Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ibu Menyusui Saat Puasa

Diposting pada

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ibu Menyusui Saat Puasa – Tidak sedikit ibu menyusui yang ingin ikut menjalankan ibadah puasa saat bulan Ramadhan. Akan tetapi, demi menjaga kesehatan dan terjaganya asupan nutrisi yang baik dari ASI yang diberikan pada si buah hati. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan ibu menyusui saat puasa. Ingin tahu seperti apa? Mari simak informasi menariknya dibawah ini.

Puasa Ramadhan adalah ibadah wajib yang dijalankan oleh umat Muslim. Meski sebenarnya ada ketetapan tertentu sebagai syarat para pelaku wajib puasa. Akan tetapi terkadang, ibu hamil dan ibu menyusui pun selalu ingin ikut andil dalam menjalankan ibadah yang satu ini.

Hanya saja, banyak kekhawatiran yang menyatakan bila puasa akan dapat mempengaruhi asupan gizi pada tubuh ibu. Sehingga kondisi ini bisa mungkin mempengaruhi produksi ASI untuk si kecil.

Namun demikian, bila memang ibu menyusui dalam kondisi yang memadai untuk menjalankan ibadah puasa. Maka ibadah ini akan dapat dilakukan dengan baik. Hanya saja, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan selama menjalankan ibadah puasa untuk ibu menyusui. Mari simak hal-hal yang harus diperhatikan ibu menyusui saat puasa. Baca juga: Tips Menjaga Nutrisi dan Gizi Anak Selama Berpuasa

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ibu Menyusui Saat Puasa

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ibu Menyusui Saat Puasa

Demi menjaga produksi ASI dan kualitasnya dengan baik maka ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dengan baik. Hal ini tentu dilakukan agar kegiatan memberikan ASI pada si buah hati tidak terhalang atau terkendala. Ingin tahu seperti apa? Mari kita simak hal-hal yang harus diperhatikan ibu menyusui saat puasa.

Memenuhi Kebutuhan Serat Lebih Banyak

Saat puasa dalam masa menyusui, ibu akan ada dalam fase hobi makan. Nah, apalagi saat menjalankan ibadah puasa. Akan tetapi, pada saat menjalankan ibadah puasa sebaiknya asupan makanan yang dikonsumsi tidak dilakukan dengan sembarangan. Tubuh yang menahan lapar selama setengah hari penuh akan mungkin membuat anda merasa kelaparan.

Pada saat buka puasa hal ini akan cenderung membuat ibu mengasup tubuhnya dengan aneka makanan. Bahkan makanan yang kurang sehat pun bisa mereka santap kedalam tubuhnya. Namun hal ini bukanlah pilihan yang baik dilakukan. Daripada mengasup tubuh dengan makanan kurang sehat. Sebaiknya pastikan anda mengasup dengan makanan kaya akan serat.

Sayur dan buah adalah pilihan makanan yang baik yang bisa anda konsumsi selama sahur dan berbuka. Selain itu, nutrisi dan gizi dalam bahan makanan inipun akan dapat membantu anda memberikan gizi yang lebih baik dari ASI berkualitas untuk si kecil.

Dapatkan Istirahat yang Cukup

Ketika menjalankan ibadah puasa, ibu menyusui dianjurkan untuk dapat menjaga kesehatannya dengan baik. Hal ini dikarenakan tubuh yang terlalu lelah dan mendapatkan aktivitas fisik yang banyak akan membuat anda mudah lemas. Hal ini bisa mungkin berpengaruh terhadap produksi ASI yang terhambat. Oleh karenanya, ibu menyusui dianjurkan untuk sedikitnya mendapatkan waktu tidur siang sebanyak 1 sampai 2 jam dalam satu hari.

Tetap Makan 3 Kali Sehari

Demi menjaga produksi ASI dalam tubuh yang terjaga dengan baik. Ibu menyusui dianjurkan untuk dapat menjaga porsi dan waktu makannya dengan baik. Meskipun menjalankan ibadah puasa namun anda tetap dapat mengasup makan sebanyak 3 kali dalam satu hari.

Adapun pembagian makanan ini dapat dilakukan pada saat berbuka, sahur dan sebelum tidur. Dengan begini maka asupan gizi yang cukup akan membuat produksi ASI lancar. Sehingga tumbuh kembang si kecil pun akan dapat terjaga dengan baik.

Loading...