Cara Mengolah Brokoli Untuk Bayi Sebagai MPASI

Salah satu sayuran yang baik untuk MPASI bayi yaitu brokoli. Cara mengolah brokoli untuk bayi sebagai MPASI sangat mudah. Anda dapat membuat makanan sehat berbahan dasar brokoli untuk buah hati tercinta.

Setelah bayi mengenal MPASI, maka tugas orangtua yaitu mengolah dan menyajikan makanan sehat untuk bayi. Pada masa pertumbuhannya, anak membutuhkan nutrisi yang banyak. Agar kebutuhan nutrisi harian si kecil terpenuhi, maka anda harus memberikan makanan sehat.

Alternatif makanan sehat yang tepat diberikan pada bayi yaitu sayuran. Dimana salah satu sayuran sehat yang dapat anda olah sebagai MPASI bayi yaitu brokoli. Khasiat brokoli untuk menunjang tumbuh kembang si kecil tidak bisa kita ragukan lagi. Pasalnya, sayuran ini memiliki banyak manfaat dan mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan bayi.

Cara Mengolah Brokoli Untuk Bayi

Lantas apa saja manfaat brokoli untuk bayi? Berikut ini beberapa manfaat brokoli untuk bayi.

Manfaat Brokoli Untuk Bayi

Meningkatkan Sistem Imun Bayi

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang tinggi akan kandungan vitamin C. Dimana manfaat dari vitamin C itu sendiri yaitu sebagai antioksidan yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Kandungan fitonutrien dan fitokimia dalam sayur brokoli bermanfaat untuk mengeluarkan racun dan zat barbahaya yang lainnya dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Brokoli mengandung serat yang cukup tinggi. Mengkonsumsi brokoli dapat bermanfaat untuk mencegah sembelit pada bayi.

Mencegah Alergi

Brokoli mengandung anti-inflamasi yang memiliki peran penting untuk meminimalisir alergi pada bayi. Antiinflamasi yang terdapat pada brokoli bermanfaat untuk mencegah kerusakan pembuluh darah.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium dan vitamin K pada brokoli bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Sayuran brokoli cocok untuk si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan untuk proses pembentukan, serta pemadatan tulang.

Detoksifikasi

Senyawa fitonutrien terkandung dalam brokoli. Dimana senyawa ini memiliki peran untuk mengeluarkan dan menetralkan racun dari dalam tubuh. Sehingga efeknya si kecil akan terhindar dari penyakit dan ia tidak akan menjadi mudah sakit.

Cara Mengolah Brokoli Untuk MPASI Bayi

Memilih Brokoli

Pada saat membeli brokoli untuk MPASI bayi, pilihlah brokoli yang masih dalam keadaan segar. Pilihlah brokoli dengan kuntum yang memiliki warna seragam. Warna kuntum brokoli itu sendiri bisa berwarna hijau ataupun ungu kehijauan. Sebaiknya hindari membeli brokoli dengan kuntum berwarna keabuan atau terdapat jamur. Jika brokoli sudah anda beli, maka simpanlah brokoli dalam plastik terbuka dalam kulkas. Jika disimpan dalam kulkas, bahan makanan ini akan tahan hingga mencapai 4 hari.

Persiapan Mengolah Brokoli

Bagian terbaik dari brokoli untuk MPASI bayi yaitu kuntumnya. Akan tetapi, tidak jarang pada kuntum brokoli terdapat ulat. Untuk itu, agar brokoli benar-bebar bersih sebelum diolah menjadi makanan bayi, sebaiknya potong kuntum brokoli kecil-kecil. Kemudian rendam brokoli dengan menggunakan air garam. Dengan direndam dalam air garam ulat brokoli akan terlepas dengan sendirinya. Jika sudah, sebaiknya kembali cuci brokoli sampai bersih dengan menggunakan air mengalir.

Resep Puree Brokoli

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 1 bonggol brokoli
  • 1 bonggol kembang kol
  • ASI atau susu formula secukupnya

Cara Membuat Puree Brokoli

  1. Jika brokoli dan kembang kol sudah anda cuci, maka anda dapat mengukusnya sampai matang atau lunak.
  2. Kemudian, haluskan brokoli dan kembang kol dalam blender. Lalu cairkan bahan-bahan dengan menggunakan ASI atau susu formula yang sudah disiapkan.
  3. Jika sudah, anda dapat langsung menyajikannya untuk si kecil.

Resep Puree Brokoli Wortel

Bahan Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Puree Brokoli Wortel

  • 50 gram brokoli
  • 50 gram wortel
  • ASI atau susu formula

Cara Membuat Puree Brokoli Wortel

  1. Langkah pertama, ambil brokoli yang sudah anda siapkan dan cuci bersama dengan wortel.
  2. Kemudian, potong brokoli sesuai dengan kuntum.
  3. Kukus brokoli dengan wortel yang sebelumnya sudah dipotong kecil. Jika kedua bahan tersebut sudah matang atau lunak, anda dapat mengangkatnya.
  4. Haluskan sayuran dengan menggunakan blender bersama dengan ASI atau susu formula untuk mencairkan.
  5. Jika sudah halus, anda dapat menuangkannya ke dalam mangkuk kecil. Lalu sajikan pada si kecil.

Resep Bubur Susu Beras Merah Brokoli

Bahan Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Bubur Susu Beras Merah Brokoli

  • 6 kuntum brokoli
  • 3 sendok makan tepung beras
  • 2 sendok teh susu formula
  • 450 ml air

Cara Membuat Bubur Susu Beras Merah Brokoli

  1. Pertama, ambil brokoli yang sudah anda bersihkan. Lalu rebus brokoli sampai benar-benar matang dan empuk. Jika sudah, anda dapat menghaluskan brokoli. Lalu campurkan dengan air, susu formula dan tepung beras merah. Aduk-aduk semua bahan tersebut sampai merata.
  2. Masak semua bahan sambil diaduk-aduk hingga kental dan matang. Jika sudah seperti itu, anda dapat langsung mengangkatnya lalu masukan ke dalam wadah kecil.
    Selanjutnya, sajikan bubur susu ini pada bayi anda.

Itulah cara mengolah brokoli untuk MPASI bayi atau beberapa resep brokoli untuk MPASI. Dalam menyajikan menu untuk MPASI bayi, anda harus memperhatikan bahan-bahan yang akan digunakan. Buatlah menu makanan yang sehat dan mengandung gizi seimbang untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *