Ketahui Penyebab GTM Pada Bayi saat MPASI

Ketahui Penyebab GTM Pada Bayi saat MPASI – Setelah si kecil menginjak usia 6 bulan, ia akan diperkenalkan pada MPASI atau makanan pendamping ASI. MPASI itu sendiri memiliki manfaat dalam memenuhi kebutuhan gizinya yang mulai tidak bisa dipenuhi dengan lengkap oleh ASI.

Kegiatan mengenalkan MPASI tentu menyenangkan bagi orangtua. Hanya saja, terkadang pada waktu tertentu masalah MPASI dialami oleh si kecil, salah satunya yaitu GTM atau gerakan tutup mulut.

Penyebab GTM Pada Bayi

Penyebab GTM Pada Bayi saat MPASI

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan GTM pada bayi seperti berikut ini.

Bayi Trauma Pada Makanan

Kebiasaan buruk orang tua saat memberikan makanan pada anaknya yaitu memaksa anak untuk makan makanan yang orangtua buat. Padahal, kebiasaan ini bukanlah tindakan yang tepat, apalagi sampai menggunakan cara kasar supaya si kecil mau makan. Pasalnya, kebiasaan ini akan dapat menyebabkan si kecil trauma sehingga kegiatan makan dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan dan membuat si kecil menjadi trauma.

Baca juga : Tips Memberi MPASI agar Bayi Tidak Sembelit

Si Kecil Sakit Pada Bagian Mulut

Beberapa masalah kesehatan mulut dapat dialami oleh si kecil di antaranya seperti sakit gigi, sariawan, gusi terluka, sakit tenggorokan atau tumbuh gigi. Saat si kecil mengalami kondisi ini akan dapat menyebabkan ia sulit atau malas makan, sampai membuatnya melakukan gerakan tutup mulut. Untuk mengatasinya agar si kecil mau makan lagi yaitu dengan mengatasi masalah kesehatan tersebut.

Bosan dengan Rasa Makanan yang Anda Buat

Penyebab lainnya anak melakukan GTM yaitu karena bosan dengan makanan yang anda sajikan. Jika penyebabnya karena bosan akan rasa makanan, cara mengatasinya sangat mudah. Anda bisa membuat variasi makanan lainnya untuk si kecil.

Anoreksia Fisiologis

Anoreksia Fisiologis ini menjadi penyebab GTM yang banyak membuat ibu resah, sebab anak tidak mau makan dan membuatnya semakin kurus. Namun, si kecil tidak mengalami gejala aneh seperti tidak bersemangat atau lemas, namun ia tidak mau makan saja. Kondisi ini terkadang membuat orangtua pusing karena merasa buah hatinya sakit namun sebenarnya tidak.

Cara Mengatasi GTM Pada Bayi

Ketika si kecil melakukan gerakan tutup mulut, tentu akan membuat orangtua khawatir akan kondisi kesehatan buah hatinya. Daripada anda terus menerus memaksa anak untuk makan, lebih baik anda mencoba beberapa cara ini agar si kecil mau makan kembali.

  • Jangan memaksa si kecil yang sedang melakukan gerakan tutup mulut. Apabila anda memaksa si kecil makan, maka si kecil akan merasa tidak nyaman setiap makan.
  • Anda bisa mencoba memberikan makanan yang bervariasi untuk buah hati. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa bosan pada rasa makanan bisa menjadi salah satu penyebab mengapa si kecil melakukan GTM atau gerakan tutup mulut.
  • Pada saat si kecil mulai GTM, anda bisa memberikan kesempatan pada anak untuk makan makanannya sendiri. Meskipun membuat berantakan, namun anda jangan mempermasalahkan hal itu. Selain membuat si kecil belajar, dengan cara ini juga akan menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk buah hati.
  • Ajak si kecil untuk makan dengan anggota keluarga lainnya. Sehingga si kecil akan melihat dan meniru apa yang dilakukan oleh anggota keluarga yang lainnya.

Menghadapi anak yang GTM dibutuhkan kesabaran. Jika anda sudah melakukan berbagai cara namun anak tetap GTM, anda bisa melakukan konsultasi langsung pada dokter.

 

Loading...