10 Menu Makanan Anak Usia 1 Tahun Yang Dapat Anda Berikan Untuk Si Kecil

Makanan Anak Usia 1 Tahun – Usia 1 tahun memang dapat dikatakan sebagai gerbang bagi si kecil untuk mulai mengenal makanan dewasa. Tidak seperti usia 6 bulan dimana si kecil masih diberikan MPASI yang lunak. Sedangkan pada usia 1 tahun ini, anak sudah dapat diberikan makanan layaknya orang dewasa. Untuk itu, berikut ini kami sajikan beberapa panduan dan juga menu makanan anak usia 1 tahun!

Seperti yang kita tahu bahwa saat bayi menginjak usia 6 bulan tentunya diharuskan bagi para orang tua untuk memberikan MPASI untuk si kecil. Terlebih jika usia anak sudah mulai menginjak usia 1 tahun dimana fase tumbuh kembang telah dimulai. Maka dari itu, asupan gizi dan juga nutrisi si kecil untuk satu tahun pertama memang sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan bayi memiliki kecepatan pertumbuhan yang lebih cepat dan juga mengagumkan.

Perlu Anda tahu bahwa pada usia 1 tahun, si kecil sudah dapat diberikan jadwal makan sebanyak 3 kali dalam sehari. Pada waktu-waktu tertentu, menu makanan bayi dapat diselingi dengan cemilan sehat seperti buah-buahan dan juga biskuit. Selain itu, Anda sudah diharuskan untuk mulai memperkenalkan makanan padat dan juga makanan yang biasa dikonsumsi oleh orang dewasa. Dengan catatan, makanan padat tersebut harus lunak dan juga mudah untuk dikonsumsi oleh si kecil. Baca juga: Bolehkah Bayi Tidur Tanpa Bantal | Bahaya Bayi Tidur Dengan Bantal

Makanan Anak Usia 1 Tahun

makanan anak usia 1 tahun

Menu makanan anak usia 1 tahun tentunya harus dimulai dengan menu yang bervariasi. Hal ini tentunya bertujuan untuk memperkenalkan kepada si kecil berbagai jenis makanan yang biasa dikonsumsi oleh orang dewasa. Selain dapat membuat si kecil lebih mudah untuk mengenal makanan tertentu tentunya diharapkan si kecil dapat terbiasa dengan makanan tersebut saat menginjak usia anak-anak. Dengan begitu susah makan akan menu makanan yang asing dapat dengan mudah untuk Anda atasi.

Meskipun terdapat beberapa menu makanan yang disarankan untuk si kecil. Namun, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memperkenalkan berbagai menu makanan yang biasa Anda konsumsi bersama keluarga. Beberapa jenis makanan yang diwajibkan untuk dikonsumsi oleh si kecil diantaranya olahan dari kacang kedelai, biji-bijian, ikan dan juga telur. Anda tentunya harus tetap memperhatikan beberapa asupan makanan untuk anak 1 tahun agar kebutuhan gizi dan juga nutrisinya tercukupi dengan baik. Beberapa rekomendasi menu makanan anak usia 1 tahun ini tentunya dapat membantu Anda untuk memberikannya kepada si kecil, diantaranya:

Lihat juga: 20 Ciri-Ciri Kualitas ASI Yang Buruk Berikut Faktanya

Nasi coklat

Menu makanan pertama yang direkomendasikan untuk bayi usia 1 tahun yaitu nasi coklat. Jenis makanan yang satu ini tentu memberikan kebutuhan akan zat besi bagi si kecil. Hal ini tentunya sangat penting bagi Anda dikarenakan pertumbuhan pada anak usia 1 tahun memang cukup pesat. Dengan memenuhi kebutuhan akan gizi dan juga nutrisinya dari nasi coklat tentu terbilang cukup mudah untuk kebutuhan si kecil. Selain itu, nasi coklat memiliki kandungan karbohidrat yang cukup kompleks sehingga lebih lama terserap oleh tubuh manusia. Dengan begitu, kadar glukosa yang ada di dalam darah dapat menjadi sumber energi yang siap untuk dipakai sehingga menjadi lebih stabil. Untuk itu, nasi coklat memang dapat dijadikana sebagai sumber energi pertama untuk tubuh si kecil.

Daging merah

Makanan selanjutnya yang dapat dijadikan sebagai sumber nutrisi yakni daging merah. Jenis makanan yang satu ini mengandung zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh si kecil. Seperti yang kita tahu bahwa daging merah memang sangat penting untuk tumbuh kembang si kecil. Zat besi yang ada di dalam daging merah tentunya dapat dengan mudah terserap oleh tubuh. Untuk itu, Anda dapat memberikan daging merah pada anak usia satu tahun cukup hanya dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Daging ayam

Setelah daging merah, daging selanjutnya yang dapat Anda berikan pada si kecil ialah daging ayam. Seperti yang kita tahu bahwa daging ayam memiliki lemak dengan jumlah yang sedikit dibandingkan dengan daging merah. Namun sebaliknya dengan kulit ayam dimana bagian ini justru mengandung lebih banyak lemak dibandingkan dengan jenis daging yang lainnya.

Ikan

Selain makanan berupa daging tentunya ikan dapat digunakan sebagai menu makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan juga nutrisi si kecil. Perlu Anda ketahui bahwa banyak sekali kandungan yang terdapat di dalam ikan seperti protein rendah lemak, kalsium, selenium dan juga magnesium. Selain itu, ikan juag berperan penting dalam mencegah terjadinya radikal bebas sehingga sangat baik untuk mendongkrak sistem kekebalan tubuh Anda. Jenis ikan yang baik untuk si kecil yakni ikan salmon dan juga ikan tongkol karena mengandung banyak sekali lemak esensial yang dapat menunjang perkembangan otak.

Ubi

Selain makanan berupa ikan dan juga daging tentunya ubi dapat menjadi makanan yang dapat Anda berikan untuk si kecil. Hal ini dikarenakan ubi mengandung vitamin A dan juga vitamin C serta kaya akan fitokimia. Fungsi dari senyawa fitokimia ini yakni sebagai benteng bagi tubuh untuk menghadapi berbagai serangan penyakit. Ubi tentunya dapat Anda berikan pada si kecil dengan direbus ataupun diblender.

Sayuran berwarna terang

Seperti yang kita tahu bahwa sayuran memang sangat penting bagi pertumbuhan manusia. Sayuran kaya akan vitamin dimana dapat menjadi asupan yang paling penting bagi tubuh manusia. Selain itu, sayuran mengandung aneka fitokimia yang berperan baik dalam mencegah berbagai macam penyakit seperti kanker dan juga jantung koroner. Jenis sayuran yang dapat Anda berikan yakni sayuran berwarna terang dan juga sayuran hijau seperti wortel, bayam dan juga jenis sayuran lainnya.

Jeruk

Jeruk memang mengandung vitamin C yang cukup banyak. Namun, jika Anda berniat untuk memberikannya kepada si kecil tentu harus memilih jeruk yang memiliki rasa manis. Hindari untuk memberikan jeruk yang memiliki rasa masam meski sedikitpun. Hal ini tentu akan menyebabkan gangguan kesehatan terutama sistem pencernaan si kecil. Dalam memberikan jeruk kepada si kecil tentunya harus dilakukan sesudah makan.

Wortel

Jenis sayuran yang sangat direkomendasikan untuk si kecil yakni wortel. Jenis sayuran ini memang sudah dikenal sebagai sayuran yang tinggi akan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Untuk itu, Anda disarankan untuk memberikan wortel pada si kecil untuk menjaga kesehatan mata.

Susu

Asupan lain yang memang dibutuhkan oleh si kecil yakni susu. Meskipun makanan anak usia 1 tahun memang sudah cukup banyak, namun tetap saja Anda harus melanjutkan dalam memberikan susu pada si kecil. Susu memang sangat diperlukan untuk tumbuh kembang si kecil dikarenakan kaya akan kandungan vitamin D dan juga kalsium yang berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan juga gigi.

Cara Mencegah Anak Menjadi Seorang Pemilih Makanan

Seperti yang kita tahu bahwa memberikan makanan pada anak usia 1 tahun memang terbilang susah susah gampang. Dpata disebut gampang karena banyak sekali jenis makanan yang dapat diberikan kepada si kecil. Akan tetapi, menjadi hal yang cukup sulit dimana anak sangat sulit untuk makan makanan tertentu atau cenderung memilih-milih makanan. Sebaliknya, jika anak terlalu suka makan terlebih jenis makanan yang manis karena akan mengakibatkan si kecil mengalami obesitas. Cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah si kecil sebagai pemilih makanan yakni dengan melakukan berbagai cara berikut ini, diantaranya:

Jangan selalu turuti keinginan si kecil

Cara pertama yang dapat Anda lakukan ialah jangan selalu menuruti apa yang diinginkan oleh si kecil. Kita tentunya akan selalu menghadapi dimana anak menginginkan makanan tertentu yang tidak sehat dan akan rewel jika tidak dikabulkan.

Tentunya, Anda dapat mengalihkan perhatian si kecil dengan menggunakan hal lain agar si kecil tidak makan terus menerus. Untuk alternatif yang lain tentunya Anda dapat memberikan berbagai pilihan makanan lain yang lebih menarik supaya si kecil tidak menjadi seorang pemilih.

Buat anak agar terlibat

Dengan mengajak si kecil menyiapkan berbagai makanan tentunya dapat membuat si kecil lebih tertarik untuk mencicipi makanan dan juga mengolah makanan. Dengan menumbuhkan minat anak tentunya membuat si kecil akan lebih tertarik terhadap makanan.

Orang tua adalah contoh

Seorang anak tentunya hanya mencontoh prilaku orang tuanya. Pola makan orang tua tentunya juga harus teratur. Maka dari itu, usahakan waktu makan si kecil dengan pola makan orang tua. Selain itu, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang sama dengan apa yang dikonsumsi orang tua.

Variasi bentuk makanan

Usahakan Anda untuk membuat makanan dalam bentuk yang bervariasi dan juga menarik. Selain itu, variasi makanan dapat menghindarkan anak dari rasa bosan saat menyantap makanan.

Itulah beberapa menu makanan anak usia 1 tahun beserta  cara mencegah anak menjadi seorang pemilih makanan yang dapat Anda lakukan. Semoga bermanfaat!

Loading...