Pahami Gejala Infeksi Saluran Kemih Pada Anak

Pahami Gejala Infeksi Saluran Kemih Pada Anak – Tidak hanya menyerang orang dewasa, infeksi saluran kemih bisa juga terjadi pada anak. Kondisi ini akan mungkin menyiksa dan menyebabkan kondisi yang tidak nyaman untuk mereka. Oleh karenanya, mari pahami gejala infeksi saluran kemih pada anak dibawah ini.

Infeksi saluran kemih dapat terjadi akibat infeksi bakteri yang menyerang bagian saluran kemih. Saluran kemih dimulai dari ginjal, yakni bagian dimana urine dalam tubuh diproduksi. Selanjutnya urine akan mengalur melalui saluran kemih dan akan berakhir pada bagian kantung kemih.

Urine inilah yang akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui bagian uretra yang berfungsi sebagai saluran pembuangan. Sementara itu, infeksi dapat terjadi pada bagian atas saluran dekat dengan ginjal ini disebut dengan pyelonephiris. Sementara untuk infeksi yang terjadi pada bagian saluran kemih bawah disebut dengan cystitis. Baca juga: Dampak Positif dan Negatif Bayi Tidur Tengkurap

Pahami Gejala Infeksi Saluran Kemih Pada Anak

Untuk infeksi saluran kemih yang umum dialami oleh anak-anak biasanya adalah infeksi saluran kemih pada bagian atas. Kondisi seperti ini tidak bisa dibiarkan begitu saja dan perlu segera mendapatkan perhatian.

Hal ini dikarenakan infeksi saluran kemih bisa menimbulkan rasa sakit dan perasaan yang tidak menyenangkan. Ketika kondisi ini terjadi pada anak maka mungkin mereka akan rewel dan terus menerus menangis.
Sementara itu, untuk membantu ibu memahami kondisi infeksi saluran kemih pada anak. Mari pahami gejala infeksi saluran kemih pada anak dibawah ini.

Pahami Gejala Infeksi Saluran Kemih Pada Anak

Sama halnya seperti jenis penyakit lainnya yang dapat muncul dalam tubuh. Infeksi saluran kemih pada anak pun dapat muncul disertai dengan tanda dan gejala terlebih dahulu sebelum berkembang menjadi penyakit yang bahaya. Dibawah ini adalah beberapa gejala infeksi saluran kemih pada anak yang penting diketahui.

Demam Tinggi

Gejala pertama yang dapat mengindikasikan adanya infeksi saluran kemih pada anak adalah naiknya suhu tubuh si kecil. Akan tetapi, biasanya orangtua banyak mengartikan kondisi ini sebagai penyakit bayi lain dalam tubuh anaknya. Demam yang terjadi pada anak akibat gejala infeksi saluran kemih dapat berlangsung selama beberapa hari.

Kondisi ini bila tidak segera ditangani akan mungkin membuat si buah hati tidak nyaman. Selain itu, perasaan rewel dan mudah menangis akan mungkin membuat ibu semakin khawatir. Jadi demikian segera periksakan kondisi ini ke dokter.

Muntah dan Lesu

Infeksi pada saluran kemih pada anak bisa juga membuat si kecil terlihat lesu. Kondisi ini akan ditunjukan dengan si kecil yang terlihat kurang aktif atau bahkan murung. Sementara itu, pada beberapa kondisi tertentu si kecil pun bisa mengalami muntah-muntah.

Kondisi semacam ini sudah seyoganya mendapatkan perhatian khusus. Muntah pada si kecil bisa mungkin mengindikasikan adanya gejala dari penyakit serius. Jadi demikian, jangan abaikan kondisi yang satu ini. Rasa Sakit

Saat Buang Air Kecil

Infeksi saluran kemih pada anak bisa mungkin membuat mereka mengalami perasaan sakit saat buang air kecil. Kondisi ini akan dapat ibu perhatikan dari penolakan buang air kecil pada si kecil. Atau ekspresi wajahnya saat buang air kecil yang terlihat seolah menahan rasa sakit.

Ketika ibu menghadapi kondisi ini maka sebaiknya tanyakan seberapa sakit kondisi yang dirasakan. Dan tanyakan pula sudah berapa lama kondisi ini ia rasakan. Selanjutnya segera minta bantuan dokter untuk menangani kasus ini.

Loading...