Kelainan Jantung Pada Bayi Baru Lahir

Kelainan Jantung Pada Bayi Baru Lahir – Kondisi kelainan jantung pada bayi banyak ditemukan yang menambah rentetan kondisi penyakit pada bayi yang mengkhawatirkan. Untuk meningkatkan rasa waspada pada orangtua mari kita simak informasi mengenai kelainan janutng pada bayi baru lahir dibawah ini.

Penyakit jantung bawaan atau yang juga dikenal dengan kelainan jantung pada bayi adalah kondisi yang memprihatinkan. Kondisi ini dapat terjadi pada satu dari seratus kelahiran. Dimana kondisi ini dapat terjadi akioat dari adanya kelainan struktur jantung yang muncul sejak bayi masih dalam kandungan.

Kondisi kelainan jantung bawaan pada bayi akan dapat mengganggu kemampuan jantung dengan baik. Diantaranya fungsi jantung untuk mempompa darah dan menyalurkan oksigen keseluruh tubuh menjadi terganggu. Hal ini akan tentu saja menuai kekhawatiran pada diri orangtua apalagi ketika melihat bayi baru lahir mereka bermasalah.

Kelainan Jantung Pada Bayi Baru Lahir

Untuk pertama kalinya si kecil lahir ke dunia dan baru saja ibu menggenggamnya sebentar. Kini tempatnya harus dipindahkan ke ruangan khusus dan jauh dari pelukan ibu. Hal inilah yang pada akhirnya seringkali menuai pilu pada banyak ibu. Baca juga: Agar Kulit Bayi Putih, Konsumsi Makanan Ini Selama Menyusui

Penyebab Kelainan Jantung Pada Bayi Baru Lahir

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa yang mempengaruhi kondisi ini dapat terjadi pada seorang bayi. Akan tetapi demikian, ada sejumlah faktor yang diduga dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung bawaan pada bayi baru lahir. Diantaranya mari kita simak beberapa informasinya dibawah ini.

  • Ketika hamil, ibu mengonsumsi minuman beralkohol atau obat-obatan tertentu.
  • Risiko bisa menjadi dua kali lipat bila ada riwayat penyakit ini di dalam keluarga.
  • Kromosom atau gen pada anak mengalami kelainan, misalnya Sindrom Down.
  • Pada trisemester pertama, ibu hamil terkena infeksi virus seperti rubella.

Penyakit kelainan jantung bawaan pada bayi umumnya bisa dikenali oleh dokter dengan mendengarkan suara yang tidak normal dari jantung. Biasanya kondisi ini disebut dengan bising jantung. Apabila gejala ini terjadi, maka para orangtua akan diminta untuk lebih siaga. Terutama dapat mengamati tanda-tanda lainnya pada buah hati anda.

Nah, dibawah ini adalah beberapa gejala lain yang perlu diwaspadai pada bayi yang mengalami kelainan jantung bawaan.

Kenali Gejala Kelainan Jantung Pada Bayi

Ada beberapa kondisi yang patut orangtua waspadai untuk anda yang memiliki buah hati dengan kondisi penyakit jantung bawaan. Dibawah ini adalah beberapa kondisi yang penting anda deteksi.

  • Sulit bernapas atau bernapas dengan cepat.
  • Bibir, lidah, dan kuku berwarna kebiruan (sianosis).
  • Berat badan sulit naik atau turun.
  • Susah makan atau kurang nafsu makan.
  • Berkeringat secara berlebihan, terutama ketika makan.

Jadi demikian bila ibu atau ayah mulai mendeteksi adanya satu atau beberapa kondisi gejala diatas pada buah hatinya. Maka segera bawa buah hati anda ke dokter atau ke spesialis jantung agar demikian penanganan yang lebih dini bisa dilakukan dengan cepat.

Dengan begini maka kemungkinan buruk dari kondisi si kecil akan bisa dicegah atau bahkan ditangani dengan lebih baik. Pada umumnya dokter akan merekomendasikan pemeriksaan yang meliputi beberapa prosedur. Untuk itu, segera konsultasikan masalah ini dengan dokter agar penanganannya lebih tepat.

Itulah dia beberapa informasi yang dapat kami sampaikan dari pembahasan kali ini. Pada intinya memang sulit menghindari kondisi penyakit menyerang pada buah hati anda. Hanya saja, ketika anda kesempatan untuk anda bisa meminimalisir resiko dari sebuah kelainan. Maka pencegahan akan lebih baik dari pada pengobatan.

Loading...