Makanan Penyebab Gigi Berlubang Pada Anak

Makanan Penyebab Gigi Berlubang Pada Anak – Kesehatan gigi dan mulut anak sangat penting untuk diperhatikan. Selain merawatnya dengan rutin menyikat gigi, pastikan makanan yang si kecil konsumsi tidak akan menyebabkan masalah pada giginya. Ada beberapa makanan yang diketahui dapat menyebabkan gigi anak berlubang dan hitam. Berikut ini makanan penyebab gigi anak berlubang dan hitam.

Makanan Penyebab Gigi Berlubang Pada Anak

Makanan Penyebab Gigi Berlubang Pada Anak

Agar gigi anak tetap sehat, perhatikan makanan ataupun minuman yang si kecil konsumsi. Terdapat beberapa makanan yang tanpa disadari bisa menyebabkan gigi anak berlubang dan hitam seperti berikut.

Permen

Makanan pertama yang dapat menyebabkan gigi anak berlubang yaitu permen. Permen memang banyak disukai oleh anak-anak karena rasanya manis dan memiliki aneka rasa, salah satunya rasa buah. Walaupun rasa buah, namun tetap saja permen mengandung gula yang akan dapat menempel pada gigi anak dan menyebabkan masalah. Kandungan gula yang terdapat pada permen akan dapat menyebabkan plak pada gigi anak, serta enamel gigi terkikis dengan perlahan.

Selain permen, makanan lengket dengan tekstur kenyal juga akan menyebabkan hal yang sama seperti oatmeal, kismis, karamel, selai kacang, sirup dan madu. Makanan-makanan ini akan menyebabkan air liur sulit membilas sisa gula pada gigi.

Meskipun sudah dibersihkan dengan cara menyikat gigi, namun sisa permen masih bisa terdapat pada sela-sela gigi, serta mengundang bakteri tumbuh. Mengetahui seperti itu, sebaiknya hindari konsumsi permen pada si kecil agar giginya tetap sehat.

Baca juga : Ketahuilah Manfaat Sarapan Sereal Gandum Bagi Anak

Biskuit

Biskuit menjadi cemilan si kecil yang biasanya banyak diberikan oleh orangtua kepada anaknya. Namun, biskuit ternyata dapat menyebabkan gigi berlubang pada si kecil. Ada beberapa jenis biskuit yang mengandung gula, serta kaya akan kandungan karbohidrat. Kombinasi keduanya akan memicu tumbuh kembang bakteri dalam mulut.

Gula digunakan oleh bakteri dalam menghasilkan asam yang  bisa menyebabkan email gigi terkikis. Asam ini setelah dikonsumsi si kecil dapat bertahan dalam mulut selama kurang lebih setengah jam. Dimana lama kelamaan hal ini akan menyebabkan kerusakan pada gigi si kecil, terlebih lagi jika setiap harinya si kecil terus mengonsumsi biskuit.

Minuman Soda

Minuman bersoda adalah penyebab masalah kesehatan gigi yang harus dihindari. Pada minuman bersoda terkandung asam yang akan membuat struktur gigi lemah. Mengetahui seperti itu, sebagai orangtua sebaiknya anda memperhatikan makanan dan minuman yang si kecil konsumsi. Biasakan si kecil untuk mengonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan-makanan yang tidak baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan gigi.

Nasi, Roti dan Pasta

Makanan selanjutnya yang bisa menyebabkan gigi berlubang pada si kecil yaitu nasi, roti dan pasta. Nasi adalah makanan pokok sehari-hari.  Nasi dan pasta mengandung karbohidrat sederhana yang akan dapat diubah menjadi gula dengan cepat. Hal ini akan dapat menyebabkan banyaknya asupan gula pada tubuh, serta lapisan gigi akan terkikis dengan perlahan. Meskipun begitu, bukan berarti anda tidak boleh memberikan makanan ini pada si kecil.

Dengan demikian, gantilah cemilan si kecil dengan makanan yang lebih sehat untuk giginya. Ada beberapa makanan yang bisa menjaga kesehatan gigi si kecil, salah satunya buah apel segar. Tidak hanya sehat, namun buah apel kaya akan kandungan serat yang dapat membersihkan gigi dengan alami. Selain itu, potongan keju juga bisa anda berikan pada si kecil untuk cemilannya. Keju tidak akan menyebabkan gigi anak berlubang. Kandungan kalsiumnya akan membuat gigi anak kuat. Setelah makan, pastikan anda menerapkan kebiasaan menyikat gigi pada si kecil agar giginya tetap sehat.

 

 

Loading...