Kesalahan Mencuci Botol Susu Bayi yang Harus Dihindari

Diposting pada

Tidak sedikit orangtua melakukan kesalahan mencuci botol susu bayi. Agar tidak terulang, penting mengetahui apa saja kesalahan mencuci botol susu bayi.

ASI atau air susu ibu merupakan makanan terbaik untuk bayi. Nutrisi terbaik berada dalam ASI yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Mengetahui seperti itu, seorang ibu akan berusaha memberikan ASI yang berkualitas untuk bayinya.

Namun, terkadang pemberian ASI pada bayi terhambat karena berbagai sebab. Karena alasan tersebut membuat ibu tidak bisa menyusui atau memberikan ASI langsung pada buah hatinya. Sehingga memaksa ibu untuk memberikan ASI perah atau susu formula dengan memanfaatkan botol susu dan dot sebagai medianya.

Kesalahan mencuci botol susu bayi

Memberikan ASI atau susu formula dengan botol susu pada bayi harus memperhatikan beberapa hal, dimana salah satunya yaitu kebersihan dari botol susu itu sendiri. Mencuci botol susu harus dilakukan dengan benar dan teliti agar tidak ada kotoran tersisa yang akan menyebabkan masalah kesehatan pada bayi.

Namun, ketika mencuci botol susu bayi tidak sedikit orangtua yang melakukan kesalahan. Kesalahan mencuci botol susu akan berakibat fatal untuk bayi. Dari banyaknya masalah kesehatan yang rentan dialami oleh bayi, diare pada bayi merupakan salah satunya. Berdasarkan data dari WHO, terdapat sekitar 1,5 juta balita di dunia yang meninggal dalam setiap tahunnya karena diare. Sehingga diare dianggap menjadi penyebab kematian anak balita paling besar kedua.

Diare dapat disebabkan karena banyak kuman dan virus berbahaya yang masih tertinggal dalam botol susu, sehingga akhirnya akan menyebabkan bayi jatuh sakit. Sistem imun bayi masih belum sempurna sehingga wajar saja jika ia mudah sakit, dan sudah menjadi tugas orangtua untuk selalu menjaga kesehatannya dengan memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengannya salah satunya dot dan botol susu bayi.

Untuk menghindari kesalahan mencuci dot bayi dan botol susunya yang mungkin tidak anda sadari, simak beberapa kesalahan seperti berikut ini.

Kesalahan Mencuci Botol Susu Bayi

Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan dan tidak disadari orangtua ketika mencuci dot bayi:

Tidak Mencuci Tangan

Sebelum mencuci dot dan botol susu bayi penting untuk mencuci tangan terlebih dahulu, karena bisa saja bibit penyakit berasal dari tangan anda. Kuman penyebab penyakit dari tangan bisa berpindah ke dalam dot dan menjadi sumber penyakit untuk si kecil. Namun, tidak sedikit orang tua yang mengabaikannya atau lupa tidak mencuci tangan terlebih dahulu.

Tidak Membersihkan Dot dengan Tepat

Ketika mencuci dot bayi, mungkin sebagian orangtua hanya fokus saja pada bagian dalam dot dan dot itu sendiri. Hal seperti ini seringkali membuat bagian-bagian yang lainnya tidak diperhatikan, seperti misalkan gelang dot atau leher pengencang dot pada botol. Seharusnya saat membersihkan dot dan botol susu bayi, semua bagian harus dibersihkan dengan menyeluruh, dilepas untuk kemudian dibersihkan satu persatu agar kotoran dapat dibersihkan dengan tuntas.

Tidak Teliti

Seringkali orang beranggapan bahwa dengan merendam botol susu di dalam air panas kuman dan bakteri di dalamnya sudah hilang. Namun faktanya tidak seperti itu, karena bisa saja pada bagian tertentu masih terdapat bakteri dan kuman, namun tidak terlihat oleh kasat mata. Untuk itu, ketika mencuci dot bayi diperlukan ketelitian untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Mencuci Tidak Menggunakan Air Mengalir

Mencuci botol susu seharusnya dilakukan di bawah air mengalir. Pasalnya, hanya merendam botol susu saja tidak akan membuat bakteri atau kotoran dalam dot hilang. Bahkan hal tersebut justru hanya akan membuat kotoran dan bakteri menempel kembali pada dot.

Setelah Disterilisasi Botol Susu Direndam Lama

Merendam botol susu cukup lama setelah dilakukan sterilisasi tidak disarankan. Karena hanya akan membuat sterilisasi yang dilakukan menjadi percuma karena akan membuat bakteri dan kuman kembali menempel pada botol. Setelah dilakukan sterilisasi sebaiknya botol susu ditiriskan terlebih dahulu, kemudian dikeringkan dengan menggunakan lap khusus botol susu dan simpan di tempat yang bersih.
Itulah kesalahan yang sering dilakukan ketika mencuci dot bayi. Simak cara aman mencuci botol susu bayi di bawah ini:

Cara Aman Mencuci Botol Susu Bayi

  1. Cuci tangan sampai bersih dengan menggunakan sabun sebelum mencuci botol.
  2. Lepaskan seluruh bagian botol, kemudian tuangkan cairan pembersih khusus pada tiap-tiap bagian botol. Agar proses mencuci menjadi lebih mudah, anda dapat menambahkan sedikit air.
  3. Bersihkan dasar botol susu menggunakan sikat halus dengan arah atau gerakan memutar. Untuk membersihkan sisi dalam botol, anda dapat menggerakan sikat dengan arah naik turun. Kemudian lanjutkan pada bagian bibir dalam botol. Anda dapat menggunakan sikat kecil sehingga dapat menjangkau setiap celah pada tutup botol agar kotoran dapat dibersihkan dengan tuntas.
  4. Jika seluruh bagian botol sudah anda bersihkan, maka anda dapat melanjutkan ke bagian lainnya, yakni bagian gelang dot. Untuk membersihkan seluruh bagian gelang dot, anda dapat memanfaatkan sikat kecil, terlebih lagi untuk bagian ulir di dalamnya yang biasanya sering terlupakan. Bersihkan dot dengan menggunakan sikat yang sama. Saat membersihkan dot, pastikan bahwa tidak ada sisa susu atau kotoran lainnya yang masih tertinggal.
  5. Untuk bagian tutup botol susu, anda dapat mencucinya dengan menggunakan spons pembersih. Bersihkan hingga bagian dalamnya.
  6. Untuk botol yang sudah dibersihkan dengan menggunakan sabun, anda dapat membilasnya dengan menggunakan air. Pastikan gunakan air mengalir untuk membilas botol susu tersebut. Hindari kesalahan mencuci botol susu dengan merendamnya dalam wadah karena akan membuat kotoran kembali menempel.

Proses sterilisasi botol susu bayi:

  1. Jika proses mencuci botol susu sudah selesai, anda dapat melanjutkan pada proses sterilisasi. Cara mensterilkan botol susu bayi bisa dilakukan dengan beberapa metode. Namun, cara paling sederhana yang biasanya digunakan yaitu dengan metode perebusan. Pertama, rebus air dalam panci hingga mendidih. Kemudian, matikan api kompor dan diamkan setiap bagian botol susu yang sudah dicuci dalam panci selama kurang lebih 15 menit. Jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka anda dapat memanfaatkan air mineral. Pasalnya, kualitas air keran dalam setiap rumah tidak sama. Jika proses sterilisasi tidak dilakukan dengan perebusan, anda dapat menggunakan alat sterilisator.
  2. Jika sudah, angkat botol susu dengan menggunakan penjepit, lalu tiriskan. Keringkan botol susu dan perlengkapan yang lainnya dengan menggunakan handuk atau lap khusus. Simpan botol susu yang sudah dibersihkan dalam tempat yang bersih. Hindari merendam botol terlalu lama dalam panci, terutama jika air kembali dingin karena hanya akan membuat kuman kembali menempel.

Mencuci botol susu dengan cara yang aman dan tepat akan mengurangi risiko si kecil mengalami masalah kesehatan yang disebabkan karena kurang terjaganya kebersihan botol susu. Untuk itu, hindari kesalahan mencuci botol susu bayi dan cucilah dengan cara yang aman dan tepat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *