Inilah Jenis Kentut Bayi Bau Busuk Yang Harus Anda Waspadai

Kentut Bayi Bau Busuk – Mengenal bau kentut pada bayi tentunya menjadi hal yang harus Anda lakukan. Langkah ini tentunya bertujuan untuk mewaspadai dan juga dikhawatirkan ada beberapa pertanda yang kemungkinan terjadi di dalam tubuh si kecil. Untuk itu, ketahuilah beberapa jenis kentut bayi bau yang perlu diperiksa berikut ini!

Seperti yang kita tahu bahwa kentut ialah gas yang diproduksi oleh bakteri normal yang berada di dalam usus kecil dan juga empedu yang dikeluarkan oleh hati. Umumnya, bayi mengeluarkan gas sebanyak 13-21 kali sehari karena mereka memiliki peluang yang cukup besar dalam menelan udara. Hal ini sering terjadi dimana bayi tidak sengaja ketika sedang menyusu, menangis, minum dari dalam botol susu dan juga saat menghisap dot. Dalam hal ini gas yang didapatkan oleh bayi telah terjebak di dalam perut sehingga dikeluarkan dalam bentuk sendawa dan juga kentut.

Faktanya ketika bayi berusia 4 bulan memang sangat rentan mengalami kolik. Kondisi ini ditandai dengan bayi yang sering menangis lebih dari 3 jam dan terjadi selama lebih dari 3 hari di dalam seminggu. Kondisi ini tentunya sering diperparah dengan bayi yang banyak menelan udara ketika sering menangis dan dilanjutkan dengan membuang gas. Kentut memang menjadi kondisi dimana tubuh seseorang normal, akan tetapi Anda tetap harus mewaspadai jenis kentut bayi yang perlu diperiksakan. Berikut kami sajikan jenis kentut bayi seperti apa yang memerlukan penanganan lebih lanjut lagi! Baca juga: Ketahui Penyebab Berat Badan Bayi Kurang Yang Paling Umum Terjadi

Kentut Bayi Bau Busuk

kentut bayi bau busuk

Bau kentut yang dialami oleh bayi memang menjadi tanda yang paling utama dimana bayi mengalami gangguan di dalam ususnya. Kondisi ini tentunya mengindikasi bahwa berapa lama tinja yang ada di dalam perut bayi tidak keluar. Bau kentut yang berlebih tentunya dapat menjadi tanda bahwa adanya bakteri yang telah lama berkembang di dalam perut si kecil. Selain itu, bau kentut pada bayi dapat disebabkan oleh adanya alergi dan juga intoleransi makanan sehingga menyebabkan kentut menjadi sangat asam dan juga busuk.

Kentut bayi yang bau tentunya tidak jauh dari penyebab adanya beberapa jenis makanan yang dikonsumsi. Meskipun kondisi ini ialah kondisi yang cukup normal, namun tetap saja Anda harus mewaspadainya dikarenakan adanya kemungkinan gangguan dan juga masalah lain di dalam perut si kecil. Lihat juga: Susu Formula Menyebabkan Bayi Obesitas, Benarkah?

Ketika bayi lahir tentunya bayi akan lebih sering kentut dan menghasilkan kentut yang tidak berbau karena konsumsi ASI. Sementara itu, pada bayi yang mengonsumsi susu formula memang lebih sering mengalami kentut dengan bau yang sangat alami. Kentut bayi yang bau tentunya sering dialami oleh bayi yang telah menginjak usia 6 bulan ke atas. Kondisi inipun terjadi setelah ia mengonsumsi makanan padat. Terlebih lagi jika si kecil sudah mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein.

Jika Anda mencium kentut bayi yang sangat bau dan juga busuk tentunya hal ini dapat mengindikasi bahwa adanya masalah dan juga gangguan di dalam perut si kecil. Untuk itu ketika Anda mencium bau kentut si kecil yang sangat berbau busuk, tentunya langkah utama yang dapat Anda lakukan ialah dengan berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui dan juga menangani lebih lanjut lagi akan penyebab kentut bayi berbau busuk.

Jenis-Jenis Kentut Bayi

Kentut Bayi Tidak Berbau

Jenis kentut pertama yang sering dialami oleh bayi ialah kentut yang tidak berbau. Jenis kentut ini dapat disebabkan oleh adanya gas yang menumpuk di dalam perut bayi dikarenakan oleh adanya udara yang tertelan ketika makan dan saat menangis. Dan juga disebabkan oleh adanya hasil pemecahan makanan yang ada di dalam sisem pencernaan bayi. Dikarenakan proses tersebut, kentut bayi biasanya tidak berbau dan juga normal terjadi. Anda memang akan mendengar suara kentut bayi, namun tidak mencium bau apapun.

Kentut Bayi Bau Ringan

Jenis kentut bayi yang kedua ialah jenis kentut yang tergolong ringan dan berbau belerang karena disebabkan oleh makanan yang mengandung belerang yang memang dikonsumsi oleh bayi. Jenis makanan ini yakni sayuran terutama kembang kol dan brokoli serta kacang-kacangan. Jenis makanan ini mungkin saja tidak dikonsumsi langsung oleh bayi, namun dikonsumsi oleh ibu melalui ASI. Kondisi kentut bayi ini tentunya tergantung pula oleh makanan yang ibunya makan. Bau kentut bayi yang cukup ringan dan juga normal akan hilang denga sendirinya.

Kentut Bayi Bau Belerang

Jenis kentut bayi yang selanjutnya ialah kentut bayi yang kuat seperti bau belerang. Jenis kentut ini tentunya dapat disebabkan oleh beberapa jenis makanan yang dikonsumsi oleh bayi melalui ASI. Jenis makanan berupa sayuran tentunya memang sangat rentan mengalami bau gas pada bayi terutama yang banyak mengandung pati dan juga serat. Dalam hal ini jenis makanan berupa daging juga dapat menyebabkan kentut bayi menjadi lebih bau dibandingkan dengan sayuran. Hal ini dikarenakan daging merah mengandung senyawa belerang. Untuk itu, jika Anda mendapati kentut bayi yang sangat bau dan juga busuk, kenalikan apakah Anda memamng mengonsumsi makanan yang menghasilkan bau yang cukup busuk, ataukah tidak.

Kentut Bayi Bau Busuk

Jenis kentut bayi yang terakhir yakni kentut bayi yang berbau sangat busuk. Jika Anda mendapati jenis kentut pada bayi yang berbau busuk tentunya ini dapat menjadi suatu kondisi yang perlu Anda waspadai. Kondisi ini bisa saja menjadi penyebab bayi mengalami infeksi dan juga masalah yang terjadi pada sistem pencernaan dan juga beberapa penyerapan nutrisi seperti susu dan juga laktosa. Terlebih lagi jika kentut bayi yang busuk ini dihasilkan oleh bayi yang mengonsumsi produk susu yang kaya akan laktosa.

Penyebab Kentut Bayi Bau Busuk

Setelah kita mengetahui beberapa jenis kentut bayi yang perlu diperiksakan tentunya inilah saatnya bagi kita untuk mengetahui apa saja penyebab kentut bayi bau busuk. Berikut kami sajikan beberapa penyebab kentut bayi berbau busuk untu Anda, diantaranya:

Saluran Pencernaan Belum Matang

Penyebab utama dimana kentut bayi berbau bususk ialah karena adanya saluran pencernaan pada bayi yang belum matang. Faktanya memang bahwa sistem pencernaan bayi belum matang sepenuhnya dan masih akan terus berkembang. Inilah penyebab dimana kentut bayi mengalami bau yang cukup busuk. Bagaimanapun juga, kentut bayi dihasilkan oleh usus yang mencerna nutrisi, laktosa, dan juga protein yang ada di dalam makanan tersebut. Seiring dengan adanya perkembangan sistem pencernaan yang dihasilkan oleh bayi tentunya kentut bau akan berkurang frekuensinya.

Menelan Udara

Penyebab kedua yang menjadikan kentut bayi berbau busuk ialah bayi yang sering menelan udara. Udara yang ditelan tersebut tentunya mengandung gas dan telah menumouk di dalam tubuh bayi dan akan dikeluarkan melalui kentut. Kondisi ini biasanya sering terjadi pada bayi yang mengonsumsi botol susu sehingga menelan lebih banyak udara.

Makanan Mengandung Gas

Penyebab selanjutnya yang menjadi penyebab kentut bayi bau dikarenakan adanya makanan yang mengandung gas. Sama halnya dengan orang dewasa, jika kita mengonsumsi makanan yang mengandung gas, tentunya akan menghasilkan bau kentut yang sangat busuk. Ketika kita memakan sayuran dan juga kacang-kacangan tentunya akan menyebabkan perut menghasilkan kentut berbau busuk. Tentunya, bayi yang mendapatkan sumber makanan dari ibunya yang dapat menyebabkan perut bayi menghasilkan kentut yang berbau busuk pula. Selain itu, perut bayi juga akan menyebabkan perut bayi menjadi kembung sehingga kentut akan berbau sangat busuk.

Sering Menangis

Penyebab kentut bayi berbau busuk tentunya tidak bisa lepas dari bayi yang sering menangis. Pada bayi yang sering menangis tentunya akan memungkinkan lebih banyak udara yang masuk ke dalam tubuh sehingga menyebabkan gas menumpuk di dalam perut bayi. Kondisi inilah yang tentunya menyebabkan gas menumpuk di dalam saluran dan juga sistem pencernaan sehingga dapat menyebabkan kentut bayi bau busuk.

Bayi Baru Mulai Memakan Makanan Padat

Penyebab terakhir tentunya bayi yang baru mulai memakan makanan padat. Pada umumnya, bayi yang berusia 6 bulan mulai mengenal makanan padat sehingga tidak heran jika pada usia ini kentut bayi menjadi lebih bau. Dalam hal ini tentunya bayi membutuhkan waktu untuk terbiasa dalam mencerna makanan padat. Kondisi ini tentunya dapat menyebabkan adanya masalah pencernaan pada bayi dan juga perut bayi.

Gejala Kentut Bayi Busuk

Bau kentut bayi yang busuk tentunya menjadi tanda bahwa berapa lama tinja di dalam perut bayi sudah menumpuk dan berkembang di dalam usus bayi. Dalam hal ini tentunya menjadi tanda bahwa bakteri tersebut telah lama dan juga berkembang di dalam tinja. Tentunya, jika bayi mengalami gejala-gejala seperti yang akan kami sajikan di bawah sudah dipastikan bahwa bayi mengalami sistem pencernaan yang terganggu, diantaranya:

– Badan bayi yang mengalami demam tinggi

– Tidak buang air besar

– Buang air besar yang bercampur

– Mengalami muntah

– Bayi sering rewel

– Perut bayi menjadi kembung

– Adanya lendir yang menjadi tanda bahwa adanya intoleransi makanan dan juga infeksi

– Adanya perubahan kepadatan pada tinja bayi, bisa semakin cair dan juga keras

– Terlihat melengkungnya punggung dan jusa terlihat kesakitan ketika bayi menggeliat karena bayi merasa tidak nyaman

– perubahan warna juga terjadi pada tinja terutama setelah mengonsumsi makanan baru. Tinja yang berwarna hitam ini tentunya menjadi tanda bahwa adanya darah dari usus kecil maupun lambung. Sedangkan tinja putih tentunya menjadi tanda bahwa bayi tidak lagi  memproduksi cukup empedu. Sementara jika tinja berwarna merah dapat menjadi tanda bahwa adanya darah yang berasal dari usus besar dan juga dubur.

Perlu Anda tahu bahwa kentut bayi yang berbau busuk bukan menjadi tanda bahwa bayi mengalami gangguan kesehatan. Untuk itu, orangtua diharuskan untuk jangan terlalu panik dan alangkah lebih baik jika memantau si kecil baik makanan yang ia makan ataupun aktivitasnya. Jika bayi terlihat kurang bersemangat dan tidak menunjukkan gejala-gejala seperti yang sudah disebutkan di atas, tentunya ada kemungkinan itu menjadi kondisi yang cukup normal. Akan tetapi, jika kondisi pada bayi disertai dengan gejala-gejala dan disertai dengan bau busuk pada bayi. Anda sebagai orangtua tentunya segera memeriksakan si kecil ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih serius.

Tips Cara Mengatasi Bau Kentut Pada Bayi

Setelah kita mengetahui akan penyebab dan juga gejala kentut bayi bau. Tentunya, ini menjadi tugas yang cukup besar bagi kita untuk mencari cara dalam mengatasi kentut bayi busuk. Ada beberapa metode yang tentunya memang terbukti mengatasi kentut bayi bau, diantaranya:

– Pada bayi yang minum susu botol tentunya harus dipilih ukuran yang paling tepat. Jika dot berukuran lebih besar, tentunya ini dapat menyebabkan bayi kehabisan susu dengan sangat cepat. Sedangkan untuk yang lebih kecil bayi akan mengarah pada asupan yang lebih banyak gas.

– Berbicara tentang kentut pada bayi tentunya dapat menepuk punggung setiap 3-5 menit. Cara yang dapat Anda gunakan ialah untuk mengurangi akumulasi gas yang ada pada saluran pencernaan.

– Anda juga tentunya dapat memijat lembut perut bayi dengan minyak pijat. Tentunya, ini tentunya dapat membantu menghilangkan adanya gelembung gas dari sistem pencernaan.

– Penyebab bayi kentut berbau busuk tentunya dapat disebabkan oleh adanya intoleransi yang ada di dalam makanan. Untuk itu ibu harus benar-benar ketat dalam mewaspadai pola makan si kecil.

– Bantulah bayi untuk dapat bersendawa. Ketika sedang menyusui bayi seringkali menelan udara yang cukup banyak. Untuk itu, berusahalah untuk membuat bayi bersendawa untuk mengurangi gas yang ada di dalam perut.

Cara Lain Mengatasi Kentut Bayi Bau Busuk

– Ketika Anda sedang menyusui bayi, pastikan untuk membuat kepala bayi menjadi lebih tinggi dari perutnya. Tentunya cara ini akan membuat susu bisa langsung masuk ke dalam perut bayi dan juga udara ke atas sehingga tidak akan adanya penumpukan gas di dalam perut bayi.

– Buatlah bayi bergerak lebih bebas agar bayi dapat mengeluarkan gas yang ada di dalam perutnya. Cara yang dapat Anda lakukan ialah dengan membuat si kecil terlentang, kemudian biarkan ia bergerak bebas dengan mengangkat kakinya dengan gerakan seperti mengayuh sepeda.

– Jika Anda terbiasa memberi makan susu botol, aturlah posisi botol sehingga puting botol akan terisi dengan susu bukan dengan udara. Hal ini tentunya untuk menghindari perut bayi akan kemasukan gas.

– Dengan makanan padat bayi juga bisa mengalami yang namanya penumpukan gas akibat makanan padat yang si kecil konsumsi.

– Ketika sedang memberikan ASI ekslusif, usahakan untuk tidak memberikan makanan yang banyak mengandung gas kepada si kecil. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan bayi yang belum matang sehingga dapat menyebabkan bayi sering kentut dengan bau yang sangat busuk.

Bagaimanapun juga, bayi yang mengalami kelebihan gas di dalam perutnya sangat rewel dan juga akan terus menangis. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena jika bayi kentut dan tidak mengeluarkan bau busuk karena akan itu tandanya bahwa bayi Anda sehat. Akan lebih baik jika Anda melakukan cara-cara untuk mengeluarkan penumpukan gas yang ada di dalam perut si kecil.

Bagaimanapun juga, bayi memang sangat rentan terkena perut kembung dan juga penumpukan gas. Hal ini tentunya dikarenakan beberapa faktor yang telah kami sebutkan di atas. Untuk itu, memang sangat penting bagi Anda untuk tetap menjaga perut bayi. Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai kentut bayi bau busuk. Semoga bermanfaat!

Loading...