Cara Mengatasi Bayi Susah Makan yang Wajib Orangtua Ketahui

Cara Mengatasi Bayi Susah Makan – ASI atau air susu ibu merupakan makanan utama bayi baru lahir. Saat usianya di atas 6 bulan, si kecil mulai diberikan makanan pendamping. Nah, ketika memberi makan si kecil anda akan dihadapkan oleh berbagai tantangan, salah satunya saat si kecil sulit makan.

Ketika buah hati tidak mau makan, semua orangtua tentu akan merasa cemas dan khawatir perkembangan si kecil akan terganggu. Jika kondisi ini anda alami, maka sangat penting mengetahui cara mengatasi bayi susah makan berikut ini.

Cara Mengatasi Bayi Susah Makan

Cara Mengatasi Bayi Susah Makan

Bayi susah makan dapat disebabkan oleh berbagai hal misalkan karena masih merasa kenyang, lelah, tidak suka makanan yang diberikan, alergi makanan dan lain sebagainya. Berikut ini cara mengatasi susah makan pada bayi.

Menyuapi Si Kecil dengan Perlahan

Ketika si kecil menolak untuk makan, sebaiknya anda jangan memaksanya. Memaksa bayi makan tidak akan membuat si kecil bersedia makan, justru akan membuatnya semakin susah atau tidak mau makan karena kehilangan selera makan.

Anda harus mengenali tanda ketika si kecil sudah lapar. Saat lapar si kecil biasanya akan menjadi rewel dan merengek. Anda bisa menyuapi si kecil dengan pelan ketika sudah mulai merasa lapar. Sebaiknya jangan beri makan si kecil dalam jumlah banyak sekaligus. Anda bisa memberi makan dalam porsi kecil akan tetapi lebih sering.

Ciptakan Suasana Menyenangkan

Jadikan waktu makan menjadi menyenangkan agar si kecil tidak merasa tertekan. Si kecil tidak mau makan bisa saja disebabkan karena suasana yang tidak mendukung.

Menghaluskan Makanan

Si kecil bisa saja kesulitan menelan makanan disebabkan karena makanan yang diberikan terlalu keras sehingga si kecil kesulitan menelan makanan. Oleh karena itu, anda harus mencoba menghaluskan makanan si kecil dengan menambahkan air atau susu.

Jangan Terlalu Sering Memberikan Makanan Baru Untuk Bayi

Ketika diberikan makanan baru yang sebelumnya tidak pernah ia makan, tidak jarang si kecil menolak makanan tersebut. Jika ingin memberikan makanan baru, anda bisa mencampurkannya dengan menu makanan yang si kecil biasa konsumsi dalam sehari-harinya. Selain itu, untuk memperkenalkan jenis makanan baru anda harus memberikannya dengan bertahap dan untuk mengubah menu makanan si kecil sebaiknya jangan terlalu cepat.

Memberikan Makan Pada Waktu yang Tepat

Agar si kecil tidak menolak makanan yang anda berikan, sebaiknya anda memberikannya pada waktu yang tepat. Si kecil biasanya akan menolak makan saat sedang ngantuk. Anda bisa menyuapi si kecil misalkan setelah tidur atau setelah bermain.

Menyesuaikan Porsi Makan

Selain tekstur makanan si kecil yang harus diperhatikan, anda juga sebaiknya memperhatikan porsi makanan yang diberikan untuk si kecil. Pasalnya perut si kecil masih belum siap untuk menerima makanan yang banyak. Oleh karena itu, anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan si kecil.

Hindari Makanan yang Memicu Alergi

Bisa saja si kecil susah makan disebabkan karena alergi. Oleh karena itu, sebaiknya anda menghindari makanan yang dapat memicu alergi pada si kecil. Beberapa makanan yang dapat memicu alergi di antaranya yaitu kacang, susu, gandum, kedelai, telur atau seafood.

Baca juga : Nutrisi Untuk Perkembangan Otak Bayi

Apabila anda sudah melakukan berbagai cara namun si kecil tetap tidak mau makan, sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan dokter. Jika si kecil susah makan disertai dengan beberapa gejala seperti terus menerus nangis, buang air besar berdarah, muntah setelah makan, saat disentuh tidak merespon atau demam dengan suhu di atas 37 derajat Celcius, sebaiknya anda segera membawa si kecil ke dokter.

Loading...