12+ Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Secara Alami

Diposting pada

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi – Bayi tentunya sangat rentan mengalami perut kembung yang tentu disebabkan oleh beberapa faktor. Perut kembung pada bayi tentunya harus segera di atasi. Jika tidak, kondisi ini tentunya akan lebih memperparah keadaan bayi sehingga bayi akan senantiasa rewel. Untuk itu, kami sajikan beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi yang tentu dapat Anda lakukan sekarang juga!

Jika bayi mengalami perut kembung pastinya ini menjadi sebuah masalah yang cukup berat bagi kita sebagai orangtuanya. Hal ini dikarenakan bayi akan terus rewel dan juga sulit untuk beraktivitas seperti biasanya. Perut kembung pada bayi tentunya dialami baik oleh bayi baru lahir maupun abyi yang sudah menginjak usia balita. Tentunya, perut kembung pada bayi dapat ditandai dengan bayi yang terus menangis, sulit tidur dan juga sering menggeliat. Baca juga: 10 Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi Secara Alami Yang Bisa Anda Coba

Jika Anda menemukan tanda tersebut pada bayi Anda, dapat dipastikan bahwa bayi Anda terkena perut kembung. Bagaimanapun juga, perut kembung pada bayi akan memberikan tanda-tanda yang mengekspresikan bayi merasa tidak nyaman serta tidak segan-segan untuk menolak ASI ataupun susu formula. Perut kembung menjadi tanda bahwa adanya angin yang masuk ke dalam tubuh bayi sehingga membuat perut bayi sedikit keras dann juga tidak nyaman.

Jika bayi Anda merasakan hal tersebut, jangan terlalu khawatir. Alangkah baiknya jika Anda mencari solusi dan juga alternatif yang dapat Anda lakukan untuk meringankan perut kembung tersebut pada bayi Anda. Untuk itu, kami sajikan beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi secara alami berikut ini!

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

cara mengatasi perut kembung pada bayi

Peurt kembung pada bayi juga dapat disebabkan oleh adanya masalah pada pencernaan perut bayi. Hal ini dikarenakan bayi yang belum memiliki sistem pencernaan yang belum bekerja sempurna sehingga dapat memungkinkan beberapa masalah terjadi. Masalah pencernaan tentunya mengakibatkan adanya angin yang berkumpul di dalam perut bayi. Kemungkinan kondisi ini ada kaitannya dengan terlalu banyak dan lama ketika ia menyusu. Lihat juga: Penyebab Sindrom Edward Pada Bayi | Gejala & Cara Mencegahnya

Jika bayi terlalu lama menyusu tentunya rentan angin untuk masuk ke dalam perut bersama dengan susu. Mungkin, beberapa tips alami dibawah ini dapat membantu Anda sebagai cara mengatasi perut kembung pada bayi. Yuk kita langsung simak saja berikut ini!

Kurangi susu formula

Cara pertama yang dapat Anda lakukan ialah dengan mengurangi pemberian susu formula untuk bayi. Terlebih jika memberikan takaran yang cukup banyak pada bayi, hal ini tentunya akan mengakibatkan bayi mengalami kesakitan. Kondisi ini tentunya dapat berakibat bayi mengalami sembelit sehingga susah untuk buang air besar.

Seperti yang sudah kita tahu bahwa susu formula memang lebih banyak air daripada kandungan susu didalamnya. Tidak heran jika bayi yang diberikan susu formula lebih rentan mengalami perut kembung dibandingkan dengan yang diberi ASI. Bahkan jika bayi sering mengalami perut kembung dapat menjadi ciri bahwa ia terkena alergi susu. Jika dibiarkan, maka kondisi ini akan menjadi lebih serius dan membutuhkan penangan dokter. Anda juga dapat mengganti merk susu formula yang biasa digunakan untuk mengatasi kemungkinan susu tersebut tidak cocok untuk bayi Anda.

Gosok perut bayi

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang kedua ialah dengan mencoba menggosok perut bayi dengan kedua tangan Anda secara perlahan. Selain itu, cara ini dipercaya dapat membuat tubuh bayi menjadi lebih hangat. Jika perut bayi ditepuk tentunya akan keluar suara nyaring dari dalam perut bayi.

Cara yang dapat Anda lakukan ialah dengan menggosok peurt bayi dari arah punggung hingga ke pusar. Lalu, beri tekanan yang cukup lembut saat akan mendekati pusar bayi. Namun, Anda jangan terlalu keras dalam menekan perut bayi karena akan membuat perut bayi Anda sakit.

Biarkan bayi bergerak aktif

Dengan membiarkan bayi bergerak dengan aktif tentunya dapat mengurangi angin di dalam perut. Aktif bergerak akan memungkinkan bayi untuk membuang gas secara tiba-tiba. Hal yang tidak dianjurkan bagi Anda tentunya jangan terlalu sering menggendong bayi karena akan membatasi bayi untuk bergerak kurang aktif.

Selain itu, bergerak bebas dapat membuat pekembangan fisik dan juga otak bayi berjalan secara sempurna. Ajaklah anak Anda bermain dan melatih fisik sesuai dengan kemampuannya. Berbagai macam gerakan ini akan mengundang bayi untuk bersendawa sehingga akan mengurangi angin yang berkumpul di dalam perut bayi.

Mandikan bayi dengan air hangat

Ketika bayi Anda sedang kembung tentunya jangan sekali-sekali memandikannya dengan menggunakan air dingin. Hal ini tentunya akan lebih memperparah keadaan perut bayi. Mandi dengan menggunakan air hangat tentunya sebagai cara yang biasa dilakukan baik pada bayi baru lahir ataupun bayi yang sudah berbulan-bulan.

Cara ini terbilang efektif dimana air hangat dapat membuat perut bayi menjadi lebih nyaman. Namun, jika bayi biasa menerima asupan susu formula atau sudah diberikan MPPASI. Memberikan bayi sedikit air hangat untuk diminum memang lebih dianjurkan bagi Anda.

Buatlah bayi bergerak lebih aktif

Perkembangan fisik sesuai dengan usia tentunya membuat bayi lebih aktif bergerak dari usia sebelumnya. Untuk itu, jika bayi mengalami perut kembung, biarkan bayi bergerak lebih aktif dan juga lincah. Gerakan ini tentunya dapat membantu bayi untuk menghilangkan gas sendiri di dalam perutnya.

Ketika bayi bergerak tentunya Anda jangan membatasi gerakan pada bayi karena bayi memiliki naluri alami untuk melakukan gerakannya sendiri. Maka dari itu, biarkan bayi melakukan gerakan sendiri seperti berguling-guling atau mengangkat kakinya ke atas. Gerakan menekan otot kaki ke dalam perut dapat membuat hilang dengan sendirinya. Cara ini juga dapat membuat bayi dapat agar cepat berjalan dengan mudah dan cepat.

Tepuk punggung bayi

Tentunya, perut kembung pada bayi dapat menjadi masalah yang cukup serius karena angin yang terperangkap di dalam perut bayi. Kondisi ini dapat terjadi setelah bayi minum ASI, susu formula dan juga pendamping ASI lainnya. Selain itu, efek dari makanan dan juga minuman yang masuk ke dalam perut bayi menyebabkan bayi bersendawa.

Jika bayi sudah dalam posisi tegak pada otot leher tentunya Anda dapat menepuk ringan pada bagian punggung bayi tersebut. Lakukan gerakan lembut ini sampai bayi bisa bersendawa. Biasanya setelah bayi bersendawa, maka perut kembung pada bayi akan sembuh dengan cepat. Cara ini juga membantu bayi bersendawa dan mengatasi gumoh pada bayi.

Susui bayi dengan benar

Kesalahan yang sering dilakukan oleh para orangtua dalam menyusui anaknya memang sangat sering terjadi. Teknik menyusui bayi yang salah tentunya dapat menyebabkan perut bayi menjadi kembung. Tentunya, Anda harus melakukan cara yang terbaik sebagai teknik yang benar ketika menyusui bayi.

Jaga kepala dan juga leher lebih tinggi dibandingkan dengan perut bayi, jangan biarkan bayi terlalu cepat dalam mengisap ASI, usahakan bayi dalam posisi yang tepat untuk menghindari angin masuk bersama dengan susu. Selain itu, jika botol susu sudah habis, bantulah bayi untuk menegak susu agar bayi tidak banyak menghisap udara yang menyebabkan perut kembung pada bayi.

Pijat bayi

Cara mengatasi perut kembung pada bayi dapat dilakukan dengan cara melakukan teknik pijat pada bayi. Teknik pijat yang biasa dilakukan pada bayi ini memang menjadi cara sekaligus alternatif untuk mengatasi perut kembung pada bayi. Pijatan pada bayi tentunya dapat dilakukan pada seluruh badan bayi.

Pijat pada bayi yang benar dapat dimulai dari kedua kaki, tangan, perut lalu punggung bayi. Jika Anda tidak dapat melakukannya sendiri atau takut, Anda dapat membawa bayi ke klinik babyspa yang saat ini mulai banyak bermunculan. Saat pijat umumnya bayi menggunakan minyak penghangat seperti minyak telon atau minyak kelapa untuk menghangatkan perut dan juga tubuh bayi.

Jangan biarkan bayi menghisap ASI terlalu lambat dan cepat

Memberikan ASI memang menjadi sebuah peranan yang penting bagi Anda. Namun, tentunya Anda harus melakukan teknik menyusui dengan benar. Jangan sampai bayi terlalu cepat dan juga lambat ketika menyusu karena akan membuat angin lebih banyak masuk ke dalam perut bayi.

Memberikan ASI tentunya harus dilakukan sesuai dengan usia bayi. Jika bayi sudah bisa menyusui sambil tidur, hal ini tentunya dapat Anda coba. Jika bayi terlalu lama menghisap puting, alangkah baiknya agak sedikit ditekan untuk menghentikan ASI. Langkah ini juga cukup penting untuk membantu agar bayi tidak tersedak.

Biarkan Anda bersendawa setelah minum susu

Setelah bayi minum susu tentunya Anda harus membuat bayi agar bersendawa terlebih dahulu. Ketika bayi tidak dibiarkan bersendawa tentunya akan membuat angin berkumpul di dalam perut bersamaan dengan susu sehingga menyebabkan perut bayi menjadi kembung. Bersendawa memang sangat dianjurkan agar dapat melegakan otot diafragma di dalam perut bayi.

Hal ini tentunya dapat mengatasi agar udara tidak terperangkap di dalam perut bayi. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan seperti menggendong bayi, menepuk punggung bayi dan juga menegakkan kepala bayi. Cara ini juga dapat digunakan sebagai cara untuk mengatasi muntah pada bayi setelah diberikan ASI.

Posisikan bayi seperti akan terbang

Gerakan seperti membuat bayi akan terbang tentunya dapat membantu melapaskan gas yang ada di dalam perut bayi. Cara yang dapat Anda lakukan ialah dengan membuat wajah bayi ada di lengan Anda, sedangkan kaki berada di lengan yang lain. Berat badan pada bayi bertumpu pada perut bayi, lalu gosok lembut bagian punggung bayi. Gerakan seperti bayi akan terbang tersebut tentunya dapat membantu bayi untuk membuang gas di dalam perut sehingga akan membuat bayi menjadi lebih nyaman.

Biarkan bayi tengkurak cukup lama

Cara mengatasi perut kembung pada bayi tentunya dapat dilakukan dengan membiarkan bayi tengkurap sedikit lama. Ketika bayi sedang tengkurap tentunya Anda dapat melihat ekspresinya, apakah bayi merasa sakit nyaman ataukah memperlihatkan wajah yang aneh.

Ketika bayi tengkurap tentunya akan memberikan sedikit tekanan dari perut bayi sehingga akan membantu bayi mengeluarkan gas. Hal ini tentunya dapat ditandai dengan bayi yang buang angin dan juga bersendawa. Selain itu, Anda dapat mengajak bayi untuk berkomunikasi sehingga bayi akan membuka  mulutnya sehingga dapat membantu mengeluarkan udara di dalam perut.

Lakukan gerakan pada bayi seperti bersepeda

Untuk membuang gas di dalam perut tentunya menjadi hal yang cukup menantang bagi Anda. Tentunya, Anda membutuhkan cara dan juga alternatif dengan menggerakkan kaki bayi seperti sedang bersepeda. Gerakkan pada kaki tentunya dapat menekan otot perut sehingga dapat mengeluarkan gas dan juga udara yang ada di dalam perut bayi.

Langkah selanjutnya, Anda dapat mengajak bayi Anda tertawa dan juga berkomunikasi. Gerakan bersepeda yang daoat mendorong gas bergerak hingga kerongkongan dapat dibantu pula dengan mulut bayi yang terbuka ketika sedang berkomunikasi. Gerakan tersebut tentunya dapat mencegah rasa kelelahan yang berlebih pada bayi.

Bedong bayi yang berusia kurang dari 2 bulan

Bayi yang kurang dari dua bulan memang sangat rentan mengalami perut kembung. Maka dari itu, tetaplah buat bayi Anda merasa hangat untuk mencegah perut kembung pada bayi. Cara yang dapat Anda lakukan ialah dengan membedong bayi agar tetap membuat tubuhnya menjadi hangat.

Hal ini disebabkan pula oleh suhu udara dan juga lingkungan yang cukup dingin. Keadaan ini memang membuat bayi Anda merasa tidak nyaman sehingga bayi akan merasakan kedinginan yang cukup hebat. Untuk itu, cobalah Anda membedong bayi dengan cara yang tepat dan juga benar.

Jangan berikan empeng untuk bayi

Memberikan empeng pada bayi tentunya menjadi cara yang cukup sederhana untuk mengatasi bayi rewel dan juga menangis. Namun, cara ini terbilang cara yang cukup bahaya jika dilakukan secara terus menerus. Empeng yang diberikan pada bayi tentunya akan membuat bayi menghisap dan juga menggigit sehingga akan memungkinkan udara akan masuk ke dalam tubuh bayi.

Perut pada bayi tentunya akan membuat perut kembung pada bayi sehingga akan membuat bayi merasa tidak nyaman. Maka dari itu, jangan berikan empeng pada bayi dalam waktu yang cukup lama karena akan menimbulkan kumpulan gas dan udara di dalam perut. Untuk itu, hindari menggunakan cara memberikan empeng ini agar tidak membahayakan bayi.

Pijat perut bayi dengan menggunakan bawang merah

Bawang merah tentunya memiliki manfaat yang cukup banyak dalam hal mengatasi keluhan penyakit pada bayi. Jika Anda memijat lembut perut bayi, namun tidak memberikan hasil sama sekali. Anda tentunya dapat memijat bayi dengan menggunakan bawang merah untuk memberikan kehangatan pada bayi.

Cara yang dapat Anda lakukan ialah dengan mengupas bwang terlebih dahulu, lalu cuci bersih kemudian hancurkan menjadi lebih lembut. Gunakan bawang merah tersebut untuk mengusap bagian perut bayi mulai dari punggung bagian bawah. Anda dapat menggunakan tiga jari Anda untuk memberikan tekanan pada perut agar tidak menyakiti bayi. Akan tetapi, bawang merah tidak boleh terlalu banyak karena dapat menimbulkan masalah pada kulit bayi.

Pilihlah jenis botol minum susu yang tepat

Dalam pemilihan botol susu tentunya ikut menentukan berbagai penyebab perut kembung pada bayi. Bentuk, ukuran dan juga jenis puting tentunya harus diperhatikan terlebih dahulu. Hal ini tentunya berkaitan pula dengan bentuk mulut bayi yang mudah dijangkau serta lembut untuk dikunyah oleh bayi. Jika bentuk botol susu sudah tepat, maka hal ini akan menyebabkan perut kembung pada bayi.

Menjaga perut bayi untuk tidak kembung memang sangat dianjurkan bagi Anda. Maka dari itu, lakukan cara yang sudah kami sebutkan di atas agar menjaga kondisi bayi tetap hangat dan terhindar dari masuk angin dan juga perut kembung. Itulah beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi yang dapat Anda lakukan sekarang juga. Semoga bermanfaat!

Loading...