Cara Mencegah Bayi Menggigit Saat Menyusu

Cara Mencegah Bayi Menggigit Saat Menyusu – Memberikan ASI atau menyusui bayi merupakan kewajiban seorang ibu untuk memenuhi kebutuhan bayinya. Tidak jarang saat menyusui ibu mengalami masalah, salah satunya bayi sering menggigit saat menyusu. Meskipun belum tumbuh gigi, gigitan yang dilakukan si kecil pada puting payudara akan terasa sakit. Jika dilakukan terus menerus, keadaan ini tentu akan membuat puting susu anda lecet.

Penyebab bayi sering menggigit saat menyusu di antaranya yaitu karena sedang tumbuh gigi, mengantuk, posisi menyusui yang salah dan lain sebagainya. Nah, untuk mencegah kebiasaan si kecil yang sering menggigit saat menyusu, cara mencegah bayi menggigit saat menyusu di bawah ini dapat membantu.

Cara Mencegah Bayi Menggigit Saat Menyusu

Cara Mencegah Bayi Menggigit Saat Menyusu

Berikut ini beberapa cara mencegah bayi menggigit saat menyusu.

Tetap Tenang

Agar si kecil tidak menggigit saat menyusu, anda harus tenang sambil melakukan kontak mata dengan si kecil. Anda bisa mengajak si kecil bicara dengan menggunakan nada yang halus agar si kecil tahu dan tidak akan menggigit saat ia sedang menyusu, meskipun mungkin sebenarnya ia belum paham maksud anda. Anda dapat melepaskan payudara dengan perlahan keluar dari mulut si kecil, kemudian anda bisa memperbaiki kembali posisinya. ( baca juga : Tips Nyaman Menyusui Untuk Ibu dengan Payudara Besar )

Pilih Posisi yang Tepat

Salah satu penyebab mengapa bayi sering menggigit saat menyusu yaitu karena posisi yang salah. Si kecil mungkin tidak nyaman atau tidak mendapatkan ASI dengan baik pada posisi yang membuatnya tidak nyaman. Oleh karena itu anda bisa mencari atau menemukan posisi seperti apa yang membuat si kecil nyaman selama proses menyusui. Anda bisa mencoba menyandarkan punggung pada bantal tebal, kemudian anda bisa meletakan si kecil pada perut untuk menyusu. Cara lainnya yaitu dengan berbaring miring, kemudian anda bisa memposisikan tubuh agar sejajar dengan si kecil. Arahkan kepala bayi anda pada payudara dengan posisi tubuh anda sedikit meringkuk.

Perhatikan Si Kecil Saat Sedang Menyusu

Anda dapat memperhatikan si kecil saat sedang menyusu sehingga anda dapat mengenali kebiasaannya. Ini dilakukan untuk memudahkan anda mengetahui kapan si kecil mulai menggigit. Biasanya si kecil akan menggigit jika rasa haus dan laparnya sudah reda. Namun, tidak menutup kemungkinan ia akan menggigit di akhir proses menyusui.

Jika anda mulai mengerti dan memahami kebiasaan si kecil, maka saat si kecil mulai menggigit anda bisa mengalihkan perhatiannya, seperti memasukan jari anda ke arah isapan si kecil.

Pijat Gusi dan Area Pipi dengan Perlahan

Cara ini bisa anda lakukan saat si kecil  sedang dalam masa tumbuh gigi. Saat tumbuh gigi, si kecil akan merasa tidak nyaman dan cenderung rewel, bahkan tidak jarang disertai dengan demam. Gusi biasanya terasa gatal sehingga bayi cenderung menggigit apapun yang ada di sekitarnya termasuk saat ia sedang menyusu. Nah, untuk mencegah si kecil agar tidak menggigit saat menyusu, anda bisa memijat gusinya dengan lembut dan perlahan. Cara lainnya yaitu dengan memberikannya mainan untuk mengalihkan perhatian sebelum ataupun sesudah menyusu. ( Lihat juga :  Masalah yang Sering Dihadapi Ibu Menyusui )

Menyusu di Tempat Redup

Salah satu penyebab mengapa si kecil menggigit puting susu saat menyusu yaitu karena ada rangsangan di sekitar sehingga menarik perhatiannya. Apabila si kecil sering melakukan ini berkali-kali maka anda bisa mencoba menyusui si kecil di ruangan redup dengan cahaya yang minim. Ini dilakukan agar fokus si kecil tidak akan teralihkan.

Itulah cara mencegah bayi menggigit saat menyusu. Semoga bermanfaat.

Loading...