektif.

Menjaga Kualitas Darah

Kualitas dan kondisi komponen darah pada tubuh si kecil sangat penting untuk dijaga, sebab mempunyai peran penting untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Dimana kandungan yang terdapat pada buah anggur ini akan mampu membuat konsistensi tersebut terjaga.

Lihat juga : Agar Anak Mau Makan Buah, Ikuti Tips Cerdas Ini

Itulah beberapa manfaat anggur untuk bayi yang perlu orangtua ketahui. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memberikan anggur untuk si kecil yaitu, memilih anggur organik, memberikannya sedikit terlebih dahulu, hindari memberikan anggur dalam bentuk utuh, buang bijinya dan memberikan anggur yang masih segar.

Sumber :  Anggurku.com

Loading...