Cara Mencegah Virus Corona Pada Bayi yang Wajib Orangtua Ketahui

Virus Corona memang terlihat lebih banyak dialami oleh orang dewasa. Namun, sebenarnya kasus infeksi virus Corona juga beberapa dialami oleh bayi. Sehingga sangat penting untuk melakukan langkah pencegahan agar risiko penularan virus Corona pada bayi dapat dicegah.

Virus Corona pertama kali terdeteksi di Wuhan, Cina. Virus ini menyerang sistem pernapasan dan penyakit yang disebakan oleh virus ini disebut dengan COVID-19. Virus Corona akan lebih mudah menyerang, serta menimbulkan komplikasi serius pada orang dengan kondisi daya tahan tubuh lemah, seperti orang lanjut usia dan orang yang mengalami kekurangan gizi. Walaupun begitu, infeksi virus Corona yang dialami oleh orang dewasa, anak-anak dan ibu hamil juga tidak bisa diremehkan, terlebih lagi jika virus ini menginfeksi bayi.

Baca juga : Penyebab Batuk Pada Bayi

Cara Mencegah Virus Corona Pada Bayi

Cara Mencegah Virus Corona Pada Bayi yang Wajib Orangtua Ketahui

Berbagai langkah bisa anda lakukan untuk melindungi bayi dari virus Corona. Berikut ini cara mencegah virus Corona pada bayi.

Rajin Mencuci Tangan

Cara mudah yang dapat dilakukan untuk mencegah virus Corona yaitu dengan rajin mencuci tangan. Sebelum anda memegang bayi, menggendong, menyusui atau memberikan makan pada si kecil, anda harus mencuci tangan terlebih dahulu. Selain itu, anda juga harus memastikan keadaan tubuh anda bersih ketika hendak bersentuhan dengan si kecil.

Anda dapat mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun. Setidaknya anda mencuci tangan dengan air mengalir selama 20 detik. Lalu anda bisa mengeringkan tangan dengan menggunakan kain bersih.

Menggunakan Masker

Tidak hanya mencuci tangan, namun pencegahan virus Corona pada bayi juga bisa dilakukan dengan menggunakan masker. Jika anda dalam kondisi tidak sehat seperti pilek atau batuk, sehingga akan tetap aman ketika anda harus menyentuh atau memberikan ASI pada si kecil.

Jauhkan Bayi Dari Orang Sakit

Langkah berikutnya untuk mencegah si kecil terjangkit virus Corona yaitu dengan menjauhkannya dari orang sakit. Apabila anggota keluarga anda ada yang sakit, maka anda harus menjauhkan si kecil supaya tidak tertular.

Menutup Mulut dan Hidung

Ketika anda batuk atau bersin, anda harus menutup hidung dan mulut dengan tisu. Kemudian segera buang tisu dan lekas mencuci tangan sampai bersih dengan air dan sabun.

Berikan ASI dengan Teratur

Anda harus memberikan ASI dengan teratur pada si kecil. Pada ASI terkandung banyak nutrisi dan antibodi yang bisa melindungi si kecil dari infeksi dan penyakit.

Hindari Menggunakan Alat Pribadi Bersama

Selain itu, tips mencegah virus Corona pada bayi juga bisa dengan menghindari pemakaian alat pribadi bersama-sama. Penggunaan alat pribadi yang harus dihindari di antaranya yaitu peralatan makan, gelas dan handuk. Apabila peralatan tersebut telah digunakan, anda harus mencucinya hingga bersih dengan menggunakan air dan sabun.

Hindari Kebiasaan Mencium dan Menyentuh Wajah Bayi

Bayi memang sangat menggemaskan. Bahkan karena saking gemasnya kita selalu ingin mencium si kecil. Padahal sebenarnya, kebiasaan mencium dan menyentuh wajah si kecil harus dihindari. Ini dilakukan untuk menjaga kesehatan si kecil, serta menurunkan risiko tertular virus Corona.

Artikel lainnya : Penyakit Yang Rentan Menyerang Bayi Baru Lahir

Hindarkan Si Kecil dari Penyakit Lain

Hindarkan bayi anda dari penyakit menular lainnya yang bisa menurunkan daya tahan tubuh dengan tetap melakukan imunisasi sesuai jadwal.

 

Loading...