Cara Merangsang Otak Bayi dengan Aktivitas Sederhana

Merangsang otak bayi dapat dilakukan sejak dini dengan aktivitas sederhana. Untuk mengoptimalkan otak bayi anda, penting mengetahui cara merangsang otak bayi.

Memiliki anak yang sehat dan cerdas merupakan harapan semua orang tua. Orang tua percaya bahwa kemampuan atau bakat yang dimiliki anak merupakan warisan dari orangtuanya. Kemampuan tersebut akan semakin optimal apabila didukung sejak usia anak masih dini.

Otak bayi baru lahir terdiri dari 100 milyar sel. Dimana sebagian dari sel tersebut sudah terhubung sejak lahir, dan akan berakhir ketika si kecil berusia 3 tahun. Hingga bayi berusia 6 bulan, maka otaknya 75% besar otak dewasa dan hingga bayi berusia 8 bulan, otak bayi cukup dalam menanggapi kejadian di sekitarnya.

Cara Merangsang Otak Bayi

Untuk mengoptimalkan kemampuan otak bayi, anda dapat merangsang atau menstimulasinya. Dimana rangsangan yang diberikan dapat anda lakukan sejak usia dini.

Melatih Kemampuan Otak Bayi

Stimulasi dapat anda lakukan dengan merangsang motorik kasar dan motorik halus pada bagian kaki, jari-jari dan tangan, mengajak si kecil berkomunikasi, membuatnya merasa bahagia dan hindari stres saat anda mengasuh si kecil.

Rangsangan yang dilakukan sejak dini atau sejak si kecil lahir, yang mana rangsangan tersebut dilakukan dengan konsisten, bervariasi dengan kasih sayang, maka dapat membantu dalam memacu berbagai aspek kecerdasan anak seperti misalkan kecerdasan emosional, kecerdasan matematis, kecerdasan musikal, gerak, seni rupa, komunikasi bahasa dan lain sebagainya.

Cara Merangsang Otak Bayi

Pijat bayi

Pijat bayi dilakukan untuk merangsang otaknya. Anda dapat melakukan pijat bayi dengan santai. Setiap pijatan yang anda lakukan dapat membantu merangsang sel saraf otak bayi anda untuk saling terhubung.

Senam ringan

Selain pijat bayi, senam ringan dapat membantu merangsang otak bayi. Lakukan senam ringan untuk bayi anda. Gerakan senam ringan yang dapat anda lakukan di antaranya yaitu dengan melakukan gerakan tangan menyilang di depan dada sebanyak 4 kali, gerakan kaki si kecil seperti mengayuh sepeda, sebanyak 4 hitungan. Bayi akan menikmati gerakan senam ringan ini, yang terpenting hindari melakukannya terlalu lama.

Berkomunikasi

Apapun yang sedang dilakukan, anda dapat berbicara atau berkomunikasi dengan bayi anda. Bayi akan belajar bahasa dan berbicara. Ketika berbicara dan memberikan jeda pada akhir kalimat, berarti anda sudah mengajarkan pola berbicara kepada anak anda.

Untuk merangsang otak bayi anda, anda dapat berbicara dengan intonasi yang berubah ekstrem.

Nyanyikan lagu yang sama

Cobalah untuk menyanyikan lagu yang sama setiap hari untuk bayi anda. Bayi akan belajar memprediksi dan menghafal lagu yang anda nyanyikan tersebut.

Permainan sederhana

Untuk mengajarkan bayi anda pada objek permanen, anda dapat mengajaknya bermain ciluk ba. Ini akan memberikan landasan kepercayaan si kecil kepada anda.

Anda dapat menunjukan gambar dari buku bayi dengan warna yang mencolok. Agar bayi tidak bingung, hindari menunjukan gambar lebih dari 2.

Anda dapat mencoba untuk bertepuk tangan atau bernyanyi di hadapan si kecil. Ini dilakukan agar bayi anda dapat menirukan apa yang anda lakukan. Tepuk tangan sangat penting untuk koordinasi kedua belah otak bayi.

Merubah posisi bayi

Setiap 30 menit, anda dapat merubah posisi bayi anda agar ia dapat melihat keadaan di sekelilingnya dari beberapa sudut pandang. Tengkurap, berdiri tegak, menggendong di pangkuan, menggoyang kaki anda ketika si kecil berada di pangkuan dapat dilakukan untuk mengajarkannya gerak.

Ajak bayi ke luar rumah

Ajaklah bayi anda ke luar rumah. Kemudian, anda dapat menunjukan berbagai benda yang berada di luar rumah kepada bayi anda. Selain itu, anda juga dapat menunjukan berbagai makhluk hidup.
Ketika mengajak bayi ke luar rumah, anda dapat mengenalkannya pada anak-anak lainnya. Ajaklah bayi anda untuk melihat anak yang usianya lebih tua darinya bermain. Anda juga dapat mengenalkan si kecil kepada saudaranya.

Memeluk dan menunjukan rasa cinta

Salah satu rangsangan yang tidak kalah penting yaitu dengan memeluk bayi anda. Memeluk bayi dapat memberikan rangsangan, sekaligus mengenalkan rasa kasih sayang dan cinta.

Benda aneka tekstur

Berikan benda dengan berbagai tekstur pada bayi anda untuk disentuh.

Menguji pendengaran

Untuk menguji pendengaran bayi anda, anda dapat membunyikan rattle dekat telinga si kecil. Arahkan rattle ke belakang. Hal seperti ini dilakukan untuk melatih bayi memusatkan pendengarannya terhadap bunyi-bunyian yang ia dengar.

Tips Memberikan Rangsangan Pada Bayi

Rangsangan atau stimulasi dapat anda berikan setiap ada kesempatan untuk berinteraksi dengan bayi anda. Lakukan stimulasi ini dengan konsisten, secara terus menerus, bervariasi disesuaikan dengan perkembangan kemampuannya. Pastikan stimulasi dilakukan oleh keluarga. Ketika hendak melakukan stimulasi, pastikan suasana menyenangkan dan gembira agar si kecil merasa senang dan nyaman.

Hindari merangsang atau memberikan stimulasi pada si kecil dengan terburu-buru. Jika si kecil menolak, hindari untuk memaksanya. Pastikan berikan rangsangan dengan memperhatikan keinginan atau minat si kecil. Ketika melakukan stimulasi, hindari menunjukan sikap marah, sebal, bosan atau sikap negatif yang lainnya karena akan merangsang emosi negatif pada bayi anda.

Intinya, apa yang anda lakukan, ucapkan ketika sedang berinteraksi dengan bayi anda adalah stimulasi yang akan diingat, direkam kemudian ditiru oleh si kecil.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *