Gejala Saluran ASI Tersumbat yang Harus Anda Ketahui

Menyusui bayi menjadi tugas wajib seorang ibu, dari ASI bayi akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangannya sebelum si kecil dikenalkan pada makanan pendamping ASI. Beberapa ibu menyusui bayinya dengan lancar tanpa adanya hambatan, namun beberapa ibu yang lainnya justru mengalami masalah sehingga proses pemberian ASI menjadi terhambat. Salah satu masalah yang dapat ibu alami yaitu saluran ASI tersumbat.

Supaya anda dapat mengetahui kondisi ini dengan cepat, sehingga bisa langsung mengatasinya sebelum bertambah parah, penting mengetahui tanda atau gejala saluran ASI tersumbat seperti berikut ini.

Gejala Saluran ASI Tersumbat

Gejala Saluran ASI Tersumbat

Pada payudara terdapat berbagai saluran yang memiliki peran untuk mengalirkan ASI. ASI akan dialirkan dari kelenjar susu ke puting. Saluran susu ini dapat mengalami masalah yang akan menjadikan saluran ASI tersumbat. Saluran ASI tersumbat tentunya akan mengganggu proses menyusui si kecil.

Biasanya ketika ada masalah pada saluran ASI atau saluran ASI tersumbat, beberapa kondisi akan anda alami. Jika payudara anda mengalami pembengkakan dan terasa sakit, sebaiknya jangan menyepelekannya. Selain itu, ada beberapa gejala lainnya yang dapat anda alami seperti berikut ini.

  • Ketika disentuh payudara terasa sakit
  • Pada payudara muncul benjolan kecil
  • Terasa panas pada payudara
  • Pada salah satu atau kedua payudara aliran susu menjadi lambat
  • Pada area payudara tertentu tekstur kulit lebih keras

Selain itu, ketika aliran ASI tersumbat mungkin si kecil akan menjadi rewel pada saat sedang menyusu. Hal ini disebabkan karena si kecil merasa kesulitan ketika menghisap ASI dari payudara anda.

Tidak hanya itu, pada beberapa kasus ketika saluran ASI tersumbat bisa saja ibu mengalami demam. Apabila anda mengalami demam, mungkin saja anda mengalami infeksi pada payudara.

Baca juga : Mencegah Puting Berdarah Sewaktu Menyusui

Bagaimana Caranya Mengatasi ASI Tersumbat?

Saat anda menyusui si kecil, kemudian tidak tuntas menyusui akan dapat menyebabkan susu menumpuk pada kelenjar payudara, akibatnya akan sulit untuk keluar dengan lancar. Caranya supaya saluran ASI lancar kembali yaitu dengan menyusui si kecil bergantian pada kedua payudara hingga tuntas.

Selain menyusui bayi langsung, anda juga bisa memanfaatkan pompa payudara. Anda bisa memompa sisa ASI pada payudara. Terlebih lagi jika bayi anda tidak menyusui hingga tuntas. Selain itu, anda juga bisa melakukan pijatan pada payudara dengan lembut dan perlahan. Melakukan pijat payudara dengan teknik yang baik dan benar diketahui dapat melancarkan kembali saluran ASI pada payudara yang mengalami sumbatan. Anda juga bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk memulihkan kondisi anda.

  • Pada bagian payudara yang tersumbat anda bisa melakukan kompres hangat sekitar 20 menit.
  • Anda dapat mengubah posisi ketika menyusui. Anda bisa mengarahkan dagu, serta mulut si kecil pada sisi payudara anda yang sedang mengalami masalah. Ini dilakukan supaya proses menyusui si kecil menjadi lebih mudah, serta si kecil dapat menyusu hingga tuntas.
  • Sambil menyusui si kecil anda bisa melakukan pijatan pada payudara anda.
  • Sebelum menyusui si kecil anda bisa mengompres hangat payudara anda selama beberapa menit, agar ASI menjadi lebih mudah keluar.

Apabila kondisi sumbatan yang anda alami sudah parah, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter tentang masalah yang anda alami. Itulah beberapa gejala saluran ASI tersumbat dan beberapa tips untuk mengatasinya.

Loading...