Cara Mengatasi Mata Bayi Belekan yang Efektif

Salah satu masalah pada mata bayi yang umum terjadi yaitu belekan. Belekan yaitu keadaan dimana mata bayi mengeluarkan banyak kotoran, terlebih lagi ketika pagi hari yang dapat membuat bayi kesulitan membuka matanya. Sebagai orang tua, penting mengetahui cara mengatasi mata bayi belekan yang efektif.

Untuk menjaga kesehatan bayinya, orangtua akan melakukan apapun. Namun, terkadang masalah kesehatan seringkali dialami bayi. Salah satu masalah kesehatan yang dapat dialami oleh bayi yaitu masalah pada mata atau sakit mata pada bayi.

Anda mungkin sering melihat terdapat belek lengket atau kerak mengering di sudut mata bayi anda. Atau bisa saja air mata mengalir ke luar. Jika anda perhatikan dengan seksama, belek tersebut dapat menyebabkan lengket, terlebih lagi setelah bayi bangun tidur.

Cara Mengatasi Mata Bayi Belekan

Sebenarnya mata bayi belekan adalah hal yang wajar, terutama pada bayi baru lahir. Sebanyak 1 dari 20 bayi baru lahir mengalami mata belekan beberapa minggu awal kehidupannya. Namun, beberapa bayi justru mengalaminya berbulan-bulan. Karena bayi terlihat tidak nyaman dan mengalami kesulitan membuka matanya, terkadang kondisi ini menyebabkan orang tua resah.

Penyebab Mata Bayi Belekan

Penyebab utama mata bayi belekan yaitu karena tersumbatnya saluran air mata. Pada saat saluran air mata tersumbat, akan menyebabkan bagian mata bayi mengeluarkan kotoran. Saluran air mata ini seharusnya terbuka karena dapat membantu bayi untuk mengeluarkan air matanya pada saat menangis ketika ia baru dilahirkan. Umumnya, air mata memiliki peran untuk melindungi permukaan mata. Air mata akan mengalir dari sudut mata. Sedangkan apabila saluran air mata tertutup, akibatnya air mata tidak dapat mengalir dan membersihkan mata.

Selain itu, infeksi virus dan bakteri juga dapat menjadi penyebab mata bayi belekan. Ketika proses melahirkan normal, virus atau bakteri dari ibu bisa ditularkan pada si kecil. Infeksi tersebut dapat terjadi secara langsung, bahkan untuk ibu yang tidak mengalami gejala apapun. Risiko akan semakin meningkat apabila ibu hamil mengalami keadaan ketuban pecah dini. Apabila perawatan yang tepat tidak segera dilakukan, maka akibatnya dapat menyebabkan kebutaan pada bayi.

Mata belekan pada bayi dapat terjadi pada satu atau kedua mata bayi. Namun, anda jangan terlalu khawatir karena seiring dengan berjalannya waktu, mata belekan dan lengket pada bayi dapat dengan sendirinya sembuh. Biasanya selama beberapa minggu atau beberapa bulan.

Cara Mengatasi Mata Bayi Belekan

Berikut ini beberapa hal yang dapat anda lakukan sebagai langkah untuk mengatasi mata bayi belekan:

Perhatikan keadaan mata belekan pada bayi

Anda harus memperhatikan keadaan mata belekan pada bayi anda. Apabila mata bayi anda masih normal atau hanya sedikit terdapat belek pada matanya ketika pagi hari, serta tidak mengganggu, maka anda jangan terlalu merasa khawatir. Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan kapas bersih yang sudah dicelup ke dalam air hangat. Teknik membersihkannya yaitu dari dalam ke arah luar.
Namun, apabila belek pada mata bayi anda cukup banyak, atau sampai menyebabkan matanya lengket, maka anda bisa mencoba mengompres matanya dengan menggunakan kapas yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat. Dengan cara ini kotoran yang menyebabkan mata bayi lengket bisa dengan mudah dibersihkan. Hindari menggunakan cairan pembersih mata.

Atasi penyumbatan saluran air mata apabila terjadi

Apabila infeksi sudah diatasi, maka anda dapat mengatasi penyumbatan air mata. Kemungkinan diperlukan pemijatan untuk membuka saluran air mata bayi yang mengalami sumbatan. Saluran air mata itu sendiri berada di bagian dalam mata atau dekat dengan pangkal hidung. Berikut ini langkah-langkah yang dapat anda lakukan:

  • Sebelum anda memijat pangkal hidung bayi anda, maka sebaiknya cuci terlebih dahulu tangan anda sampai bersih.
  • Upayakan kuku jari anda pendek sehingga tidak melukai kulit si kecil yang masih rentan.
  • Anda harus memastikan jika kulit tangan anda tidak kasar. Pasalnya, kulit yang kasar dapat melukai bayi anda ketika memijatnya.
  • Pijatan yang dilakukan biasanya diawali dengan menggerakan ibu jari di pangkal hidung si kecil atau tepi mata sebelah dalam, kemudian ke arah hidung atau ke arah bawah. Jika tidak, anda dapat melakukan pijatan berputar. Anda bisa melakukan pijat hidung ini sebanyak 2-3 kali sehari.
  • Apabila anda merasa ibu jari terlalu besar, maka anda bisa menggunakan jari yang lainnya untuk memijat bagian tersebut.
  • Pada saat memijatnya anda harus mengingat bahwa kulit dan otot si kecil masih sangat tipis. Sehingga anda harus memijatnya dengan hati hati dan pelan, hindari menekannya terlalu kuat. Anda cukup mengusapnya dengan perlahan.
  • Melakukan pemijatan dengan telaten setiap hari dapat membantu mengeringkan genangan air mata bayi yang mengganggu.

Keadaan yang Harus Diwaspadai

Anda harus waspada apabila terjadi infeksi yang ditandai dengan mata kemerahan pada bayi.
Anda harus segera bawa bayi anda ke dokter apabila belekan yang terjadi lebih dari tiga hari. Namun, sebelum itu anda harus memperhatikan apakah bagian putih mata bayi anda merah atau tidak. Pada saat berkonsultasi anda harus menyampaikan hal ini pada dokter.

Selain itu, keadaan yang lainnya yang patut anda waspadai yaitu:

  • Belek yang keluar pada mata bayi anda semakin banyak.
  • Kotoran mata bayi anda berwarna kekuningan atau kehijauan.
  • Warna kotoran mata putih, namun warna bagian putih mata menjadi kemerahan atau bagian atas
  • kelopak mata menjadi membengkak.
  • Apabila bayi anda menangis terus menerus.
  • Bayi tidak ingin membuka matanya.
  • Bayi nampak kesakitan dan terus menggosok matanya.
  • Silau atau kesakitan ketika melihat cahaya.
  • Struktur mata atau kelopak mata bayi anda tidak teratur.

Hindari Mitos Ini Untuk Mengatasi Mata Bayi Belekan

Menurut kabar yang beredar, terdapat 2 mitos yang biasanya dilakukan oleh ibu-ibu untuk menyembuhkan sakit mata atau mata belekan pada bayi. Ke 2 mitos tersebut yaitu degan meneteskan ASI atau menjilat mata bayi dengan ludah basi.

Namun sebenarnya, kabar tersebut hanyalah mitos belaka dan tidak dianjurkan dilakukan untuk mengatasi keadaan mata belekan pada bayi. Pasalnya, penggunaan air ludah, terutama ludah basi bukan dapat menyembuhkan keadaan ini, melainkan hanya dapat memicu munculnya infeksi pada mata bayi, sehingga bisa semakin memperparah keadaan.

Sedangkan mengatasi mata belekan dengan ASI bukan dengan cara diteteskan, melainkan di oleskan pada ujung mata atau dekat dengan hidung.

Umumnya, masalah belekan akan hilang pada saat saluran mata pada bayi telah terbentuk dengan sempurna. Namun, jika masalah tersebut tetap terjadi dan tetap dialami oleh bayi, terlebih lagi jika usia bayi sudah lebih dari 8 bulan, maka anda perlu membawa bayi anda ke dokter agar mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Akan tetapi, apabila mata bayi anda disertai dengan infeksi, atau mengalami keadaan yang harus diwaspadai seperti yang sudah disebutkan di atas, jangan tunggu lama lagi untuk membawa si kecil ke dokter.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *