Manfaat Alpukat Untuk Bayi yang Menakjubkan

Manfaat Alpukat Untuk Bayi – Buah alpukat merupakan salah satu buah yang baik untuk makanan pendamping ASI bayi karena buah alpukat memiliki banyak manfaat.

Di usia 6 bulan, bayi sudah bisa mendapatkan makanan pendamping ASI atau MPASI, yang mana sebelumnya atau pada enam bulan awal kehidupannya bayi hanya mengkonsumsi ASI sebagai asupan utamanya. Berbagai makanan pendamping ASI dapat dikenalkan pada bayi. Namun, makanan yang diberikan bukanlah makanan seperti yang dikonsumsi oleh orang dewasa. Makanan bayi harus benar-benar diperhatikan dan memenuhi kriteria. Selain sehat dan bergizi, makanan bayi untuk pertama kalinya harus memiliki tekstur yang lembut atau lunak sehingga mudah dicerna oleh bayi.

Pada usia 6 bulan, bayi juga sudah dapat dikenalkan dengan buah-buahan. Salah satu buah yang baik untuk makanan pendamping ASI pertamanya yaitu buah alpukat. Selain teksturnya yang lembut dan rasanya creamy yang tentunya disukai oleh bayi, buah alupkat pun kaya akan kandungan dan memiliki banyak manfaat untuk bayi. Umumnya buah alpukat ini baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Manfaat Alpukat Untuk Bayi

Bagaimana dengan Kandungan Lemak Buah Alpukat?

Buah alpukat memang mengandung lemak dan kalori yang cukup tinggi. Karena alasan tersebutlah banyak orang yang menyarankan untuk menghindari buah yang satu ini. Di dalam buah alpukat berukuran sedang terkandung sekitar 322 kalori, serta 30 gram lemak. Untuk 1 gelas puree alpukat mengandung kira-kira 700 kalori, karena untuk membuat 1 gelas puree biasanya memerlukan 2 buah alpukat.

Akan tetapi, dibandingkan dengan risikonya manfaat buah alpukat jauh lebih besar. Alpukat mengandung lemak tak jenuh mono yang berperan dalam membantu menurunkan kolesterol jahat dan menjaga kesehatan jantung.

Manfaat Alpukat Untuk Bayi

Berikut ini manfaat buah alpukat untuk kesehatan bayi:

Mencegah Penyakit Saluran Pencernaan

Alpukat merupakan buah yang baik untuk bayi karena alpukat mudah dicerna. Selain mudah dicerna, buah alpukat juga memiliki manfaat yang lainnya yaitu mampu mencegah penyakit sistem pencernaan. Buah alpukat mengandung antioksidan, yang mana kandungan antioksidan dalam buah alpukat ini akan membantu bayi terhindar dari keadaan sakit perut.

Sumber Mineral dan Vitamin

Seperti yang kita ketahui, buah-buahan merupakan sumber vitamin. Alpukat adalah buah yang menjadi sumber vitamin dan mineral yang tinggi. Pada buah alpukat terkandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta lemak sehat, protein, seng, selenium dan karotenoid. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah alpukat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan bayi. Selain itu, kandungan dalam buah alpukat ini dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Mencegah Terjadinya Peradangan

Bayi sangat rentan terhadap berbagai masalah kesehatan, termasuk peradangan. Bagian tubuh si kecil yang paling mudah mengalami peradangan yaitu kulit. Selain peradangan, kulit bayi juga rentan mengalami infeksi. Antioksidan yang terkandung dalam buah alpukat dapat melindungi bayi agar ia terhindar dari masalah peradangan dan iritasi.

Melindungi Hati

Buah alpukat berperan untuk melindungi hati bayi yang sedang berkembang. Selain itu, buah alpukat juga dapat membuat bayi sehat.

Menyembuhkan Luka

Buah alpukat dikenal mampu membantu menyembuhkan luka.

Tips Memilih Alpukat Untuk Bayi

  • Ketika memilih atau membeli buah alpukat, sebaiknya pilihlah buah alpukat yang memiliki tekstur padat, namun tidak keras. Warna alpukat sebenarnya tidak menandakan bahwa alpukat sudah matang atau belum. Warna buah alpukat dapat bervariasi, antara berwarna gelap atau hijau.
  • Sebaiknya hindari memilih buah alpukat yang terlalu keras, karena alpukat seperti itu tandanya belum matang. Alpukat yang belum matang tidak akan baik dijadikan bubur karena akan keras dan kasar.
  • Jika anda membeli buah alpukat yang masih belum matang, anda dapat mematangkannya di tempat yang sejuk. Hindarkan buah alpukat tersebut dari sinar matahari langsung.

Mengolah Alpukat Untuk MPASI Bayi

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 1 buah alpukat
  • ASI atau susu formula

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu mencuci buah alpukat yang sudah anda siapkan sampai bersih. Jika sudah, potong buah alpukat pada bagian tengahnya dengan arah memanjang menggunakan pisau. Untuk mencungkil keluar bijinya anda dapat memanfaatkan sendok atau pisau. Gunakan pisau yang bersih untuk mengupas kulitnya dan gunakan sendok untuk mengambil dagingnya.
  2. Jika dagingnya sudah diambil anda dapat langsung menghaluskannya dengan menggunakan blender hingga benar-benar halus. Untuk mendapatkan kekenatalan yang diinginkan anda dapat menambahkan air secukupnya. Jika tidak, anda dapat menambahkan ASI atau susu formula untuk mendapatkan tekstur yang lebih kental dan lembut.
  3. Untuk alpukat yang teksturnya lebih keras dan tebal sebaiknya diberikan pada bayi berusia di atas 10 bulan. Untuk menghaluskannya dapat menggunakan garpu.
  4. Buah alpukat dapat disajikan sebagai bubur polos atau anda dapat mengkombinasikannya dengan bubur pisang untuk memberikan kombinasi antara omega 3 dan potasium.

Bubur buah alpukat sebaiknya langsung dihabiskan setelah dibuat. Pasalnya, alpukat tidak baik apabila dibekukan. Akan tetapi, jika anda terpaksa harus menyimpan bubur alpukat, maka anda dapat menyimpannya dalam tempat tertutup yang kedap udara.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *