Cara Memperkenalkan Rasa Baru Pada Anak di Tahap Awal MPASI

Cara Memperkenalkan Rasa Baru Pada Anak – Memperkenalkan MPASI pada buah hati menjadi momen yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu oleh anda. Tidak hanya tentang memberikan makanan pada si kecil saja, namun tugas anda yaitu memastikan bahwa MPASI yang diberikan pada si kecil mengandung asupan gizi sesuai dengan kebutuhan.

Ada banyak bahan makanan yang dapat anda olah untuk MPASI buah hati anda. Namun, biasanya ada beberapa makanan yang si kecil tidak sukai sehingga ia tidak akan menerimanya. Meskipun begitu, anda jangan khawatir, anda harus terus mengajak buah hati untuk bereksplorasi dengan cara memperkenalkan rasa baru dengan konsisten. Nah, berikut ini cara memperkenalkan rasa baru pada si kecil.

Artikel lainnya : Cara Mengatasi Bayi Susah Makan

Cara Memperkenalkan Rasa Baru Pada Anak

Cara Memperkenalkan Rasa Baru Pada Anak di Tahap Awal MPASI

Setelah usia anak 6 bulan, ia akan mendapatkan makanan pendamping ASI atau MPASI. Nah, dalam memperkenalkan rasa baru pada si kecil, berikut ini cara yang bisa anda coba.

Mulai dengan Satu Rasa

Di tahap awal anda dapat memulainya dengan satu rasa terlebih dahulu. Anda dapat memberikan satu jenis makanan pada awal pemberian MPASI si kecil, misalkan kacang hijau, beras merah, labu, pisang, apel, wortel dan tomat. Pastikan anda memilih makanan yang bisa dikonsumsi si kecil saat tahap awal MPASI.

Memberikan makanan dengan satu rasa ini bertujuan untuk mengenalkan rasa dasar pada anak, misalkan asin, asam, gurih dan manis. Jadi anda harus memastikan memberikan makanan dengan rasa yang bervariasi berganti-ganti. Anda jangan terus-terusan memberikan makanan dengan rasa manis ataupun asin saja. Karena nantinya si kecil akan menolak makanan dengan rasa yang lainnya.

Memberikan Rasa yang Sama Dalam Beberapa Hari

Ketika memberikan MPASI pada si kecil, bisa saja ia tidak langsung menyukai rasa makanan yang anda berikan. Bisa saja si kecil melepehkan jenis makanan tertentu.

Ketika anda menghadapi kondisi ini, anda tidak perlu khawatir karena bukan berarti anak anda tidak menyukai makanan tersebut. Hal ini normal pada saat si kecil mencicipi makanan dengan aroma atau cita rasa kuat, misalkan protein hewani. Anda harus bersabar selama beberapa hari, dan terus memberikan rasa makanan yang sama pada si kecil.

Tidak hanya membiasakan si kecil pada satu rasa, namun cara ini juga bermanfaat untuk melihat apakah terdapat kemungkinan alergi pada jenis makanan tertentu. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan reaksi yang muncul setiap anak selesai makan. Seperti misalkan munculnya bentol, gatal-gatal, ruam atau bersin-bersin.

Mengkombinasikan Dua Rasa

Jika pemberian satu rasa tahapnya sudah si kecil lewati, kemudian anda dapat mencoba bahan-bahan makanan yang telah si kecil coba. Anda bisa memulainya dengan mengkombinasikan dua jenis makanan. Tidak hanya untuk memperkaya rasa, ini juga dilakukan untuk memastikan bahwa makanan si kecil mengandung gizi lengkap sesuai yang dibutuhkannya.

Selain itu, ini menjadi saatnya bagi anda untuk mengenalkan tekstur baru pada si kecil. Apabila sebelumnya anda memberikan puree atau bubur, maka pada usia 7 atau 8 bulan anda bisa meningkatkan tekstur makanan jadi  bubur saring. Kemudian tim serta finger food saat usia si kecil masuk 9 bulan.

Lihat juga : Aneka Buah yang Baik Untuk Bayi

Anda juga bisa mendorong si kecil untuk menyendok makan sendiri, sebagai langkah untuk melatih kemampuan motorik si kecil.

Itulah beberapa cara memperkenalkan rasa baru pada si kecil saat awal MPASI. Semoga bermanfaat.

Loading...