Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Agar Tidak Mudah Sakit

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak – Sistem imun tubuh anak-anak belum sempurna. Terlebih lagi si kecil belum mengerti dengan kebersihan di sekelilingnya. Sehingga anak-anak biasanya lebih rentan terpapar penyakit dan mudah sakit. Oleh karena itu, sebagai orangtua anda harus memperhatikan dan menjaga kebersihan lingkungan atau tubuh si kecil.

Orangtua harus berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil agar tidak mudah sakit. Beberapa cara dapat dilakukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh si kecil seperti berikut ini.

Baca juga : Tips Merawat Kulit Bayi Agar Tetap Sehat

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Agar Tidak Mudah Sakit

Adapun cara meningkatkan daya tahan tubuh anak yang dapat anda lakukan agar si kecil tidak mudah sakit seperti berikut ini.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

ASI merupakan makanan utama bayi baru lahir sebagai antibodi yang akan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Selain itu, ada banyak manfaat ASI yang lainnya. Seiring bertambahnya usia si kecil dan ia sudah diberikan makanan pendamping ASI, buah-buahan dan sayuran bagus untuk kesehatan maupun perkembangan tubuh si kecil. Pada beberapa sayuran dan buah-buahan terkandung fitonutrien yang dapat membantu membuat sistem kekebalan tubuh meningkat karena akan memperbanyak produksi sel darah putih, serta interferon yang dapat melawan infeksi virus maupun bakteri. Makanan tersebut juga akan melindungi si kecil dari penyakit kronis. Anda bisa menyajikan kacang hijau, wortel, jeruk, brokoli dan stroberi pada menu makanan si kecil. Sedangkan untuk cemilan anda bisa menyiapkan salad buah, yogurt atau kacang-kacangan. Pastikan anda memberikan makanan dengan porsi yang sesuai dengan usia si kecil. Karena jika si kecil terlalu banyak makan akan membuat si kecil rentan memiliki berat badan yang berlebih.

Perhatikan Waktu Tidur Si Kecil

Berdasarkan studi menunjukan bahwa orang dewasa dengan waktu tidur yang kurang akan mudah sakit, sebab sistem kekebalan tubuh gagal dalam melawan infeksi bakteri, virus ataupun sel kanker. Untuk anak-anak hal ini juga berlaku. Oleh karena itu, sebaiknya anda memperhatikan waktu tidur si kecil.

Mengajak Si Kecil Berolahraga

Olahraga akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil, terlebih lagi jika dilakukan rutin. Anda bisa mengajak si kecil melakukan olahraga. Selain kesehatan anak yang terjaga, anda juga akan ikut sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menular pada si kecil.

Menjaga Kebersihan

Anda harus menjaga kebersihan lingkungan anak dan juga mengawasi kebersihan tubuhnya. Anda dapat mengajarkan si kecil untuk rutin membersihkan tangan dengan air. Karena anak biasanya sering memasukan tangannya ke dalam mulut. Selain itu, perhatikan juga kebersihan mainan si kecil.

Jauhkan Si Kecil dari Asap Rokok

Anda harus menjauhkan si kecil dari asap rokok maupun asap kendaraan. Asap ini akan dapat menyebabkan organ pernapasan si kecil teriritasi. Jika ada anggota keluarga yang merokok sebaiknya sarankan untuk merokok di luar rumah. Apabila bepergian ke luar rumah, anda bisa menggunakan masker pada si kecil untuk mengurangi paparan polusi.

Rutin Periksa Kesehatan Anak

Anda harus memeriksakan kesehatan si kecil dengan berkala. Hal ini dilakukan untuk memeriksa kemungkinan penyakit yang gejalanya biasanya disepelekan.

Itulah beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit. Anda juga dapat berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui lebih lengkapnya mengenai cara meningkatkan daya tahan tubuh anak supaya tidak mudah sakit.

 

Loading...