Bagaimana Cara Merawat Kulit Bayi Sensitif?

Cara Merawat Kulit Bayi Sensitif – Kulit sensitif merupakan salah satu masalah kesehatan kulit pada bayi. Bayi yang memiliki kulit alergi dan sensitif tentu akan merasa tidak nyaman. Penyebab kulit sensitif pada bayi itu sendiri bermacam-macam, misalkan pemakaian popok, penggunaan produk perawatan kulit, makanan, bakteri pada pakaian, debu atau udara, kondisi air yang kurang bersih dan lain sebagainya.

Bayi yang memiliki kulit sensitif akan mudah teriritasi oleh produk perawatan kulitnya. Sebagai seorang ibu anda tentu harus memperhatikan kesehatan kulit si kecil. Sangat penting mengetahui seperti apa cara merawat kulit bayi sensitif agar si kecil tetap merasa nyaman. Berikut ini cara merawat kulit bayi sensitif.

Cara Merawat Kulit Bayi Sensitif

Cara Merawat Kulit Bayi Sensitif

Bayi yang memiliki kulit sensitif membutuhkan perhatian yang ekstra. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam merawat kulit bayi sensitif. Nah, di bawah ini beberapa cara merawat kulit bayi sensitif.

Memilih Produk yang Tepat

Memilih produk untuk perawatan kulit si kecil tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Anda harus memperhatikan kandungan pada produk yang dipakai si kecil. Hindari produk perawatan kulit yang menggunakan fragrance atau wewangian. Berdasarkan penelitian, produk dengan wewangian menjadi penyebab reaksi kulit iritasi dan alergi, terlebih lagi untuk kulit yang sensitif. Selain itu, anda juga harus menghindari penggunaan sabun antibakteri dengan kandungan bahan kimia berbahaya, seperti triclosan. Apabila anda menggunakannya, sebaiknya jangan gunakan dengan berlebihan.

Baca juga : Panduan Memandikan Bayi dengan Kulit Sensitif

Pakai Produk Secukupnya Sesuai Kebutuhan

Sabun dan sampo merupakan produk perawatan kulit bayi yang paling sering digunakan. Namun, sebaiknya jangan gunakan kedua produk tersebut untuk membersihkan si kecil dengan berlebihan. Pakailah sedikit atau secukupnya saja. Terlebih lagi untuk bayi baru lahir. Secara alami si kecil mempunyai perlindungan tubuhnya. Apabila si kecil dimandikan terlalu sering menggunakan sabun dan sampo, akibatnya pertahanan alami yang dimilikinya akan hilang. Untuk bayi yang memiliki kulit sensitif cukup dimandikan 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Hindari Mengganti Popok Terlalu Lama

Pastikan anda tidak terlalu lama mengganti popok si kecil. Ini dilakukan untuk mencegah munculnya ruam atau bintik merah yang mungkin akan dialami si kecil. Anda dapat mengganti popok si kecil sebanyak 6 hingga 12 kali dalam sehari, tergantung usia si kecil. Selain itu, anda juga harus membersihkan dan mengeringkan dengan baik dan benar. Gunakanlah kain berbahan lembut, misalkan katun, serta air hangat. Ketika mengeringkannya biarkan si kecil beberapa saat tidak menggunakan popok. Ini dilakukan untuk mencegah munculnya ruam.

Menggunakan Pakaian yang Tepat

Sebagai orangtua anda tentunya ingin memakaikan pakaian yang terbaik untuk si kecil. Jangan hanya bagus modelnya saja, namun perhatikan juga kenyamanan si kecil. Pilihlah pakaian dengan bahan yang nyaman untuk kulit si kecil. Anda dapat memilih pakaian yang terbuat dari katun atau kain linen. Pakaian dengan bahan ini akan membuat kulit si kecil bisa bernapas. Jangan gunakan pakaian yang berlapis dan ketat karena si kecil akan merasa tidak nyaman.

Bayi yang memiliki kulit sensitif membutuhkan perhatian yang lebih untuk menghindari masalah kulit yang mungkin terjadi. Kenyamanan si kecil adalah hal penting yang harus anda perhatikan. Apabila pada kulit si kecil muncul eksim atau gejala ruam yang parah, anda harus segera mengajak si kecil ke dokter untuk mencegah kondisinya semakin parah.

Loading...