Cara Mencegah Kejang Pada Bayi Sesuai dengan Penyebab

Cara Mencegah Kejang Pada Bayi Sesuai dengan Penyebab – Pada beberapa kondisi kejang pada bayi bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Kondisi seperti ini akan tentu membuat orangtua panik dengan penanganan yang harus diberikan. Akan tetapi, tak perlu khawatir guna mencegah kondisi kejang pada bayi terjadi. Maka berikut ini kita simak cara mencegah kejang pada bayi sesuai dengan penyebab.

Kejang merupakan sebuah kondisi medis ketika bagian sel-sel dalam otak mengalami gangguan sinyal listrik. Kemudian kondisi ini akan dapat membuat bayi mengalami pergerakan tiba-tiba disertai dengan peregangan yang keras. Bagian tubuh bayi yang terkena dengan kejang bisa mungkin bergerak dengan tanpa kendala selama beberapa saat.

Kondisi seperti diatas akan tentu menuai kekhawatiran yang besar pada orangtua. Betapa tidak, sebagai orangtua kita tentu tidak akan tega bila malaikat kecil kita mengalami gangguan kesehatan. Apalagi seperti kejang-kejang yang menyeramkan. Baca juga: Manfaat Labu Kuning Untuk Ibu Menyusui

Cara Mencegah Kejang Pada Bayi Sesuai dengan Penyebab

Namun sebenarnya kondisi kejang bisa diakibatkan oleh beberapa kondisi kesehatan pada bayi. Sehingga masalah ini sebenarnya akan dapat anda cegah dengan baik. Yuk simak cara mencegah kejang pada bayi sesuai dengan penyebab dibawah ini.

Cara Mencegah Kejang Pada Bayi Sesuai dengan Penyebab

Ada beberapa kondisi kesehatan yang akan mungkin dialami oleh bayi yang bisa mengakibatkan mereka mengalami kejang. Kondisi penyakit ini biasanya mengindikasikan adanya penyakit yang berbahaya.
Nah, untuk anda yang memiliki bayi dengan riwayat penyakit yang dapat menyebabkan kejang. Maka dibawah ini adalah cara mencegah kejang pada bayi sesuai dengan penyebab.

Kejang Akibat Cedera Otak

Untuk kondisi penyakit yang satu ini ada beberapa penanganan yang dapat anda lakukan. Tentunya penanganan ini dilakukan demi menghindari kejang pada bayi yang akan mungkin membuat mereka kepayahan menahan kondisi ini. Beberapa tindakan cara mencegah kejang pada penyakit bayi cedera otak diantaranya adalah:

  • Bayi perlu mendapatkan pengawasan saat tidur. Pada saat si kecil tidur upayakan tempat tidurnya nyaman dan hindarkan insiden yang bisa membuat bayi jatuh. Sebab kondisi ini akan dapat memicu timbulnya kejang.
  • Bayi mendapatkan proses persalinan yang aman. Bayi yang terlahir dengan bantuan forsep ketika persalinan normal pun dapat mengalami cedera otak. Dimana kondisi ini akan dapat memicu timbulnya kejang pada bayi.
  • Bayi perlu mendapatkan perawatan rutin karena menderita asfiksia. Bayi yang menderita kondisi ini akan memiliki kemungkinan besar mengalami cedera otak dan mengalami kejang. Hal ini dikarenakan bayi tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup.

Kejang Akibat B Strep

Kondisi kesehatan yang selanjutnya yang membuat bayi beresiko mengalami kejang adalah B Strep. Untuk mencegah kondisi ini terjadi maka dibawah ini adalah beberapa pencegahan kejang yang bisa anda lakukan.

  • Ibu dan bayi perlu melakukan pemeriksaan dan perawatan secara rutin selama masa kehamilan.
  • Perawatan yang lebih intens perlu dilakukan pada masa trimester ketiga kehamilan.
  • Pemeriksaan ini dilakukan guna mengetahui apakah ibu mengalami infeksi B Strep yang menurun pada bayi atau tidak.

Kejang Akibat Meningitis

Masalah penyakit selanjutnya yang akan dapat beresiko masalah kejang pada bayi adalah meningitis. Kondisi penyakit ini perlu mendapatkan tindakan pencegahan kejang pada bayi sebab kondisinya akan cukup mengkhawatirkan. Tindakan tersebut diantaranya dapat anda simak berikut ini.

  • Bayi perlu mendapatkan pemeriksaan kondisi kesehatan otak dan potensi terhadap penyakit meningitis.
  • Penting diketahui meningitis akan dapat berpengaruh besar terhadap nyawa dan keselamatan buah hati.
Loading...