Cara Mengobati Luka Memar Pada Bayi dengan Baik

Cara Mengobati luka Memar Pada Bayi dengan Baik – Bayi dan balita yang mulai aktif bergerak seringkali rentan terkena dengan masalah. Apalagi saat ibu lengah masalah seperti jatuh atau terbentur akan mudah mereka alami. Akibatnya kondisi ini seringkali membuat luka memar mudah dijumpai pada bayi. Namun tak perlu panik menghadapi kondisi ini ketika ibu tahu cara mengobati lika memar pada bayi dengan baik.

Anak-anak pada masa aktifnya memang senang sekali bermain dan berlarian. Yang biasanya tak jarang hal ini mengundang masalah seperrti jatuh atau terbentur ketika bermain. Akibatnya kondisi ini membuat mereka mengalami luka memar pada bagian tubuhnya.

Kondisi seperti ini akan tentu menyebabkan rasa khawatir yang besar pada sebagian orangtua. Betapa tidak, memang pada anak akan membuat tubuh mereka membengkak. Kondisi peradangan pada luka memar pun akan mungkin membuat mereka rewel akibat rasa sakit.

Sementara itu, luka memar dapat terjadi pada saat pembuluh darah halus yang berada pada jarukan lunak dekat dengan permukaan kulit terputus. Hal ini biasanya terjadi sebab adanya benturan yang cukup keras.

Cara Mengobati Luka Memar Pada Bayi dengan Baik

Dengan begini maka darah dari bagian pembuluh darah akan merembes pada bagian sekitarnya yang berada pada bagian bawah lapisan kulit. Ketika menjumpai kondisi ini maka sebaiknya bawa si kecil ke dokter. Akan tetapi, ketika luka memar tidak seberapa maka anda dapat melakukan pengobatan dirumah.

Cara Mengobati luka Memar Pada Bayi dengan Baik

Anak atau bayi yang mengalami luka memar akan cenderung membuat orangtua kaget dan panik dengan kondisi ini. Sehingga demikian, pengobatan yang seharusnya dilakukan dengan cepat malah tertunda karena konsentrasi yang terpecah. Akan tetapi, kasus ini tidak akan lagi ditemui saat anda menyimak cara mengobati luka memar pada bayi dibawah ini.

Kompres dengan Air Es

Apabila luka memar yang dialami oleh si buah hati rupanya hanya berupa memar kecil atau tergores. Maka penanganan ini akan dapat anda lakukan dirumah dengan mudah. Salah satunya adalah dengan melakukan pengompresan dengan menggunakan air es.

Air es akan dapat meredakan memar yang dialami. Hal ini dikarenakan sifat dingin yang menenangkan dari bahan ini akan mampu mengempeskan bengkak yang dirasakan. Untuk itu, silahkan manfaatkan bahan ini untuk mengompresnya pada luka memar buah hati anda. Adapun cara yang dapat dilakukan adalah dengan memperhatikan beberapa hal dibawah ini.

  • Siapkan sebuah lap bersih yang halus.
  • Lalu tuangkan air es kedalam baskom yang sedang.
  • Setelah itu, celupkan kain kedalamnya dan peras sedikit dengan perlahan.
  • Lalu gunakan bahan ini untuk mengompress bagian luka pada buah hati anda.
  • Lakukan dengan perlahan dan tunggu selama kurang lebih 10 menit.
  • Perlahan luka memar yang dialami akan dapat mereda dengan berangsur.

Gunakan Minyak Olesan

Memanfaatkan minyak olesan yang hanya menimbulkan rasa panas atau dingin pada tubuh akan baik diberikan. Untuk itu, silahkan oleskan minyak kayu putih atau telon pada bagian luka memar anak.

Oleskan Secara Tipis dan Merata

Bila anda menggunakan bahan olesan sebaiknya hanya gunakan pada bagian luar tubuh bayi saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa perih yang menyiksa. Selain itu, oleskan dengan tipis dan merata agar si kecil merasa lebih baik.

Gunakan Kompressan Siap Pakai

Selain menggunakan air es, saat ini sudah ada banyak kompresan instan siap pakai. Untuk mempermudah anda bisa menggunakan bahan kompresan ini dengan baik pada tubuh si kecil.

Loading...