Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Cepat Gemuk Yang Harus Anda Lakukan

Diposting pada

Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Cepat Gemuk – Bayi gemuk tentunya diinginkan oleh setiap orangtua. Pasalnya, bayi yang gemuk menjadi sebuah tanda bahwa gizi dan juga nutrisi si kecil terpenuhi dengan baik. Namun, tidak semua bayi yang sudah lahir dan dirawat dengan baik memiliki tubuh yang gemuk. Untuk itu kami sajikan beberapa cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk berikut ini!

Memiliki bayi yang gemuk tentunya tidak akan ditolak oleh setiap orang tua. Terkadang seorang ibu benar-benar menginginkan bayi yang ia lahirkan menjadi bayi yang gemuk dan juga sehat. Dengan berbagai cara yang dilakukan oleh orang tuanya tentunya ini menjadi sebuah tugas bagi kita untuk membuat si kecil menjadi gemuk dan juga sehat.

Tidak dapat dipungkiri bahwa tugas ini termasuk ke dalam tugas yang cukup berat dan juga sulit untuk para orangtua. Terlebih mengurus bayi yang baru lahir agar cepat gemuk. Tentunya, Anda harus tahu bahwa bayi yang baru lahir akan mendapatkan berat badan ketika berusia 14 hari. Pada masa inilah menjadi gerbang penambahan berat badan yang cukup drastis bagi si kecil. Pada usia 3-4 bulan menjadi masa dimana berat badan si kecil mulai berganda.

Namun, tidak setiap keinginan orang tua tersebut menjadi sebuah kenyataan. Meskipun memberikan asupan gizi dan juga nutrisi yang baik bagi si kecil, namun tetap saja si kecil memiliki berat badan yang kurus dan juga sulit bertambah. Terlepas dari hal tersebut tentunya ini menjadi sebuah PR besar bagi orang tua untuk mulai melakukan beberapa cara agar bayi yang dilahirkannya memiliki bobot tubuh yang gemuk tapi stabil. Tentunya, Anda juga tidak menginginkan si kecil memiliki berat badan yang berlebih atau yang sering kita sebut dengan obesitas. Untuk menjawab keinginan Anda, berikut kami sajikan beberapa cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk pada poin selanjutnya. Baca juga: 12+ Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Secara Alami

Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Cepat Gemuk

cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk

Jika Anda memiliki bayi dengan berat badan yang kurang tentunya ini menjadi sebuah masalah yang pastinya menyita pikiran Anda. Rasa gelisah dan juga khawatir akan apa yang terjadi pada si kecil tentunya ikut andil dalam pikiran tersebut. Tidak sedikit bayi yang mulai memiliki penambahan berat badan pada usia 3 bulan, namun tidak jarang juga bayi yang tidak memiliki penambahan berat badan yang cukup drastis.

Tentunya, hal tersebut seharusnya tidak menjadi beban pikiran Anda. Jika bayi Anda tidak mengalami penambahan berat badan yang cukup, namun si kecil masih tetap aktif dan juga tetap mendapatkan nutrisi yang terbaik. Kondisi tersebut tentunya jangan menjadi beban berat dalam pikiran Anda. Hal ini dikarenakan banyak bayi yang tidak mengalami penambahan berat badan, namun ternyata memiliki tubuh yang sehat dan juga kuat. Lihat juga: 10 Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi Secara Alami Yang Bisa Anda Coba

Untuk menghindari Anda mendapatkan beban pikiran yang seharusnya tidak terlalu dipikirkan. Berikut kami sajikan beberapa cara dan juga alternatif yang dapat Anda lakukan untuk membuat si kecil cepat gemuk, diantaranya:

Berikan ASI Eksklusif

Hal pertama yang menjadi sebuah cara yang harus Anda lakukan ialah dengan memberikan ASI eksklusif kepada si kecil. Pasalnya, ASI memang menjadi sumber utama makanan bayi yang pastinya sangat penting untuk tumbuh kembang si kecil. Bagaimanapun juga, ASI memang menjadi asupan gizi dan juga nutrisi yang alami dan berperan bai dalam menjaga kesehatan si kecil. Terutama jika si kecil mendapatkan kolostrum dari ibunya, tentunya ini menjadi cara yang paling ampuh dalam menjaga sistem imunitas tubuh si kecil.

Namun, ketika memberikan ASI pada si kecil tentunya Anda juga tidak terlepas dari pemberian ASI yang benar dan juga sesuai dengan prosedur. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memberikan ASI kepada si kecil, diantaranya:

– Pastikan ibu memberikan ASI yang tepat waktu atau ketika si kecil merasa haus. Biasanya bayi yang baru lahir akan merasa haus dan menerima langsung ASI dari payudara sang ibu. Untuk itu, berikanlah ASI kepada si kecil sebanyak dan juga sesering mungkin ketika bayi menginginkannya.

– Jika ibu masih merasa kesulitan dalam memberikan ASI kepada si kecil. Mintalah bantuan keluarga dan juga orang-orang sekitar untuk membantu Anda dalam memberikan ASI dengan posisi yang cukup tepat. Jika Anda termasuk pada seorang yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan ASI yang berlimpah, Anda dapat melakukan pijat laktasi yang tentunya cara yang sangat berguna untuk mendapatkan ASI yang subur dan juga lancar.

– Jika memang bayi tidak menginginkan mendapatkan ASI yang langsung dari ibunya dikarenakan puting yang cukup kecil. Anda jangan dulu memutuskan untuk memberikan susu formula tetapi cobalah untuk memerah ASI Anda dengan menggunakan alat khusus terlebih dahulu dan masukkan ke dalam dot.

– Satu hal yang jangan pernah Anda lakukan ialah membiarkan bayi menangis terus menerus karena lapar dan juga haus. Untuk itu, pakailah baju yang mendukung Anda memberikan ASI dengan cepat seperti baju yang memiliki kancing pada bagian depan.

– Jika Anda mengalami infeksi pada puting, segeralah melakukan perawatan. Kondisi ini tentunya menyebabkan ASI keluar tidak lancar dan akan tertahan di dalam. Hal ini menyebabkan si kecil tidak mau menerima ASI sehingga akan mengalami penurunan berat badan dengan cukup cepat.

Berikan Waktu Tidur Yang Tepat Bagi Bayi

Cara kedua yang dapat Anda lakukan untuk membuat bayi cepat gemuk ialah dengan memberikan waktu tidur yang tepat bagi si kecil. Bagaimanapun juga, waktu tidur memang menjadi sebuah cara yang harus Anda lakukan agar bayi dapat mengalami penambahan berat badan yang cukup sempurna. Pasalnya, bayi baru lahir memang melakukan aktivitas yaitu makan dan juga tidur. Semua bayi pastinya akan lebih banyak tidur dan juga minum ASI ataupun susu formula.

Kedua aktivitas ini memang menjadi aktivitas penting bagi bayi untuk mendapatkan berat badan yang memang diinginkan oleh kedua orang tuanya. Namun, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan terkait masalah tidur pada bayi, diantaranya:

– Berikan waktu tidur pada bayi lebih banyak karena bayi memang membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dibandingkan dengan anak-anak. Pada umumnya, bayi baru lahir akan tidur selama 16 jam per hari. Namun, ibu juga harus tetap mengatur pemberian ASI bagi si kecil. Untuk itu, ibu dapat mengikuti pola tidur bayi demi mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

– Pastikan bayi tidur ditempat yang paling nyaman dan juga aman sehingga bayi tidak jatuh dari tempat tidurnya. Jika bayi disimpan di dalam box saat tidur, jangan sampai jarak Anda dengan bayi terlalu jauh. Dengan begitu ketika bayi menangis, maka ibu akan segera bangun dan juga memberikan bayi ASI.

– Pertimbangkan bahwa tempat tidur bayi dan juga ruangan untuk bayi paling nyaman untuk membuat bayi tidur dengan nyenyak. Dengan pola tidur yang seimbang tentunya ini menjadi sebuah cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat bayi Anda cepat gemuk.

Pertimbangkan Ketika Memberikan Susu Formula Pada Bayi

Tentunya, tidak semua bayi mampu mendapatkan ASI langsung dari ibunya. Hal ini tentunya dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti ASI yang tidak lancar dan juga kondisi bayi yang tidak memungkinkan untuk mendapatkan ASI. Hal ini tentunya membuat Anda berpikir dan mulai mengganti ASI dengan susu formula.

Akan tetapi, dalam mengganti susu formula, seorang ibu harus mempertimbangkan terlebih dahulu mengenai merk susu formula yang memang cocok untuk si kecil. Seorang ibu tentunya dapat menerima saran dokter mengenai merk susu formula untuk diberikan kepada si kecil. Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis merk susu formula yang justru mengganggu sistem pencernaan si kecil. Terlebih dahulu tentunya Anda harus memeriksakan si kecil kepada dokter apakah mengalami alergi susu ataukah tidak.

Lakukan Perawatan Kulit Bayi

Hal ini memang sangat dianjurkan bagi Anda untuk melakukan perawatan kulit bayi dengan benar. Kulit bayi memang terbilang masih sensitif dan juga lembap. Untuk itu, Anda harus bisa menjaga kesehatan dan juga kelembapan kulit bayi agar tetap terjaga. Kesehatan kulit bayi dan juga penambahan berat badan pada bayi memang sangat berkaitan satu sama lain.

Jika kulit bayi sehat dan juga terjaga, maka dapat dipastikan bahwa berat badan si kecil juga dapat mengalami peningkatan. Berikut kami sajikan tips-tips yang dapat Anda lakukan dalam melakukan perawatan pada bayi, diantaranya:

– Pilihlah bedong bayi yang dapat membuat kulit bayi terasa nyaman. Berikan bayi kain bedong yang halus dan juga dapat menyerap keringat dengan baik agar terhindar dari pertumbuhan biang keringat.

– Mandikan bayi secara teratur jika memang tidak ada apa-apa dengan keadaan bayi Anda. Memandikan bayi secara teratur tentunya dapat membuat kulit bayi menjadi lebih sehat dan juga lebih lembap serta bayi dapat terhindar dari penyakit kulit lainnya. Ketika kulit bayi sehat tentunya bayi akan mendapatkan tidur yang nyenyak sehingga berat badan bayi akan bertambah dengan sangat cepat.

– Hindari penggunaan semua jenis produk untuk kulit bayi secara berlebihan. Jika Anda sudah menemukan produk yang cocok untuk bayi Anda, jangan lah lagi menggunakan produk yang lain karena ditakutkan akan menimbulkan alergi pada kulit bayi. Jenis produk bayi tentunya dapat menyebabkan bayi mengalami iritasi dan akan terkena infeksi kulit.

Cobalah Menenangkan Bayi Dengan Tepat

Menenangkan bayi tentunya menjadi hal yang harus Anda lakukan demi mendapatkan pertumbuhan badan si kecil. Bayi yang rewel dan juga sering menangis tentunya akan membuat bayi cenderung mendapatkan penurunan berat badan pada bayi. Hal ini mungkin dapat disebabkan oleh bayi yang lapar dan juga jam tidur yang tidak cukup.

Tidak dapat dipungkiri bahwa bayi memang selalu rewel dan juga mudah menangis. Tidak heran jika Anda merasakan kesulitan dalam mengurus si kecil dan dampaknya akan membuat si kecil mengalami penurunan berat badan. Untuk itu, diperlukan tips dan juga cara untuk menenangkan si kecil seperti pada berikut ini:

– Ketika bayi rewel dan juga mudah menangis tentunya ini menjadi satu kondisi seperti berada di dalam rahim. Anda tentunya dapat menggendong dan juga mengayun bayi agar membuat bayi menjadi lebih tenang.

– Ketika bayi tidak nyaman tentunya akan memberikan tanda seperti menangis dan juga rewel. Untuk itu, berikan posisi yang nyaman dan juga kenali apa yang membuat bayi Anda merasa tidak nyaman. Selain itu, Anda juga dapat memutar lagu atau suara yang dapat membuat bayi Anda merasa sedikit nyaman.

Itulah beberapa tips dan juga cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk yang wajib untuk Anda lakukan sekarang juga. Semoga bermanfaat!

Loading...