8 Cara Merawat Bayi Perempuan Yang Harus Anda Ketahui

Cara Merawat Bayi Perempuan – Merawat bayi perempuan memang terbilang susah susah gampang. Hal ini dikarenakan bayi perempuan memang memiliki banyak sekali perawatan yang harus dilakukan dengan cara yang cukup tepat. Untuk itu, kami sajikan beberapa cara merawat bayi perempuan yang memang harus Anda lakukan!

Melahirkan seorang anak tentunya menjadi momen yang sangat membahagiakan bagi para orang tua. Terlebih jika Anda memang benar-benar menginginkan jenis kelamin bayi yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Tidak jarang para orang tua yang menginginkan seorang anak perempuan. Bayi perempuan memang akan terlihat sangat lusu terlebih ketika mereka masih bayi.

Tidak seperti bayi laki-laki, bayi perempuan tentunya akan terlihat sangat menggemaskan. Dengan memakai banyak aksesoris dan juga baju yang bervariatif. Tentunya, bayi perempuan Anda akan terlihat sangat menggemaskan. Banyak bayi perempuan yang kerap memakai berbagai aksesoris seperti bando, turban, jepitan rambut dan juga syal. Aksesoris tersebut tentunya menambah penampilan bayi perempuan Anda menjadi sangat lucu dan juga menggemaskan.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui ketika merawat bayi perempuan. Hal ini dikarenakan bayi perempuan tidak seperti bayi laki-laki. Dibutuhkan satu langkah perawatan yang lebih dibandingkan dengan merawat bayi perempuan. Tentunya, hal tersebut berhubungan dengan perawatan kelamin bayi perempuan tersebut. Baca juga: Susu Formula Menyebabkan Bayi Obesitas, Benarkah?

Cara Merawat Bayi Perempuan

cara merawat bayi perempuan

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas bahwa merawat bayi perempuan memang terbilang susah dan juga gampang. Beberapa hal-hal khusus dalam merawat bayi perempuan memang menjadi hal yang harus dilakukan. Bayi perempuan memang memiliki kriteria khusus dalam hal perawatan tubuh. Tentunya, hal ini memang benar-benar harus dilakukan mengingat bayi perempuan berkaitan dengan perawatan organ intim.

Jika Anda kebetulan memiliki atau baru saja melahirkan anak perempuan. Pastinya, Anda harus melakukan beberapa cara dalam melakukan perawatan pada bayi perempuan. Untuk itu, berikut kami sajikan beberapa cara merawat bayi perempuan yang bisa Anda lakukan sekarang juga. Yuk kita langsung simak saja beberapa cara di bawah ini! Lihat juga: 10 Dampak Kelebihan Garam Pada Bayi Yang Wajib Diketahui

Perawatan Organ Intim

Hal pertama daam cara merawat bayi perempuan yang harus Anda lakukan ialah melakukan perawatan pada bagian organ intim bayi perempuan. Hal ini dikarenakan organ intim perempuan memang terbilang sangat penting untuk di jaga. Bagaimanapun juga, organ intim bayi perempuan memang lebih rentan dibandingkan dengan organ intim bayi laki-laki. Ketika bayi perempuan buang air besar dan juga buang air kecil. Tentunya Anda harus membersihkan bagian organ intim bayi perempuan Anda secara detail.

Ketika Anda hendak membersihkan bagian organ intim, Anda tidak perlyu membuka bibir vagina ataupun vulva. Satu cara yang harus Anda lakukan ialah dengan membersihkan kulit di sekitar organ intim dengan menggunakan air yang mengalir ataupun kapas basah. Bersihkan pada area bagian depan ke arah belakang hingga ke bagian anus. Langkah ini untuk menghindari timbulnya kuman dan juga bakteri pada organ intim. Jangan sampai Anda terbalik ketika membersihkan area vagina. Setelah bagian organ intim bayi Anda sudah bersih, keringkan bagian organ intim tersebut dengan menggunakan handuk kering ataupun tisu. Dalam membersihkan area vagina, Anda tentunya dapat pula menggunakan air hangat. Hindari penggunaan sabun ketika membersihkan area vagina bayi Anda.

Hindari Pemberian Bedak Pada Alat Kelamin

Tidak jarang para orang tua yang kerap menaburkan bedak ketika selesai membersihkan alat kelami bayi perempuan. Hal ini tentunya bertujuan untuk membuat kulit kelamin perempuan menjadi lembut dan juga tidak iritasi. Akan tetapi, anggapan tersebut tidaklah benar, menaburkan bedak pada alat kelamin perempuan justru akan membuatnya lebih kering dikarenakan bedak banyak mengandung bahan kimia yang cukup berbahaya.

Jika dilakukan secara terus menerus dan juga diberikan setiap kali membersihkan alat kelamin. Kemungkinan bahan kimia tersebut akan secara tidak langsung masuk ke dalam vagina dan tentunya akan berdampak buruk ketika ia sudah tumbuh dewasa nanti. Tidak jarang taburan bedak tersebut akan masuk ke sistem urin sehingga akan berisiko terkena infeksi saluran kencing. Selain itu, bedak juga dapat menyebabkan batuk dan juga asma pada bayi.

Memandikan Bayi Perempuan

Pada umumnya cara memandikan bayi laki-laki dan juga bayi perempuan memang sama saja. Akan tetapi, ada beberapa poin yang memang menjadi pembeda antara memandikan bayi laki-laki dan juga perempuan. Dikarenakan kulit bayi masih sangat sensitif tentunya Anda harus benar-benar memperhatikan cara memandikan bayi tersebut. Untuk bayi perempuan, berikut kami sajikan beberapa cara memandikan bayi perempuan berikut ini:

– Siapkan semua keperluan dalam memandikan bayi ketika ia masih tidur ataupun masih tenang

– Siapkan air hangat atau suam-suam kuku dalam bak mandi secukupnya

– Lepaskan pakaian bayi dan popok ketika air hangat memang sudah siap

– Usapkan air pada tubuh bayi dengan menggunakan handuk yang cukup lembut ketika bayi bisa dimandikan pada bak mandi

– usapkan sabun pada tubuh bayi dengan lembut dan juga hati-hati. Hindari mata bayi agar tidak terkena cipratan sabun

– Bersihkan seluruh area tubuh bayi termasuk area organ intim

– Jika sudah semuanya dibersihkan, angkat bayi dan pakaikan handuk dengan segera agar bayi tidak kedinginan

– Setelah itu, keringkan tubuh bayi dengan menggunakan handuk secara lembut

– Periksa terlebih dahulu apakan bagian kelamin bayi perempuan Anda sudah kering ataukah masih basah, jika masih basah usap dengan menggunakan handuk sampai kering

– Gunakan minyak telon yang cocok bagi bayi Anda untuk memberikan kehangatan pada bayi, lalu kenakan pakaian

– Gunakan sarung tangan dan juga sarung kaki

– Sisir rambut bayi dengan lembut menggunakan sikat khusus agar terlihat lebih bersih dan juga rapi

Potong Kuku Secara Rutin

Baik bayi laki-laki maupun perempuan memang memerlukan perawatan khusus dalam hal pemotongan kuku. Anda tentunya harus memotong kuku bayi Anda secara rutin agar terhindar dari kotoran yang nantinya akan berkembang pada kuku dan juga tangan bayi Anda. Hal ini tentunya akan memberikan peluang untuk kotoran dan juga cacing bisa tumbuh di dalam kuku tersebut.

Tidak jarang bayi yang kerap memegang sesuatu dan juga memasukkan ke dalam mulutnya. Jika kuku bayi perempuan panjang dan juga kotor, tentunya tidak menutup kemungkinan kuman dan juga kotoran akan langsung masuk ke dalam mulut bayi. Kebiasaan memasukkan benda pada mulut tentunya akan berdampak buruk pada kesehatan bayi dan akan menyebabkan bayi cacingan dan juga diare. Selain itu, menjaga kuku harus dilakukan sebagai kebiasaan yang baik ketika ia tumbuh dewasa.

Merawat Rambut Bayi

Bagi bayi perempuan, rambut memang harus dijaga dan di rawat sebaik mungkin. Bagaimanapun juga, rambut memang menjadi mahkota bagi bayi perempuan. Tentunya, bayi perempuan harus memiliki rambut yang lebat, indah dan juga panjang. Untuk itu, diperlukan cara yang cukup intensif dalam merawat rambut bayi perempuan. Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan dalam merawat rambut pada bayi perempuan yaitu sebagai berikut:

– Pastikan Anda untuk selalu mencuci rambut bayi perempuan Anda secara rutin agar selalu terlihat bersih

– Anda juga perlu membersihkan kulit kepala bayi agar akar rambut dapat tumbuh dengan sehat

– Gunakan produk khusus yang memang cocok untuk produk sampo dan juga pelembab rambut bayi

– Jangan sekali-kali menggunakan produk sampo dewasa karena dapat merusak rambut bayi

– Jika sudah dibersihkan dan diberi sampo, segera keringkan rambut bayi Anda

– Segera keringkan rambut sehabis dicuci

– Sisir rambut bayi dengan menggunakan sikat khusus agar terlihat rapi dan juga indah

– Jangan mengikat rambut bayi karena dapat merusak pertumbuhan rambut. Selain itu, mengikat rambut terlalu erat akan membuat bayi merasa kesakitan dan juga rewel

– Agar penampilan bayi perempuan Anda lebih cantik dan juga menarik. Anda tentunya dapat memberikan aksesoris kepala seperti bandana, pita rambut dan juga topi

Ganti Popok Bayi Perempuan

Ketika bayi Anda buang air kecil ataupu besar, tentunya Anda harus mengganti popok bayi dengan cepat. Jangan dibiarkan popok terlalu lama karena akan memberikan peluang bagi kuman dan juga bakteri untuk tumbuh di bagian alat kelamin. Ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan ketika bayi buang air kecil dan dibiarkan terlalu lama. Dimungkinkan bakteri dan juga kuman akan masuk ke dalam vagina sehingga akan masuk ke dalam sistem urin dan berisiko terkena infeksi saluran kencing.

Berikut kami sajikan beberapa langkah yang dapat Anda lakukan ketika mengganti popok pada bayi, diantaranya:

– Periksa popok secara berkala tanpa menundanya karena akan membuat bayi merasa tidak nyaman. Ini tentunya sangat tepat untuk menghindari bayi terkena iritasi dan juga infeksi organ kelamin.

– Jika bayi Anda buang air kecil dan buang air besar, bersihkan bagian anus, organ kelamin dan juga saluran urin dengan tepat. Anda tentunya dapat membersihkan lap basah yang sudah direndam menggunakan air hangat sebelumnya.

– Jangan lupa untuk membersihkan bagian selangkangan dengan menggunakan handuk hangat untuk mencegah iritasi

– Tunggu sebentar setelah di lap agar kering. Jangan langsung menggunakan popok karena akan membuat organ kelamin bayi perempuan Anda menjadi lembap.

Cara Merawat Kulit Bayi

Kulit bayi memang sangat sensitif dan juga masih rentan. Tentunya, Anda sangat menginginkan memiliki bayi perempuan yang kelak akan tumbuh dengan cantik dan memiliki kulit yang lembut. Untuk itu, merawat kulit bayi memang sangat diperlukan agar kulit bayi Anda bersih dan juga lembut. Berikut kami sajikan beberapa tips dan juga cara dalam merawat kulit bayi diantaranya:

– Terlebih dahulu kenali jenis kulit bayi perempuan Anda. Masalah kulit tentunya dapat juga dialami oleh bayi perempuan. Jenis kulit bayi tentunya bervariasi, ada yang normal dan juag sensitif. Bagi bayi perempuan yang memiliki kulit yang normal tentunya lebih mudah dirawat dibandingkan bayi yang memiliki kulit sensitif.

– Jika sudah diketahui jenis kulit bayi perempuan Anda, alangkah baiknya jika Anda memeriksakan diri ke dokter kulit untuk mendapatkan saran dalam merawat kulit bayi perempuan Anda.

– Berikan pakaian yang khusus agar mudah menyerap keringat sehingga bayi Anda akan terhindari dari infeksi dan juga iritasi.

– Berikan pelembab khusus untuk menjaga kulit bayi agar lembut dan tidak kering.

– Berikan perhatian juga jika bayi Anda mengalami alergi dan menunjukkan reaksi alergi dan iritasi pada kulit bayi perempuan tersebut.

Pahami Karakter Bayi Perempuan

Tidak hanya mengenai perawatan kulit dan juga tubuh saja. Anda tentunya harus memahami karakter bayi perempuan sebaik mungkin. Hal ini dikarenakan karakter bayi perempuan dan juga laki-laki berbeda. Karakter bayi perempuan memang identik dengan kelembutan. Selain itu, bayi perempuan juga lebih cepat berkembang dibandingkan dengan bayi laki-laki dalam hal kemampuan motorik halusnya.

Bayi perempuan memang lebih cepat berbicara, pandai meniru dan juga terampil. Dengan Anda mengetahui karakter bayi perempuan, tentunya Anda dapat menghadapi dan juga menstimulasi bayi perempuan dengan cukup mudah. Jangan lupa bahwa bayi perempuan harus diperlakukan sesuai dengan gendernya.

Waspadai Bayi Perempuan Mengalami Keputihan

Selain orang dewasa, bayi perempuan juga rentan mengalami keputihan. Hal ini tentunya Anda keliru dan juga tidak membersihkan organ intim bayi perempuan dengan sebaik-baiknya. Pemakaian popok dan juga pampers dalam keadaan lembap dan juga basah dalam waktu yang cukup lama akan menjadi beberapa penyebab penyakit yang lain. Alangkah baiknya jika popok diganti setiap 4 jam sekali atau setelah buang air besar.

Fakta Vagina Bayi Perempuan

Tidak dapat dipungkiri bahwa bayi perempuan memang diperlukan cara khusus untuk merawat bagian vagina. Hal ini tentunya menjadi cara yang harus Anda lakukan dalam merawat bagian vagina bayi perempuan. Ada beberapa fakta mengenai vagina bayi perempuan yang harus Anda ketahui, diantaranya:

– Bibir vagina bayi bengkak saat lahir

Jika Anda mendapati bibir vagina bayi perempuan bengkak saat lahir. Kondisi ini tentunya tidak perlu Anda khawatirkan bahkan beberapa bayi mengalami pembengkakan yang cukup serius. Hal ini dikarenakan adanya cairan ekstra dan juga faktor hormon pada tubuh bayi perempuan. kondisi bibr vagina akan membaik dalam waktu 10 hari.

– Ada cairan selain pipis

Pada minggu pertama sejak bayi perempuan Anda dilahirkan. Bayi akan mengalami cairan lendir yang keluar dari vagina. Hal ini juga tidak perlu Anda khawatirkan karena hanya bagian dari faktor hormon.

– Mengganti diapers lebih lama

Jika pada anak laki-laki, mengganti popok cukup mudah dan cepat. Beda halnya dengan bayi perempuan. Tentunya, ada beberapa sudut dan juga lipatan pada bagian organ genital yang memang perlu dan harus dibersihkan.  Jangan lupa untuk selalu membersihkan dari arah depan ke arah belakang ketika membersihkan organ intim wanita.

– Bayi bermain dengan alat kelamin

Seperti halnya pada bayi laki-laki, bayi perempuan juga kerap memainkan alat kelaminnya. Hal tersebut tentunya menjadi salah satu bagian dari pertumbuhan dan perkembangan bayi yang cukup normal.

Mereawat organ intim bayi perempuan memang menjadi hal yang harus Anda lakukan. Hal ini dikarenakan organ intim bayi perempuan memang lebih rentan dan juga sensitif dibandingkan dengan bayi laki-laki. Untuk itu, Anda harus secara telaten dan juga tepat dalam merawat bayi perempuan. Cara merawat bayi perempuan memang terbilang mudah dan juga susah tergantung dari langkah yang kita lakukan ketika merawat bayi tersebut. Itulah beberapa cara merawat bayi perempuan yang harus Anda lakukan sekarang juga. Semoga bermanfaat!

Loading...