Cara Mengatasi Gigitan Bayi Sewaktu Menyusui

Cara Mengatasi Gigitan Bayi Sewaktu Menyusui – Bayi yang mulai tumbuh gigi umumnya lebih cenderung seringkali menggigit puting ibu sewaktu disusui. Bila kondisi ini tidak segera ditangani maka akan cukup merepotkan dampaknya. Pasalnya, kondisi ini akan mungkin membuat puting ibu terasa sakit dan payudara menjadi lecet. Simak cara mengatasi gigitan bayi sewaktu menyusui.

Setiap ibu yang memiliki anak bayi dan balita dirumahnya tentu menginginkan jika mereka dapat memberikan ASI yang terbaik untuk buah hatinya. Hanya saja bagi sebagian orang, proses menyusui ini bisa diwarnai dengan pernuh perjuangan. Misalnya, berjuang untuk memperlancar ASI pada bulan-bulan pertama dan lain sebagainya.

Selain itu, kemampuan si kecil dari waktu ke waktu yang terus berkembang membuat mereka mendapatkan hal baru setiap detiknya. Yang kemudian membuat perjuangan menyusui lainnya datang, yakni ketika si kecil mulai menumbuhkan gigi. Anak bayi pada umumnya memang senang bermain, termasuk bermain dengan puting ibunya.

Saat gigi-giginya belum tumbuh, ibu tidak akan merasa khawatir dengan kondisi ini. Akan tetapi, tanda awal pertumbuhan gigi pada si buah hati akan dapat menjadi tantangan yang besar yang akan anda hadapi.

Ketika tumbuh gigi, si kecil biasanya akan merasakan gatal pada bagian gusinya. Kondisi inilah yang menyebabkan bayi yang tengah mengembangkan pertumbuhan gginya akan senang menggigit apapun yan ia lihat, termasuk dengan puting ibunya sewaktu menyusu.

Nah, bila kondisi ini sudah demikian maka persaan sakit akan sering dialami oleh sang ibu. Oleh karenanya penting sekali mencari solusi guna mengatasi kondisi gigitan si kecil pada puting ibu sewaktu menyusui. Untuk itu, mari kita simak beberapa halnya dibawah ini.

Cara Mengatasi Gigitan Bayi Sewaktu Menyusui

Cara Mengatasi Gigitan Bayi Sewaktu Menyusui

Pertumbuhan gigi yang terjadi pada si kecil membuat gusinya terasa gatal. Sehingga untuk mengurangi perasaan tidak nyaman tersebut ia akan menghisap payudara dengan kuat dan lantas mengigitnya. Akibatya pada masa ini puting ibu akan terasa sakit dan timbul lecet-lecet.

Selain itu, perasaan nyeri yang ditimbulkan dari kondisi ini akan cukup menyiksa apalagi saat si kecil kembali menyusu. Bahkan banyak ibu yang tak tahan dengan perasaan sakit yang dialami sehingga memilih untuk menghentikan pemberian ASI. Nah, bila kondisi ini terjadi maka jelas akan merugikan. Sementara itu, untuk mengatasi masalah ini ada cara bijak yang dapat dilakukan. Mari kita simak beberapa hal dibawah ini.

Bersikap Tetap Tenang

Terkadang reaksi anda yang berlebihan dengan tiba-tiba akan membuat si kecil terkejut. Ada dua kemungkinan yang akan terjadi pada anda dan si kecil ketika anda memberikan reksi yang tiba-tiba. Baik itu si kecil yang menggigit lebih keras karena merasa terkejut atau si kecil akan dibuat menangis keras dengan kondisi ini. Untuk itulah, agar tidak memperburuk kondisi ini maka sebaiknya bersikaplah dengan tenang sewaktu anda mulai merasakan perasaan sakit yang timbul dari gigitan si kecil. Meski menyakitkan dan terasa perih namun anda tidak dianjurkan untuk teriak dengan kencang. Hal ini akan dapat membuat si kecil kaget dan malah menguatkan gigitan yang ia berikan.

Bersikaplah dengan tenang dan usahakan untuk melakukannya dengan perlahan agar si kecil bisa melepaskan sejenak hisapannya. Bila dilakukan dengan perlahan maka si kecil akan dengan mudah mengendurkan hisapannya dan mengurangi perasaan sakit yang ibu rasakan.

Tunjukan Reaksi Anda

Begitu anak menggigit dan terasa perih jangan langsung berteriak atau melakukan tindakan yang tiba-tiba. Alangkah lebih baik untuk menunjukan reaksi anda dengan mengaduh sambil memegang dagunya agar si kecil mau melepaskan gigitannya. Begitu gigitannya sudah lepas, cobalah tatap matanya dan sampaikan pada mereka dengan suara lembut namun tegas “Tidak!” atau “Jangan!” Bayi yang sensitif ummumnya akan menangis melihat reaksi ibunya yang demikian.

Akan tetapi, saat si kecil menangis ada dapat membujuk mereka agar berhenti menangis dengan kembali menyusui mereka. Jika si kecil kembali menggigit maka anda dipersilahkan untuk memberikan ekspresi tidak menyenangkan. Sehingga si kecil akan dapat menghentikan hal ini.

Berikan Pelukan dan Ciuman

Kondisi gusi yang gatal dan terasa tidak nyaman pada si kecil akan terus-terusan membuatnya mencari cara untuk mengurangi perasaan yang seperti ini. Terkadang mereka butuh untuk dialihkan agar tidak terus-terusan berusaha menggigit apa yang mereka jumpai.

Nah, ketika si kecil menggigit puting ibu sewaktu disusui maka cobalah untuk memeluk atau menciumnya. Lakukan hal ini sampai ia mau berhenti menggigit puting anda. Pengalihan ini tentu menjadi cara yang lebih baik dan lebih bijak dibandingkan dengan melakukan tindakan lainnya. Selain itu, sebuah pelukan dan ciuman akan memberikan ketenangan untuk si kecil sehingga mereka akan merasa lebih nyaman.

Siapkan Jari Tangan

Bila menggigit puting mulai dijadikan sebagai kebiasaan si kecil karena perasaan gatal yang membuat tidak nyaman. Maka mungkin anda akan mulai membutuhkan cara lainnya, yakni dengan mempersiapkan jari tangan. Ketika si kecil mulai mengigit dan menguatkan hisapannya sampai membuat payudara anda terasa nyeri. Maka cobalah memasukan jari kelingking ibu ke ujung mulutnya. Dengan begini, gigitan yang kuat pada bagian payudara akan dapat dihentikan dengan perlahan.

Lebih Memahaminya

Penting sekali untuk ibu mulai memahami kapan bayi anda lapar dan kapan ia bosan menyusu. Terkadang seringnya si kecil menggigit bagian puting sewaktu disusu diakibatkan karena mereka sudah mulai merasa bosan. Jadi demikian, untuk mengurangi kemungkinan hal ini ada baiknya jika anda mulai memahami kondisi ini. Bila perlu terapkan jadwal menyusu buah hati anda. Ketika si kecil menyusu pada saat rasa laparnya datang maka akan lebih fokus untuk dirinya memenuhi isi perutnya dibandingkan dengan hanya bermain-main.

Berikan Mainan Karet

Kondisi gatal gusi dalam tahapan pertumbuhan gigi membuat si kecil akan senang menggigit. Selain perasaan gatal yang dialaminya, kondisi ini pun umumnya membuat bagian gusinya terasa nyeri. Sehingga untuk membuatnya merasa nyaman ia akan mencari sesuatu untuk meredakan kondisi ini, yakni dengan cara menggigit apapun yang dilihatnya.

Nah, untuk mengatasi kondisi gigitan puting pada bayi maka cobalah untuk memberikan media agar si kecil bisa lebih leluasa melakukan hal ini. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan mainan karet atau yang juga disebut dengan teether. Alat ini adalah mainan bayi yang memang diperuntukan untuk mengasah dan mendukung pertumbuhan giginya dengan baik. Lewat alat ini, si bayi akan dapat menggigit dengan sepuasnya sehingga alat ini diharapkan dapat mengurangi kebiasaan menggigit putting ibu sewaktu disusui.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari cara mengatasi gigitan bayi sewaktu disusui. Semoga dengan menyimak pembahasan ini dapat memberikan informasi yang cukup yang anda butuhkan. Sampai jumpa kembali pada pembahasan yang lainnya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *