Cara Mengatasi Bayi Rewel yang Harus Orangtua Ketahui

Cara Mengatasi Bayi Rewel  – Menangis merupakan cara bayi untuk menyampaikan apa yang sedang dirasakannya. Namun, jika si kecil rewel atau menangis terus menerus, hal itu tentu akan membuat anda merasa khawatir dan kewalahan. Meskipun anda sudah berusaha menenangkannya, namun tangisan bayi tidak kunjung mereda. Untuk mengatasi kondisi ini, ada berbagai cara efektif yang dapat anda lakukan. Nah, berikut ini cara mengatasi bayi rewel dengan efektif.

Baca juga : Penyebab Bayi Susah Tidur

Cara Mengatasi Bayi Rewel

Cara Mengatasi Bayi Rewel yang Harus Orangtua Ketahui

Saat anaknya menangis terus menerus, tak jarang orangtua merasa cemas. Jika anda mengalami hal ini, anda bisa mencoba mengatasinya dengan beberapa cara efektif berikut ini.

Menyusui Bayi

Langkah paling efektif untuk mengatasi bayi rewel yaitu dengan menyusuinya. Dengan menyusu si kecil akan menjadi lebih tenang dan nyaman. Menghisap akan membuat detak jantung si kecil menjadi stabil, menenangkan perut, serta bagian badan yang lainnya. Apabila anda tidak dapat menyusui si kecil, anda dapat memberikannya dot.

Bedong Bayi Anda

Selain itu, anda juga dapat membedong si kecil. Saat bayi dibedong mereka akan merasa seperti di rahim karena terasa hangat. Dengan cara ini akan membuat si kecil tenang dan merasa aman sehingga dapat meredakan tangisnya. Membedong bayi bisa dilakukan dengan menggunakan selimut khusus untuk bayi ataupun kain pernel. Hindari membedong si kecil terlalu ketat karena akan membuatnya merasa tidak nyaman. Akan tetapi, jika setelah dibedong si kecil tetap menangis dan merasa tidak nyaman, anda sebaiknya segera melepaskannya.

Mendengarkannya Musik

Anda dapat menyanyikan lagu pengantar tidur ataupun menyetel lagu kesukaan si kecil, baik melalui televisi ataupun ponsel anda. Anda dapat menyetel berbagai jenis musik untuk melihat responnya. Apabila si kecil berhenti menangis setelah mendengar musik tertentu, anda dapat terus membuatnya tenang dengan memutar lagu tersebut.

Membawa Si Kecil Ke Luar Rumah

Berdasarkan ahli, membawa si  kecil ke luar rumah untuk menikmati udara segar terkadang dapat membuat tangis bayi berhenti dengan cepat. Ketika si kecil rewel atau menangis, anda bisa menggendongnya  dan membawanya  ke luar rumah.

Memandikan Si Kecil Menggunakan Air Hangat

Air hangat dapat membuat bayi tenang dan berhenti menangis. Anda dapat memandikan si kecil dengan air  hangat dan pastikan suhu air yang digunakannya pas atau tidak terlalu panas maupun terlalu dingin.

Memijat Lembut Bayi

Memijat bayi dengan lembut akan membuatnya  tenang, kemudian ia akan berhenti menangis. Anda  dapat memberikan pijatan dengan lembut dan hati-hati agar si kecil merasa nyaman. Jika usia si kecil masih kecil atau di bawah usia 1 bulan, sebaiknya jangan menggunakan losion atau minyak apapun karena dikhawatirkan dapat menyebabkan iritasi.

Mengayun Bayi

Ketika si kecil menangis, mengayunnya akan membuat si kecil tenang dan tertidur. Anda harus mengayunkannya dengan lembut dan hati-hati untuk menenangkan si kecil menangis.

Membawa Si Kecil Ke Dokter

Apabila si kecil terus  menerus menangis, terlebih lagi jika anda sudah melakukan berbagai cara untuk menenangkannya, namun ia tetap menangis atau bahkan semakin parah, sebaiknya anda membawa si kecil ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya karena bisa saja si kecil mengalami gangguan kesehatan yang membuatnya tidak nyaman.

Lihat juga : Mengenal 5 Kebiasaan Bayi Saat Tidur

Itulah beberapa tips mengatasi bayi rewel atau menangis dengan efektif. Semoga bermanfaat.

Loading...