Khasiat dan Cara Mengolah Buah Kiwi Untuk Bayi

Diposting pada

Khasiat dan Cara Mengolah Buah Kiwi Untuk Bayi – Meskipun memiliki ukuran yang kecil, tetapi buah kiwi memiliki banyak manfaat untuk bayi. Buah kiwi merupakan salah satu buah yang cocok untuk MPASI bayi.

Buah merupakan makanan sehat yang dapat diberikan pada bayi setelah lulus ASI eksklusif. Dimana bayi mendapatkan makanan pendamping ketika usianya 6 bulan. Selama 6 bulan awal kehidupannya, bayi hanya mendapatkan ASI sebagai asupan makanannya.

Ibarat sebagai paket kumplit, buah-buahan mengandung mineral dan vitamin yang hampir lengkap. Oleh karena itu, buah sangat disarankan sebagai MPASI bayi. Hampir semua buah baik dan sehat untuk bayi, dimana salah satunya yaitu buah kiwi. Buah kiwi merupakan buah yang kaya akan serat, manfaatnya sungguh luar biasa untuk kesehatan.

Cara Mengolah Buah Kiwi Untuk Bayi

Sama halnya dengan jenis buah-buahan yang lainnya, buah kiwi mengandung sejumlah nutrisi seperti misalkan mineral, vitamin dan antioksidan. Dimana antioksidan itu sendiri bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, sehingga bayi akan terhindar dari beberapa risiko penyakit yang akan menyerangnya.

Buah kiwi memiliki tekstur yang lembut, sehingga cocok diijadikan sebagai MPASI atau makanan pendamping ASI.

Kapan Bayi Boleh Mengkonsumsi Buah Kiwi?

Buah kiwi pada bayi bisa anda kenalkan saat usia bayi 10-12 bulan. Sajikan buah kiwi pada buah hati anda dengan memotongnya menjadi potongan kecil setelah dicuci bersih.

Buah kiwi memiliki biji kecil di dalamnya. Dimana biji-bijian ini bisa dimakan, sehingga tidak akan membuat bayi tersedak.

Manfaat Buah Kiwi Untuk Bayi

Buah kiwi memiliki manfaat yang luar biasa untuk bayi. Berikut ini beberapa manfaat buah kiwi untuk bayi dilihat dari jenis nutrisi yang dikandungnya.

Magnesium

Buah kiwi mengandung magnesium. Dimana magnesium pada buah kiwi ini memiliki manfaat untuk membantu proses pembentukan energi. Hal ini berguna untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi anda.

Serat

Kiwi tinggi akan kandungan serat larut dan tidak larut. Serat yang dikandung dalam buah kiwi tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan bayi. Selain itu, bermanfaat pula untuk meningkatkan kesehatan jantung bayi.

Senyawa Bioaktif

Buah kiwi mengandung senyawa bioaktif yang berperan untuk membantu antioksidan dalam melindungi bayi dari infeksi bakteri. Dengan mengkonsumsi buah kiwi, si kecil tidak akan mudah sakit.

Mencukupi Kebutuhan Vitamin C

Buah kiwi dapat mencukupi kebutuhan vitamin C bayi, karena buah berukuran kecil ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi.

Vitamin E

Buah kiwi mengandung vitamin E yang merupakan senyawa antioksidan yang sangat penting untuk membantu mencegah penyakit, serta menjaga agar bayi tetap sehat.

Cara Mengolah Buah Kiwi Untuk Bayi

Buah kiwi dapat anda sajikan untuk bayi dengan berbagai cara. Bagi anda yang masih bingung dalam menyajikan buah kiwi untuk bayi, simak beberapa saran yang dapat anda jadikan referensi seperti berikut ini:

  • Anda dapat menumbuk halus buah kiwi, kemudian jadikan buah kiwi ini seperti jelly atau selai. Anda dapat langsung memberikannya pada bayi anda atau mengoleskannya pada biskuit.
  • Buah kiwi juga bisa anda campurkan dengan yoghurt.
  • Diolah menjadi milkshake yang dicampurkan dengan susu.

Penyajian buah kiwi itu sendiri sebenarnya tergantung dengan kreativitas anda. Sajikan buah kiwi untuk si kecil dengan tampilan yang menarik sehingga bayi anda semangat mengkonsumsinya.

Hal Penting yang Harus Diingat Saat Memberikan Buah Kiwi Pada Bayi

Meskipun buah kiwi memberikan banyak manfaat ketika dikonsumsi oleh bayi, tetapi ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan seperti berikut ini:

  • Hindari memberikan buah kiwi pada si kecil terlalu banyak atau berlebihan karena dapat mengganggu sistem pencernaannya karena buah kiwi mengandung asam yang cukup tinggi.
    Selalu perhatikan gejala alergi pada anak anda.
  • Buah kiwi memiliki biji yang berukuran sangat kecil. Meskipun biji kecil pada buah kiwi tidak akan menyebabkan si kecil tersedak, tetapi dapat menyebabkan iritasi pada perut atau tenggorokan. Untuk itu, berhati-hatilah dalam setiap pemberian buah kiwi pada bayi anda.

Cara Membuat Jus Kiwi Untuk Bayi

Selain saran pengolahan yang telah disebutkan sebelumnya, buah kiwi juga bisa anda olah menjadi jus. Berikut ini cara membuat jus kiwi untuk bayi yang bisa anda simak.

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 1 buah kiwi
  • 100 ml air matang

Cara Membuat Jus Kiwi Untuk Bayi

  1. Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu, mengupas buah kiwi yang sudah anda siapkan. Kemudian, potong buah kiwi dengan ukuran kecil-kecil.
  2. Siapkan blender yang akan digunakan untuk menghaluskan buah kiwi. Lalu masukan buah kiwi yang sudah dipotong-potong tadi. Blender buah kiwi yang sudah ditambahkan air ke dalamnya hingga lembut dan mengental.
  3. Jika sudah seperti itu, anda dapat mengangkat dan menuangkannya ke dalam gelas saji.
    Setelah itu, sajikan jus buah yang satu ini untuk bayi anda.

Dalam memilih buah kiwi untuk bayi anda, sebaiknya pilihlah buah kiwi dengan kualitas terbaik. Untuk meminimalisir kandungan pestisida pada buah kiwi, sebelum anda mengolahnya sebaiknya cuci terlebih dahulu hingga benar-benar bersih sebelum disajikan pada si kecil atau diolah untuk makanan pendampingnya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *