10 Cara Menambah Nafsu Makan Anak Yang Paling Ampuh

Diposting pada

Cara Menambah Nafsu Makan Anak – Nafsu makan anak memang terbilang tidak stabil, terkadang lahap dan juga sebaliknya. Hal ini memang wajar mengingat anak memang masih dalam masa pertumbuhan dan juga masih memilah berbagai jenis makanan. Namun tentunya, menambah nafsu makan anak memang sebuah keharusan bagi Anda. Untuk itu jika Anda merasa kesulitan dalam hal tersebut, berikut kami sajikan cara menambah nafsu makan anak yang paling tepat berikut ini!

Tidak dapat dipungkiri bahwa anak-anak memang sangat sulit untuk menerima berbagai jenis makanan baik yang terasa hambar sampai terasa enak sekalipun. Anak-anak memang sering menutup mulutnya ketika orang tua memberikan makan kepada anaknya. Tidak heran jika kondisi ini membuat sebagian besar para orang tua dibuat bingung dengan hal ini. Banyak para orang tua yang merasa khawatir karena takut anak mereka mengalami pertumbuhan yang terganggu.

Bagaimanapun, orang tua tentunya akan memikirkan asupan kalori yang cukup bagi anaknya agar tidak kurang dari kebutuhan yang seharusnya. Tentunya, kebutuhan kalori anak sangatlah berbeda sesuai dengan tahapan usia anak tersebut. Untuk anak usia 2-3 tahun, kebutuhan kalori sekitar 1000-1400 kalori. Sayangnya, banyak anak yang justru menolak untuk mendapatkan makanan tersebut dikarenakan berbagai faktor. Rasa stres, tegang dan juga efek samping dari obat ikut mempengaruhi kurangnya nafsu makan pada anak. Baca juga: 8 Cara Merawat Bayi Perempuan Yang Harus Anda Ketahui

Menjaga asupan makanan bagi si kecil memang sangat penting adanya. Hal ini tentunya membuat para orang tua merasa mencari cara dan juga alternatif khusus untuk memberikan berbagai jenis makanan yang memang sangat disukai oleh anaknya tersebut. Untuk membantu Anda mendapatkan cara tersebut, berikut kami sajikan beberapa cara menambah nafsu makan yang mungkin bisa Anda lakukan sekarang juga!

Cara Menambah Nafsu Makan Anak

cara menambah nafsu makan anak

Perlu Anda ketahui bahwa nafsu makan manusia dikendalikan oleh yang namanya hormon leptin dan juga hormon ghrelin. Hormon leptin disini dapat dikatakan sebagai hormon yang dapat menurunkan nafsu makan anak, sedangkan hormon ghrelin ialah jenis hormon yang dapat meningkatkan nafsu makan seseorang. Homron ini akan dilepaskan di perut yang kemudian akan memberikan sinyak lapar pada otak. Hormon inilah yang mengatur jika Anda merasa lapar.

Terlepas dari kinerja hormon tersebut tentunya jika anak Anda mengalami yang namanya susah makan. Tentunya, Anda harus meningkatkan hormon ghrelin agar nafsu makan anak menjadi meningkat. Seperti yang kita tahu jika kebutuhan gizi dan juga nutrisi anak Anda tidak terpenuhi tentunya akan menyebabkan terhambatnya pertumbuhan si kecil. Tentunya, jangan sampai hal tersebut terjadi bukan? Carilah cara agar kebutuhan gizi dan juga nutrisi anak terpenuhi dengan baik. Yuk kita langsung simak saja cara-cara menambah nafsi makan anak berikut ini! Lihat juga: Susu Formula Menyebabkan Bayi Obesitas, Benarkah?

Biasakan anak berolahraga

Cara pertama yang dianggap paling ampuh untuk meningkatkan nafsu makan anak Anda ialah dengan selalu mengajaknya untuk melakukan olahraga. Dengan mengajaknya olahraga, anak tentunya akan diberikan waktu untuk melakukan gerakan-gerakan yang tentunya dapat membuat tubuh merasa lelah, namun bugar. ketahuilah minat dan juga kegemaran anak Anda dalam bidang olahraga, seperti bermain bola, berlari ataupun olahraga lainnya. Dengan rutin melakukan olahraga tentunya tubuh akan melakukan proses pembakaran kalori sehingga akan membuat tubuh merasa cape dan akan memicu rasa lapar. Perlu Anda tahu bahwa ketika tubuh aktif bergerak, maka detak jantung juga akan lebih meningkat dengan drastis.

Konsumsi jeruk

Tentunya, Anda sudah banyak mengetahui bahwa jeruk memang kaya akan vitamin C. Hal ini tentunya buah jeruk berperan aktif dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, jeruk juga dapat meningkatkan rasa lapar sehingga mengembalikan nafsu makan. Untuk itu, jika anak Anda memang merasa kesulitan untuk makan, berikanlah jeruk dalam porsi yang sesuai untuk meningkatkan nafsu makan mereka. Buah jeruk juga dapat membantu melancarkan sistem metabolisme di dalam tubuh anak.

Jangan terlalu banyak minum

Cara selanjutnya mungkin harus Anda hindari yakni jangan membiarkan anak terlalu banyak minum. Minum memang sangat baik untuk sistem metabolisme tubuh, namun jika terlalu banyak maka akan membuat perut terisi penuh. Hal ini dikarenakan jika terlalu banyak minum, maka tubuh akan mudah merasa kenyang sehingga tidak ingin mendapatkan apapun. Jika tubuh terisi penuh dengan air, tentunya membuat anak Anda tidak ingin makan makanan lainnya termasuk nasi dan juga lauk pauknya.

Buat Anak untuk aktif dan sering tertawa

Mengajak anak untuk tetap bergerak aktif memang menjadi hal yang harus Anda lakukan. Ajak anak untuk bergerak aktif dan juga sering tertawa agar anak merasa nyaman. Banyak bergerak dan juga tertawa dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan dengan mudah. Untuk itu, ajaklah anak untuk bermain dan bergerak dengan Anda.

Gunakan peralatan makan yang lucu

Cara apapun tentunya harus Anda lakukan termasuk menyiapkan peralatan makan si kecil dengan bentuk dan juga karakter yang lucu. Tidak dapat dipungkiri bahwa anak-anak memang lebih tertarik kepada hal-hal yang lucu dan juga berwarna. Untuk itu, jika anak Anda mengalami susah makan, ada baiknya jika Anda mulai mengganti peralatan makan si kecil dengan bentuk dan juga karakter yang dapat menarik perhatiannya. Banyak jenis bentuk dan juga karakter kartun dalam peralatan makan yang lucu dan juga menarik perhatian. Pilihlah warna-warna yang cerah agar mudah mendapatkan perhatian anak Anda.

Berikan asupan vitamin

Cara menambah nafsu makan anak yang selajutnya ialah dengan memberikannya suplemen dan juga vitamin. Suplemen dan juga vitamin tentunya dapat memberikan asupan vitamin B dan juga zinc. Kedua nutrisi ini memang sangat ampuh untuk merangsang nafsu makan anak agar dapat mengendalikan suasana hati bagi yang memang sangat malas untuk makan. Berikan anak Anda suplemen ataupun vitamin yang aman untuk meningkatkan nafsu makan anak.

Jangan memaksa anak

Memberikan makanan kepada anak memang sangat dianjurkan, namun jangan sampai Anda melakukan tindakan yang sifatnya memaksa. Tindakan memaksa memberikan makanan kepada anak justru akan membuat anak merasa takut sehingga akanlebih sulit untuk memberikannya makan. Selain itu, dengan tindakan memaksa akan lebih sulit bagi anak Anda untuk mendapatkan rasa lapar dikemudian hari.

Buat tampilan yang menarik

Selain peralatan makan yang harus menarik, ternyata cara paling ampuh yang dapat Anda lakukan ialah dengan menyajikan makanan dengan tampilan yang menarik. Buatlah sajian makanan berbentuk boneka ataupun wajah yang lucu. Kombinasikan sumber karbohidrat, protein dan juga vitamin agar kebutuhan gizi si kecil terpenuhi dengan baik.

Biasakan untuk makan perlahan

Memberikan makan dengan tenang dan tidak terburu-buru memang menjadi sebuah keharusan bagi Anda. Makan dan juga mengunyah makanan dengan pelan-pelan dapat memberikan waktu pada anak dalam mengukur rasa lapar. Biasakan bertanya pada anak apakah ia sudah kenyang ataukah masih lapar.

Libatkan anak ketika membuat makanan

Mengajak anak untuk terlibat dalam proses pembuatan makanan memang sedikit harus Anda lakukan. dengan melakukan cara ini anak akan diberikan kesempatan untuk memilih sendiri jenis makanan yang ia sukai. Selain itu, Anda juga bisa menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap anak dengan memakan makanan yang sudah ia buat.

Bagi makanan dalam porsi kecil

Mungkin jika disajikan dalam porsi yang cukup besar, anak mungkin akan merasa kenyang terlebih dahulu sehingga tidak ingin memakan makanan yang sudah disajikan. Dengan membagi satu porsi penuh ke dalam bagian-bagian kecil akan membuat anak menjadi lebih senang untuk memakannya. Selain itu, porsi kecil akan mempermudah Anda untuk memberikannya kepada si kecil.

Menjaga asupan gizi dan juga nutrisi bagi si kecil memang harus Anda lakukan. Hal ini memang menjadi cara dan juga alternatif khusus agar si kecil mendapatkan gizi dan juga nutrisi yang memang dibutuhkan oleh tubuhnya. Itulah beberapa cara menambah nafsu makan anak yang terbilang sangat aman dan ampuh. Lakukan cara dan juga tips yang sudah kami sebutkan di atas sekarang juga agar anak mendapatkan kembali nafsu makannya. Selamat mencoba!

Loading...