Kiat Jaga Asupan Gizi Anak Selama Puasa

Diposting pada

Kiat Jaga Asupan Gizi Anak Selama Puasa – Selama puasa anak-anak akan cenderung memilih ‘makanan’ mereka sendiri. Aneka ragam makanan yang mungkin sebelumnya tidak diperbolehkan dikonsumsi karena kandungan gizinya yang kurang baik. Tiba-tiba mendapatkan excuse untuk bisa disantap selama bulan puasa. Hal ini pada akhirnya membuat asupan gizi seimbang pada tubuh mereka tidak terjaga dengan baik. Mari simak kita jaga asupan gizi anak selama puasa.

Anak-anak yang sudah mulai diperkenalkan pada puasa Ramadhan sudah mulai dapat beradaptasi dengan lingkungan dengan baik. Pada masa ini, mereka pun akan belajar menahan lapar dan haus dalam rangka menjalankan ibadah puasa.

Melihat si kecil yang rajin menjalankan ibadah puasa akan tentu membuat orangtua merasa senang. Bahkan demi mengapresiasi ketaatannya ini, ibu seringkali mengiming-imingi mereka dengan banyak hadiah. Termasuk kebebasan dalam memilih ‘makanan’ mereka sendiri.

Kiat Jaga Asupan Gizi Anak Selama Puasa

Pada saat menjelang berbuka puasa seringkali mereka meminta menu makanan yang mereka inginkan dibandingkan dengan apa yang mereka butuhkan. Mulai dari ingin berbuka dengan ice cream, permen dan lain sebagainya. Namun kandungan gizi didalam makanan ini tentu tidak akan cukup menggantikan energi yang hilang selama mereka menjalankan ibadah puasa.

Kiat Jaga Asupan Gizi Anak Selama Puasa

Nah, oleh karenanya meski menjalankan ibadah puasa bukan berarti ibu bebas mengabaikan asupan gizi dalam tubuhnya. Nah, dibawah ini mari kita simak kiat jaga asupan gizi anak selama puasa. Ingin tahu seperti apa? Mari simak secara langsung informasinya dibawah ini.

Pastikan Anak Makan Buah dan Sayur

Ketika berbuka atau pada saat sahur, ibu perlu memastikan bahwa si kecil sedikitnya mendapatkan asupan dari makanan sehat. Buah dan sayur sebaiknya jangan dihilangkan pada menu makan anda selama bulan puasa. Selain itu, minta si kecil untuk mengambil menu makanan sehat tersebut dari daftar menu yang anda hidangkan. Minta pula mereka untuk dapat menghabiskan makanan tersebut.

Asupan makanan dari sayur dan buah memiliki kandungan nutrisi, gizi juga serat yang berlimpah. Hal ini selain baik untuk kesehatannya. Pun akan dapat baik untuk sistem pencernaan si kecil dan menghindarkan mereka dari masalah asam lambung.

Buat Hidangan Makanan Sehat dengan Penyajian yang Menggoda

Selama ini si kecil mungkin malas menyantap sayur dan buah serta aneka macam makanan sehat lainnya karenanya penyajiannya yang terlihat kurang menyenangkan. Nah, untuk mengatasi masalah ini maka tidak ada salahnya jika ibu mengubah metode penyajian.

Jika sebelumnya, ibu hanya menyajikan sayur bayam yang polos dan kurang menarik. Ibu bisa menyertakan bakso atau sosis pada sayur bayam tersebut. Bakso dan sosis tentunya disukai oleh anak-anak. Selain itu, tambahan gizi dan nutrisi dari daging bakso dan sosis akan dapat baik untuk kesehatannya. Jadi demikian, cara penyajian pun perlu anda perhatikan dengan baik.

Banyak Minum Air Putih

Bukan hanya makanan yang penting untuk ibu perhatikan dengan baik. Namun dalam hal ini memperhatikan asupan cairan kedalam tubuh si kecil pun menjadi hal penting yang perlu diperhatikan dengan baik. Selama puasa si kecil kehilangan banyak cairan. Apalagi jika mereka aktif bergerak. Kekurangan cairan akan dapat membuat tubuh mereka mengalami dehidrasi.

Kondisi dehidrasi akan selanjutnya mengarah pada diare dan masalah kesehatan lainnya. Jadi demikian, perhatikan kembali untuk memastikan buah hati anda mendapatkan asupan mineral dalam tubuhnya dengan baik.

Loading...