Gangguan Kesehatan Bayi Baru Lahir yang Sering Terjadi

Melihat buah hati lahir ke dunia menjadi kebahagiaan tersendiri untuk para orangtua, terlebih lagi bagi seorang ibu yang telah mengandung selama 9 bulan karena selama ini tugas mengandung sudah selesai dan mulai mengemban tugas yang baru, yakni merawat bayi. Bagi ibu baru terkadang masih sering merasa kebingungan masalah perawatan bayi. Bahkan tak jarang ibu khawatir berlebihan saat melihat perubahan atau masalah yang dialami oleh buah hatinya. Biasanya ada beberapa gangguan kesehatan bayi baru lahir yang sering terjadi. Untuk mengetahuinya yuk simak di bawah ini.

Gangguan Kesehatan Bayi Baru Lahir yang Sering Terjadi

Daya tahan anak usia dini masih sangat lemah sehingga akan rentan mengalami masalah kesehatan. Beberapa gangguan kesehatan pada bayi baru lahir yang biasanya sering terjadi seperti berikut ini. ( Baca juga : Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Cepat Gemuk yang Harus Anda Lakukan )

Gangguan kesehatan bayi baru lahir

Penurunan Berat Badan

Banyak ibu yang sering mengeluh bayinya turun berat badan setelah beberapa hari dilahirkan. Memang biasanya penurunan berat badan bayi terjadi saat usia 3-4 hari setelah bayi lahir. Keadaan ini disebabkan karena adanya perubahan pada lingkungan. Namun anda jangan khawatir, karena biasanya setelah 2 minggu menjalani perawatan dan menyusu dengan cukup, si kecil akan mendapatkan kembali berat badannya seperti semula, bahkan beratnya akan semakin bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Hanya saja,  jika berat badan bayi terus mengalami penurunan sebaiknya anda membawa si kecil ke dokter.

Ikterus

Setelah dilahirkan, bayi baru lahir akan melepaskan pigmen empedu, ini menyebabkan kulit bayi menguning. Ikterus atau kuning pada bayi terjadi saat usia 4-5 hari setelah bayi dilahirkan ke dunia ini dan biasanya akan berakhir saat usia bayi 9 hingga 10 hari. Hanya saja, pada bayi prematur keadaan ini akan berlangsung cukup lama. Ikterus fisiologis yang terjadi pada neonatus merupakan keadaan yang masih normal, serta tidak akan menyebabkan masalah pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Hanya saja, jika kuning pada bayi semakin hari semakin parah sebaiknya anda bawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cegukan

Tidak  hanya orang dewasa saja, bayi pun bisa mengalami cegukan termasuk bayi baru lahir. Hanya saja, cara mengatasi cegukan pada bayi tentu berbeda dengan cara yang sering diterapkan pada orang dewasa. Anda jangan terlalu khawatir karena cegukan yang terjadi pada bayi biasanya akan menghilang dengan alami. Hanya saja, apabila cegukan yang terjadi pada si kecil berlangsug cukup lama, untuk mengatasinya anda bisa memompa sedikit ASI kemudian letakan pada sendok, kemudian anda dapat menyuapi ASI beberapa sendok.

Infeksi Pada Pernapasan

Infeksi pada pernapasan bayi disebabkan karena bakteri atau virus. Biasanya penyakit pada pernapasan bayi  berlangsung selama kurang lebih satu atau dua minggu yang ditandai hidung meler pada bayi, demam dan bayi tidak mau menyusu selama beberapa hari. Keadaan ini biasanya akan terjadi selama kurang lebih 2 hingga 3 minggu. Jika si kecil menunjukan gejala yang lebih serius diperlukan perawatan dokter. Karena seperti itu, jika si kecil menunjukan tanda atau gejala yang tidak wajar anda harus segera membawanya ke dokter.

Gaya pernapasan perut pada bayi  baru lahir berbeda dengan gaya pernapasan pada orang dewasa. Selain itu, tubuh bayi juga rentan mengalami hipotermia, maka penting untuk selalu menghangatkan si kecil. Selain itu, sistem pencernaan bayi akan mulai mencerna segera setelah dilahirkan, anda dapat menyusui si kecil tepat setelah ia dilahirkan.

Hidung Tersumbat dan Bersin

Keadaan ini disebabkan oleh iritasi yang disebabkan karena si kecil menghirup asap rokok ataupun debu, serta udara kering. Nah, sebagai cara untuk mencegah hidung tersumbat dan bersin pada bayi penting untuk menghindari kemungkinan yang dapat menyebabkan iritasi seperti asap rokok, debu atau bulu hewan.

Demikian beberapa gangguan kesehatan bayi baru lahir yang sering terjadi. Semoga bermanfaat.

Loading...