Cara Mencegah Biang Keringat Pada Bayi

Biang keringat dapat muncul disebabkan karena cuaca panas dan lembab saat si kecil sedang demam atau mengeluarkan keringat banyak. Selain itu, biang keringat dapat dialami si kecil apabila pori-porinya tersumbat yang mengakibatkan keringat tidak dapat keluar. Biasanya yang  rentan mengalami biang keringat yaitu bayi dan anak-anak, sebab pori-porinya kecil dibandingkan dengan orang dewasa. Pada anak-anak dan bayi kelenjar serta saluran keringatnya belum berkembang dengan sepenuhnya. Nah, sebagai cara mencegah biang keringat pada bayi, anda bisa simak cara di bawah ini. ( Lihat juga : Normalkah Nafas Bayi Berbunyi Grok-Grok? )

Cara mencegah biang keringat pada bayi

Cara Mencegah Biang Keringat Pada Bayi

Langkah mencegah biang keringat pada bayi yaitu dengan terus memperhatikan keadaan kulit bayi agar tetap sejuk ataupun tidak terlalu lembab. Nah, bunda bisa ikuti beberapa tips ini sebagai cara mencegah biang keringat pada bayi:

  • Jaga keadaan rumah tetap sejuk. Agar rumah tetap sejuk dan kering anda bisa menggunakan pendingin ruangan atau kipas angin.
  • Hindari memakaikan pakaian tebal pada bayi terlalu sering. Jika cuaca sedang panas, anda sebaiknya memakaikan pakaian yang sesuai agar si kecil merasa lebih nyaman.
  • Dalam memilih pakaian, sebaiknya pilihlah pakaian yang sesuai dengan ukuran si kecil. Hindari memilih pakaian yang terlalu ketat karena dapat mengganggu kulitnya. Menggunakan pakaian ketat pada bayi yang mengalami biang keringat akan mengakibatkan kulitnya lecet.
  • Sebaiknya pakaikan si kecil pakaian yang sesuai dengan keadaan cuaca. Pakaian dengan bahan katun cocok untuk bayi karena akan membuat bayi tetap hangat namun tetap memberikan kesempatan pada kulit bayi untuk bernapas.
  • Jika anda bermaksud membawa bayi ke luar rumah namun cuaca sedang panas, sebaiknya anda membawa si kecil ke tempat yang lebih sejuk atau teduh.
  • Setelah mandi anda harus mengeringkan tubuh si kecil dengan benar. Anda dapat lap tubuh bayi sampai kering, begitupun dengan daerah lipatan kulit yang rentan mengalami biang keringat. Untuk menyerap air dengan baik, sebaiknya anda menggunakan handuk lembut berbahan dasar katun.
  • Biasanya orangtua senang memakaikan bedak atau krim pada kulit bayi agar wangi. Namun, menggunakan bedak maupun krim berlebihan justru tidak disarankan karena dapat menyumbat pori-pori serta menghambat proses penyembuhan biang keringat. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menggunakan kosmetik pada kulit bayi dengan berlebihan.

Perawatan Biang Keringat Pada Bayi

Sedangkan jika si kecil sudah mengalami biang keringat, anda dapat melakukan perawatan berikut ini untuk meringankan dan mengatasi biang keringat: ( Baca juga : Cara Menidurkan Bayi yang Baik dan Tepat )

  • Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi biang keringat pada bayi yaitu dengan menjaga kulit bayi tetap dingin dengan menggunakan kain basah yang sejuk.
  • Segera bawa buah hati anda ke dokter jika muncul biang keringat pada kulitnya. Dokter akan meresepkan obat atau krim untuk mengatasi masalah kulit tersebut.
  • Apabila sebelumnya anda melakukan perawatan di rumah untuk mengatasi biang keringat pada si kecil, namun keadaan justru semakin parah sebaiknya segera bawa bayi anda ke dokter.
  • Pastikan kuku bayi anda pendek dan bersih untuk mencegah agar ia tidak menggaruk biang keringat yang akan membuat kulitnya lecet.
  • Hindari menggendong si kecil saat sedang mengalami biang keringat. Saat digendong bayi harus berhadapan dengan 2 sumber panas, yakni cuaca dan suhu tubuh anda. Lebih baik tidurkan bayi anda di ranjang.
  • Hindari penggunaan kosmetik pada kulit bayi yang akan memperburuk keadaan biang keringatnya.
  • Penting untuk selalu memeriksa keadaan tubuh dan lingkungan bayi agar tetap hangat.
  • Saat memandikan si kecil, pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas atau sebatas suam-suam kuku.
Loading...