Makanan Penghambat ASI yang Harus Bunda Hindari

Makanan Penghambat ASI – Selain mengetahui makanan apa saja yang dapat meningkatkan produksi ASI, sangat penting juga untuk mengetahui makanan penghambat ASI. Dengan begitu anda bisa menghindari beberapa jenis makanan ini untuk menjaga agar produksi ASI tetap lancar. Lantas apa saja makanan penghambat ASI yang harus dihindari? Yuk simak di bawah ini.

Makanan Penghambat ASI

Makanan Penghambat ASI yang Harus Bunda Hindari

Menjaga produksi ASI agar tetap lancar sangat penting dilakukan. Selain mengonsumsi makanan sehat yang dapat melancarkan ASI, menerapkan gaya hidup sehat dan lain sebagainya,  anda juga harus menghindari makanan ini sebagai upaya agar ASI tetap lancar.

Kopi

Untuk anda yang menyukai kopi, sebaiknya anda hentikan terlebih dahulu kebiasaan ngopi di masa menyusui. Minuman yang satu ini kurang bersahabat bagi ibu yang sedang menyusui dan bayi. Mengonsumsi kafein secara tidak langsung akan dapat menimbulkan dampak negatif untuk bayi. Kafein yang terakumulasi dalam tubuh bayi akan dapat membuat kadar zat besi, serta hemoglobin menurun dan hal ini tentunya akan membahayakan.

Selain itu, mengonsumsi kopi juga akan dapat menyebabkan sulit tidur, iritasi dan mood menjadi mudah tersinggung pada si kecil. Selain pada kopi, kandungan kafein juga bisa anda temukan dalam teh dan dark chocolate. Sehingga mengonsumsi makanan ataupun minuman tersebut sebaiknya jangan sembarangan.

Alkohol

Mengonsumsi alkohol tentunya tidak baik bagi kesehatan. Ibu yang sedang hamil dan menyusui sebaiknya menghindari konsumsi minuman yang satu ini. Alkohol mekanismenya menenangkan, dengan cara menekan sistem sara pusat. Hal inilah yang akan dapat membuat pelepasan oksitosin terblokir sehingga jumlah, serta kualitas ASI akan berkurang.

Peppermint

Ada banyak makanan yang bisa anda temukan untuk membantu melancarkan produksi ASI agar kebutuhan si kecil terpenuhi, namun peppermint bukan salah satunya. Jika anda hendak mengonsumsi makanan ini, sebaiknya anda urungkan terlebih dahulu niat anda saat periode menyusui buah hati. Pasalnya makanan ini diketahui sebagai salah satu makanan yang dapat menyebabkan ASI berkurang.

Lihat juga : Pilihan Buah Untuk Ibu Menyusui Agar ASI Tetap Lancar

Peppermint ini akan dapat membuat produksi ASI berkurang. Sebaiknya anda hindari konsumsi peppermint ini baik dalam bentuk permen, teh ataupun dikonsumsi secara langsung. Tidak hanya peppermint saja, namun sage, mentol dan peterseli juga sebaiknya anda hindari terlebih dahulu.

Beberapa Jenis Ikan

Saat ingin mengonsumsi ikan, sebaiknya anda perhatikan terlebih dahulu jenis ikan yang hendak dikonsumsi. Pasalnya, tidak semua jenis ikan bisa dikonsumsi oleh ibu menyusui. Beberapa jenis ikan diketahui dapat menjadi penyebab ASI berkurang. Sama halnya seperti ibu hamil, ibu menyusui juga sebaiknya menghindari konsumsi ikan yang mengandung tinggi merkuri, seperti hiu, todak dan lain sebagainya.

Kadar merkuri yang tinggi dalam ikan jika dikonsumsi akan dapat menyebabkan terhambatnya perkembangan saraf si kecil. Tidak hanya itu, anda juga sebaiknya mengurangi konsumsi ikan kalengan. Jika ingin mengonsumsi ikan, sebaiknya konsumsi ikan yang masih dalam keadaan segar yang berasal dari perairan yang tidak tercemar. Anda juga sebaiknya menghindari jenis ikan yang dapat menyebabkan alergi, seperti udang dan kerang.

Chasteberry

Buah yang satu ini biasanya dikonsumsi oleh orang yang sedang melakukan program hamil. Ini merupakan tanaman herbal yang berasal dari mediterania yang diketahui dapat membantu meningkatkan kesuburan.

Namun, buah yang satu ini sebaiknya anda hindari ketika sedang menyusui. Buah ini akan memberikan efek terapeutik yang dapat bekerja langsung pada kelenjar hipofisis, dimana hal ini akan dapat menyebabkan terhambatnya sekresi prolaktin. Dimana berkurangnya sekresi tersebut akan dapat membuat ASI jumlahnya berkurang.

Hindari makanan yang dapat menyebabkan ASI berkurang. Selain itu, sangat penting untuk menjaga asupan gizi seimbang dan gaya hidup sehat agar produksi ASI tetap terjaga.

Loading...