Menu Makanan Ibu Menyusui Saat Puasa Agar Produksi ASI Lancar

Makanan Ibu Menyusui Saat Puasa – Puasa adalah salah satu ibadah wajib yang dilakukan saat bulan Ramadhan. Banyak orang yang menyambut bulan Ramadhan dengan penuh kegembiraan dan bersemangat menjalankan ibadah puasa, termasuk ibu menyusui. Bagi ibu menyusui puasa menjadi tantangan tersendiri.

Untuk ibu menyusui yang tetap ingin ikut berpuasa, maka asupan makanannya harus diperhatikan. Mengonsumsi makanan sehat yang bernutrisi penting dilakukan oleh ibu menyusui agar kondisi tubuh tetap sehat dan ibu dapat menyusui dengan maksimal.

Nah, berikut ini beberapa menu makanan ibu menyusui saat puasa yang sebaiknya dikonsumsi agar produksi ASI tetap lancar.

Makanan ibu menyusui saat puasa

Menu Makanan Ibu Menyusui Saat Puasa Agar Produksi ASI Lancar

Anda harus pandai dalam memilih makanan yang baik dikonsumsi ibu menyusui saat puasa. Adapun beberapa makanan ibu menyusui saat puasa untuk menjaga produksi ASI seperti berikut ini.

Makanan Pokok Kaya Kandungan Serat dan Tinggi Energi

Supaya asupan energi tetap terpenuhi, maka anda sebaiknya memilih makanan tinggi energi serta kaya akan kandungan serat seperti misalkan nasi putih, nasi merah, roti gandum atau roti. Makanan-makanan tersebut menjadi sumber karbohidrat yang tinggi energi dan kaya akan kandungan serat.

Hal ini akan mendukung supaya kebutuhan energi pada ibu menyusui tetap terpenuhi, sehingga ibu menyusui akan dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan ASI yang dihasilkan tetap berkualitas.

Memilih Lauk Hewani dan Nabati dengan Kandungan Protein yang Tinggi

Memilih lauk yang kaya akan gizi disarankan supaya sel tubuh dapat dengan maksimal melakukan pergantian fungsi sel. Oleh karena itu, ibu menyusui harus memilih lauk hewani yang banyak mengandung gizi seperti misalkan ikan, daging merah seperti daging kambing atau sapi, telur, daging unggas dan susu.

Sedangkan untuk lauk nabati yang mengandung gizi padat, serta protein yang tinggi yaitu kacang-kacangan utuh seperti kacang hijau, kacang kedelai atau kacang merah.

Supaya asupan nabati tetap dapat terpenuhi meskipun waktunya terbatas, anda dapat mengolah protein nabati sebagai minuman ataupun cemilan yang dapat dikonsumsi ketika buka, setelah melaksanakan sholat tarawih ataupun sebelum makan sahur.

Konsumsi Buah-Buahan yang Tinggi Akan Kandungan Air

Komposisi utama ASI hampir lebih 70 persen yaitu cairan. Oleh karena itu, ibu menyusui harus memilih buah-buahan ataupun sayuran yang mengandung banyak air. Konsumsi buah-buahan ini akan membantu memenuhi kebutuhan cairan ibu menyusui, sehingga risiko mengalami masalah dehidrasi akan rendah.

Beberapa buah-buahan dan sayuran yang baik dikonsumsi oleh ibu menyusui ketika berbuka puasa hingga sahur di antaranya yaitu :

  • Lemon
  • Nanas
  • Blueberry
  • Blackberry
  • Jeruk
  • Jambu air
  • Semangka
  • Tomat
  • Timun
  • Selada
  • Sayur berdaun dan lain sebagainya

Anda dapat mengolahnya menjadi berbagai menu makanan, minuman ataupun cemilan yang dapat anda konsumsi setelah buka puasa hingga sahur.

Baca juga : Sayuran Untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar & Berkualitas

Penuhi Asupan Cairan

Memenuhi kebutuhan cairan sangat penting dilakukan untuk mencegah masalah dehidrasi. Bahkan ibu menyusui dianjurkan untuk membatalkan puasa apabila mengalami dehidrasi karena akan dapat membahayakan kondisi kesehatan ibu, serta produksi ASI akan terpengaruh.

Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu menyusui untuk memenuhi asupan air selama berpuasa untuk mencegah masalah dehidrasi dan menjaga jumlah ataupun kualitas ASI.

Itulah beberapa menu makanan saat puasa yang sebaiknya dikonsumsi ibu menyusui yang ingin ikut berpuasa agar produksi ASI tetap lancar dan kebutuhan ASI si kecil terpenuhi.

Loading...