10 Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Melakukan Perjalanan Dengan Bayi

Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Melakukan Perjalanan Dengan Bayi – Melakukan perjalanan dengan si kecil pastinya akan dilakukan oleh setiap orang tua. Meskipun memiliki buah hati yang masih kecil, namun tetap saj apara orang tua akan melakukan dengan membawa si kecil untuk tujuan tertentu. Melakukan perjalanan dengan bayi tidaklah sama dengan melakukan perjalanan dengan anak-anak. Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan ketika melakukan perjalanan dengan bayi seperti yang akan kami sajikan berikut ini!

Membawa si kecil untuk melakukan perjalanan memang menjadi hal lumrah yang kerap dilakukan oleh para orang tua. Melakukan perjalanan dengan si kecil memang terbilang susah-susah gampang. Hal ini dikarenakan si kecil masih membutuhkan waktu untuk bersosialisasi dengan lingkungan di luar sana. Untungnya ialah dengan membawa si kecil dalam melakukan perjalanan terbilang lebih mudah dibandingkan dengan membawa anak balita. Dalam hal ini karena bayi masih melakukan aktivitas yang masih sangat terbatas.

Sebenarnya, melakukan perjalanan dengan bayi sangatlah mudah terlebih jika bayi Anda masih berusia kurang dari 6 bulan. Dalam hal ini tentunya Anda tidak perlu membawa MPASI ataupun makanan dan minuman jenis lainnya. Karena yang dibutuhkan oleh bayi berusia kurang dari 6 bulan ialah ASI. Namun tentunya, ada beberapa hal yang harus dilakukan ketika melakukan perjalanan dengan bayi. Yuk kita langsung simak saja berikut ini! Baca juga: 10 Cara Menambah Nafsu Makan Anak Yang Paling Ampuh

Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Melakukan Perjalanan Dengan Bayi

hal yang harus dilakukan ketika melakukan perjalanan dengan bayi

Bagaimanapun juga, dalam melakukan perjalanan dengan bayi, Anda harus sedikit lebih waspada dan juga perlu persiapan yang cukup matang. Tubuh bayi yang masih rentan ditambah dengan perjalanan yang cukup jauh memang menjadi salah satu risiko yang harus didapatkan oleh para orangtua. Untuk itu, memang menjadi sebuah keharusan bagi Anda untuk mempersiapkan hal yang harus dilakukan ketika melakukan perjalanan dengan bayi. Baca juga: 8 Cara Merawat Bayi Perempuan Yang Harus Anda Ketahui

Tidak dapat dipungkiri bahwa melakukan perjalanan dengan bayi terutama pertama kali akan membuat beberapa orang tua merasa gelisah dan juga khawatir. Akan tetapi, dengan perencanaan dan juga persiapan yang cukup matang, tentunya akan membuat perjalanan Anda menjadi lebih tenang dan juga menyenangkan. Berikut kami sajikan beberapa hal yang harus dilakukan ketika melakukan perjalanan dengan bayi, diantaranya:

Cek kesehatan si kecil

Sebelum melakukan perjalanan, satu halyang terpenting yang harus Anda lakukan ialah dengan mengecek kesehatan si kecil dengan teliti. Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya jika Anda melakukan pemeriksaan kepada dokter anak. Hal ini tentunya bertujuan untuk menanyakan keadaan dan juga kesehatan si kecil apakah sedang baik-baik saja ataukah sedang tidak sehat. Jika terindikasi si kecil kurang sehat, alangkah baiknya jika Anda mempertimbangkan kembali ketika hendak melakukan perjalanan.

Pilih alat transportasi yang tepat

Tips dan juga cara kedua yang dapat Anda lakukan ialah dengan memiliki salah satu alat transportasi yang menurut Anda paling tepat untuk melakukan perjalanan dengan si kecil. Beberapa alat transportasi tentunya memiliki kelebihan dan juga kelebihan masing-masing.

Pesawat

Jika menggunakan pesawat, tentunya Anda dapat memilih maskapai yang terbaik yang tentunya dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai di dalamnya sepert makanan dan juga tempat untuk mengganti popok bayi dengan mudah. Dalam menggunakan pesawat tentunya ini menjadi poin yang cukup menguntungkan bagi para bunda. Untuk perjalanan menggunakan pesawat, alangkah baiknya jika Anda memilih tempat duduk yang dekat dengan toilet agar dapat dengan mudah menuju kamar mandi.

Sebaiknya Anda memilih waktu penerbangan pada saat sore hari atau pagi, hal ini untuk menghindari terjadinya penundaan penerbangan. Ketika pesawat melakukan lepas landas ataupun mendarat, berikan ASI pada si kecil atau berikan cemilan kesukaan si kecil untuk menghindari sakit telinga akibat kebisingan mesin pesawat. Untuk menjaga kenyamanan Anda, lebih baik Anda jangan terlalu membawa barang yang terlalu banyak. Ketika dibawa ke kabin pesawat, simpan saja satu tas untuk keperluan popok, makanan dan juga mainan.

Kereta

Alat transportasi kedua yang dapat Anda pilih ialah dengan menggunakan kereta. Perjalanan dengan menggunakan kereta mungkin terbilang lebih santai dibanding dengan melakukan perjalanan menggunakan kereta api. Jika Anda memilih kereta, usahakan untuk merencanakan rute agar dapat sampai ke tempat tujuan dan pilihlah tempat duduk yang dekat dengan jendela agar dapat melihat keluar kereta dengan mudah. Selain itu, Anda juga dapat merencanakan kendaraan berikutnya ketik Anda sudah turun dari kereta api, bila perlu pesan taksi atau kendaraan sewaan. Melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta tentunya terbilang lebih leluasa untuk bergerak.

Mobil

Cara selanjutnya yang dapat Anda pilih dalam melakukan perjalanan ialah dengan menggunakan mobil. Cara ini disebut sebagai cara yang paling aman untuk melakukan perjalanan dengan si kecil. Dalam melakukan perjalanan tentunya Anda harus menyiapkan kursi bayi (baby seat). Beberapa model baby seat tentunya akan membuat bayi Anda merasa lebih nyaman. Hal ini dikarenakan beberapa baby seat sudah memenuhi standar keamanan yang paling tepat.

Untuk kaca mobil juga tentunya harus ANnda perhatikan, kaca mobil yang gelap dapat menghindari mata dan juga kulit bayi dari paparan sinar matahari secara langsung. Buatlah mobil Anda selalu dalam keadaan sejuk sehingga bayi Anda tidak rewel dan juga tidak kepanasan. Mainkan musik-musik yang cukup tenang untuk lebih menikmati perjalanan Anda dengan si kecil.

Tentukan jadwal yang fleksibel

Setelah kita memilih alat transportasi yang paling tepat dalam melakukan perjalanan dengan si kecil. Sekarang saatnya untuk menentukan jadwal dalam melakukan perjalanan. Alangkah baiknya jika Anda melakukan perjalanan pribadi dibandingkan dengan melakukan perjalanan rombongan atau tur. Hal ini dikarenakan perjalanan rombongan biasanya mempunyai jadwal yang cukup padat dalam melakukan berbagai aktivitas yang lainnya.

Untuk itu, melakukan perjalanan sendiri dirasa lebih aman dan juga leluasa dalam mengatur jadwal. Bagaimanapun juga, jika melakukan perjalanan dengan si kecil, tidak jarang si kecil yang rewel karena mengantuk dan juga cape. Jika kita melakukan perjalanan pribadi, tentunya kita dapat dengan mudah mengatur waktu untuk beristirahat terlebih dahulu. Jika kita melakukan perjalanan yang cukup jauh, ada baiknya jika kita menggunakan hari pertama ketika sudah sampai tempat tujuan untuk beristirahat sekaligus mengenalkan tempat baru kepada si kecil.

Membawa obat-obatan

Dalam melakukan perjalanan dengan si kecil tentunya Anda jangan luap untuk selalu mempersiapkan obat-obatan standar P3K yang kemungkinan akan dibutuhkan oleh si kecil. Seperti halnya obat merah, betadin dan juga parasetamol. Obat-obatan tersebut tentunya dapat disertakan dengan daftar barang yang akan Anda bawa. Tentunya, Anda tidak akan pernah tahu kapan di kecil akan membutuhkannya. Obat-obatan yang dibawa oleh Anda tentunya menghindari adanya sesuatu hal yang terjadi pada si kecil dalam perjalanan ataupun ketika sudah sampai di tempat tujuan.

Siapkan pakaian yang nyaman

Tips selajutnya yang harus Anda lakukan ketika hendak melakukan perjalanan dengan si kecil ialah pastikan Anda membawa pakaian si kecil yang akan membuatnya nyaman. Pastinya setiap orang tua menginginkan anaknya terlihat modis dan juga stylish. Namun, selain ingin terlihat modis, Anda juga harus memberikan pakaian yang nyaman bagi si kecil. Untuk pakaian, pastikan Anda memilih pakaian yang lembut dan juga menyerap keringat dengan baik.  Alangkah baiknya jika Anda memilih pakaian si kecil yang sangat mudah untuk dibawa dan juga di buka. Hal ini tentunya untuk menghindari si kecil yang tiba-tiba muntah dan juga buang  air besar ketika dalam perjalanan.

Siapkan baju hangat dan selimut

Untuk melakukan perjalanan yang cukup jauh, ada baiknya jika Anda selalu membawa baju hangat dan juga selimut agar dapat melindungi si kecil dari cuaca yang tentu bisa berubah secara tiba-tiba. Hal ini dikarenakan cuaca sangat sulit untuk diprediksi. Baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum, tentunya pakaian hangat memang sangat penting untuk dibawa. Tentunya, Anda juga tidak ingin jika si kecil terserang penyakit masuk angin dan juga flu selama berpergian.

Pisahkan pakaian dan juga perlengkapan bayi

Bagaimanapun juga, membawa tas kecil ketika hendak melakukan perjalanan ialah sebuah keharusan bagi Anda. Hal ini tentunya menjadi cara dan juga persiapan yang memang harus dilakukan. Tas kecil khusus yang dapat digunakan untuk menyimpan perlengkapan bayi dan juga pakaian bayi tentu akan membuat kita jauh lebih mudah dalam membawa dan juga mendapatkannya ketika memang dibutuhkan. Perlengkapan bayi seperti minyak telon, popok, handuk kecil dan juga pakaian ganti lainnya memang menjadi beberapa perlengkapan yang memang harus dibawa ketika melakukan perjalanan dengan bayi. Tujuannya tidak lain ialah untuk memudahkan Anda dalam mengganti pakaian bayi ketika buang air kecil ataupun besar.

Bawa makanan kecil

Bagi bayi yang sudah diberikan MPASI, ada baiknya jika Anda selalu membawa makanan kecil seperti biskuit, roti, buah-buahan dan juga daging. Hal ini tentunya untuk mengatasi perut bayi agar tidak kosong. Bagaimanapun juga, perut yang kosong akan membuat pertahanan tubuh menjadi lebih lemah sehingga tidak heran bayi terkena masuk angin. Atau bisa juga tertular penyakit dari bayi lain ataupun orang dewasa.

Bawa mainan

Perlengkapan yang satu ini memang jangan pernah Anda lewatkan, pasalnya dengan membawa mainan akan mudah mengalihkan perhatian si kecil. Hal ini tentunya tidak jarang bayi yang rewel dan juga menangis ketika dalam perjalanan. Pastikan untuk membawa mainan yang memang disukai oleh si kecil dan juga mudah untuk dibawa. Pastikan mainan tersebut tidak tertinggal di tempat tujuan Anda.

Bawa minuman

Selain makanan kecil dan juga mainan, perlengkapan yang harus selalu Anda bawa yakni minuman. Tentunya, minuman disini dapat berupa susu ataupun air mineral jika usia si kecil sudah memasuki 1 tahun. Bagaimanapun juga kebutuhan cairan si kecil ketika dalam perjalanan memang harus dipentingkan. Hal ini tentunya dapat menghindari kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi ketika sedang melakukan perjalanan.

Melakukan perjalanan dengan si kecil memang harus memperhatikan beberapa hal yang harus Anda lakukan. Perlengkapan si kecil dan juga faktor keselamatan si kecil memang menjadi satu poin terpenting dalam melakukan perjalanan. Untuk itu, pastikan Anda selalu melakukan tips dan juga hal-hal  yang harus dilakukan ketika melakukan perjalanan dengan bayi. Semoga bermanfaat!

Loading...