Jenis Infeksi Mata Pada Bayi yang Perlu Diwaspadai

Jenis Infeksi Mata Pada Bayi yang Perlu Diwaspadai – Masalah kesehatan akan rentan terjadi pada bayi, termasuk timbulnya infeksi mata. Hal ini dikarenakan sistem imunitas pada bayi umumnya masih belum terbentuk dengan sempurna. Hal inilah yang membuat bayi rentan dari segala ancaman penyakit. Yuk, simak jenis infeksi mata pada bayi yang perlu diwasapdai dibawah ini.

Pada saat pertama kali dilahirkan, kondisi lingkungan baru diluar rahim membuat bayi rentan terpapar dengan kuman. Masalah inilah yang seringkali membuat ancaman penyakit mudah terjadi dan menyerang bayi baru lahir. Salah satunya adalah dengan munculnya infeksi mata pada bayi.

Kondisi ini tentu tidak dapat dianggap remah atau mungkin disepelekan begitu saja. Penanganan yang sembarang pun tentu tidak bisa dilakukan. Hal ini dikarenakan kondisi rentan pada bayi membuat mereka belum bisa diberikan sembarang obat-obatan atau bahan kimia. Reaksi alergi pun menjadi hal penting yang perlu anda pertimbangkan sebelum memberikan obat pada bayi. Baca juga: Agar Kulit Bayi Putih, Konsumsi Makanan Ini Selama Menyusui

Jenis Infeksi Mata Pada Bayi yang Perlu Diwaspadai

Nah untuknya salah satu penanganan penting yang efektif dilakukan adalah dengan berkonsultasi dengan dokter. Dengan segala pengetahuannya dokter akan mempertimbangkan pengobatan yang optimal yang aman untuk bayi anda. Sementara itu, untuk meningkatkan rasa waspada ibu dan orangtua terhadap masalah mata bayi. Mari kita kenali jenis infeksi mata pada bayi yang perlu diwaspadai dibawah ini.

Jenis Infeksi Mata Pada Bayi yang Perlu Diwaspadai

Ada cukup banyak kondisi kesehatan mata yang mengintai dan mengancam anak bayi. Masalah ini tentu membuat orangtua perlu waspada dengannya. Nah, dibawah ini adalah beberapa masalah jenis infeksi mata pada bayi yang perlu diwaspadai.

Belek/Tembel

Infeksi pertama pada mata bayi yang dapat terjadi adalah adanya cairan berwarna putih atau kekuningan yang muncul pada sela mata si buah hati. Kondisi ini membuat kelopak mata bayi mengeluarkan lendir.

Meskipun tidak berbahaya kondisi ini bisa mungkin menimbulkan benjolan atau bahkan perasaan yang menyakitkan untuk si buah hati. Untuk itu, anda bisa mengobati kondisi ini dengan mengompres mata bayi dengan menggunakan air hangat. Hanya saja, pastikan air yang digunakan steril dan tidak terlalu panas.

Konjuntivis

Masalah infeksi mata yang selanjutnya adalah konjuntivis atau masalah mata merah. Umumnya kondisi ini terjadi sebab adanya virus atau bakteri yang mengiritasi bagian selaput yang menutupi batgian putih mata bayi. Mata bayi akan menjadi kering dengan kondisi ini. Bila bayi anda mengalami kondisi ini maka anda bisa membersihkan mata bayi dengan menggunakan air hangat atau bawa si kecil ke dokter.

Blepharitis

Jenis infeksi mata lain pada bayi adalah blepharitis. Kondisi ini disebabkan oleh adanya bakteri atau adanya kelebihan minyak pada bagian kelopak mata bayi. Meski kondisi ini tidak berbahaya namun dampaknya bisa menggagu penglihatan si kecil. Maka sebaiknya atasi dengan segera masalah ini dengan pergi ke dokter.

Periorbital Selulitis

Jenis infeksi mata yang terakhir terjadi akibat adanya infeksi pada bagian jaringan di sekitaran mata. kondisi ini umumnya hanya menyerang bagian satu mata saja. Dimana demam atau pilek akan mungkin menyertai kondisi ini sebagai gejalanya. Kondisi ini perlu mendapatkan penanganan dokter sebab mungkin si kecil akan rewel akibat gejala yang dialami. Biasanya dibutuhkan waktu sampai 2 hari untuk dapat mengatasi kondisi infeksi yang satu ini.

Itulah dia beberapa jenis infeksi mata pada bayi yang perlu diwaspadai. Semoga tingkat waspada ibu bisa ditingkatkan agar kondisi ini dapat dicegah dan diatasi dengan baik.

Loading...