Cara Menghilangkan Dahak Pada Anak dengan Mudah dan Alami

Cara Menghilangkan Dahak Pada Anak  – Adanya dahak pada tenggorokan akan membuat kita tidak nyaman, terlebih lagi jika dialami oleh anak-anak. Adanya dahak di tenggorokan akan dapat membuat si kecil menjadi rewel. Untuk membantu menghilangkan dahak pada anak, ada beberapa cara mudah dan alami yang bisa dilakukan. Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan sederhana yang bisa ditemukan di rumah dengan mudah.

Lantas seperti apa cara menghilangkan dahak pada anak? Untuk mengetahuinya anda bisa simak pada pembahasan di bawah ini.

Cara Menghilangkan Dahak Pada Anak

Cara Menghilangkan Dahak Pada Anak dengan Mudah dan Alami

Cara mudah menghilangkan dahak pada anak dengan menggunakan bahan-bahan yang terdapat di rumah. Berikut cara menghilangkan dahak pada si kecil dengan bahan alami dan mudah dilakukan.

Konsumsi Air Putih yang Cukup

Minum air putih dianjurkan agar tubuh terhindar dari masalah dehidrasi. Minum air putih juga menjadi salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menghilangkan penumpukan dahak. Tidak hanya bisa membantu menghilangkan dahak pada anak, minum air putih yang cukup juga akan membantu tubuh untuk melawan infeksi. Anda bisa mencoba memberikan si kecil air putih hangat untuk membantu meredakan dahak yang menumpuk dengan cepat.

Baca juga : Tips Atasi Pilek Pada Bayi Saat Liburan

Berikan Madu

Seperti yang kita ketahui, madu merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat madu yaitu dapat membantu menghilangkan dahak. Jika warna madunya semakin gelap, maka antioksidan yang terkandungnya akan semakin banyak, sehingga akan semakin efektif untuk mengatasi gejala yang anak alami.

Anda dapat memberikan madu pada anak setengah sendok teh per 11 kg berat badan si kecil. Madu dapat anda berikan sebanyak 4 hingga 5 kali perhari, dengan dosis sesuai berat badan ketika itu.

Namun, hal yang perlu anda ingat yaitu, jika anak anda usianya di bawah 2 tahun, hindari memberikan madu dan anda bisa segera memeriksakan si kecil pada dokter.

Mengonsumsi Jus Lemon

Buah yang satu ini sering dimanfaatkan untuk kesehatan maupun kecantikan. Anda bisa membuatnya menjadi jus untuk menghilangkan dahak. Jus lemon memiliki rasa yang asam dan mungkin anak tidak menyukainya. Namun, jus lemon ini terbilang ampuh untuk mengatasi penumpukan dahak pada tenggorokan si kecil. Anda tidak perlu memberikan jus lemon dalam jumlah banyak untuk si kecil, anda cukup memberikannya sebanyak 1 sendok teh per 3 jam sekali.

Setelah minum jus lemon, anak pastikan minum air putih dengan cukup. Pasalnya, jus lemon akan dapat menyebabkan anak mengalami dehidrasi.

Mandi dengan Menggunakan Air Hangat

Selain cara-cara di atas, cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan dahak  yaitu memandikan si kecil menggunakan air hangat. Cara ini akan dapat membantu saluran pernapasan anak yang tersumbat menjadi lega yang disebabkan karena penumpukan dahak.

Selain itu, mandi dengan air hangat selama sekitar 10 menit bermanfaat baik bagi kesehatan, misalkan membuat aliran darah lebih lancar, membantu meringankan gejala pilek dan membersihkan kuman penyakit.

Artikel lainnya : Tanda Sakit Kepala Berbahaya Pada Anak Yang Wajib Anda Ketahui

Itulah beberapa cara mudah dan alami menghilangkan dahak pada anak. Jika kondisi anak tidak kunjung membaik, alangkah lebih baik jika anda membawanya ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Loading...