10 Cara Memilih Baju Bayi Baru Lahir & Perlengkapan Yang Harus Bunda Siapkan

Cara Memilih Baju Bayi Baru Lahir – Memilih baju untuk bayi baru lahir memang sesuatu yang harus dilakukan oleh setiap orang tua menjelang persalinan. Hal ini tentu tidak lepas dari apa saja perlengkapan yang harus ada dan juga bagaimana cara memilih baju untuk bayi baru lahir. Untuk itu, berikut ini kami sajikan beberapa tips dan juga cara memilih baju bayi baru lahir yang bisa Anda lakukan ketika membeli perlengkapan bayi!

Tidak dapat dipungkiri bahwa melahirkan adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap ibu. Mengandung janin selama 9 bulan tentu akan terbayarkan dengan lahirnya seorang anak di hidup Anda. Terlebih jika Anda mengandung anak pertama dimana kehadirannya memang sangat diharapkan. Dalam mendekati persalinan tentunya seorang ibu akan disibukkan dengan menyiapkan beberapa perlengkapan bayi dalam menyambut kehadiran bayi tersebut.

Ketika memilih perlengkapan bayi tentunya tidak bisa lepas dari keinginan para ibu baik dalam model ataupun warna serta perlengkapan apa saja yang harus dipersiapkan. Beberapa perlengkapan tentunya harus dipilih sebaik mungkin karena akan dipakai oleh bayi setiap harinya. Seperti halnya memilih baju bayi baru lahir dimana harus memenuhi syarat tertentu. Dalam memilih perlengkapan bayi tentunya ada beberapa tips dan juga cara memilih baju bayi baru lahir yang akan kami sajikan di bawah ini! Baca juga: Ketahuilah Manfaat Sarapan Sereal Gandum Bagi Anak

Cara Memilih Baju Bayi Baru Lahir

cara memilih baju bayi baru lahir

Seperti yang kita tahu bahwa pakaian bayi memang menjadi salah satu perlengkapan yang harus ada menjelang persalinan. Hal ini dikarenakan perlengkapan yang pertama kali digunakan ialah baju. Tentu, ada banyak sekali model baju bayi yang ada di pasaran baik dengan harga mahal ataupun terjangkau. Namun, belum tentu baju bayi dengan harga mahal memenuhi kriteria untuk bayi.

Dalam memilih baju bayi baru lahir tentunya tidak cukup hanya dengan masalah harga, namun juga berhubungan dengan kenyamanan bayi. Bagi bayi kenyamanan memang hal yang sangat penting ditambah lagi bahwa kulit bayi memang masih sensitif sehingga kita jangan sembarangan dalam memilih baju untuk bayi. Beberapa tips dan cara memilih baju bayi baru lahir di bawah ini diharapkan dapat membantu Anda dalam membeli perlengkapan untuk bayi baru lahir. Lihat juga: Bolehkah Bayi 1 Tahun DiBeri Nasi? | Makanan Anak 1 Tahun

Belilah Baju Bayi Dengan Ukuran Besar

Cara pertama yang dapat Anda lakukan ialah dengan mempertimbangkan ukuran baju yang akan dikenakan oleh bayi. Tips dari kami dalam memilih baju bayi baru lahir alangkah baiknya untuk memilih baju bayi dengan ukuran yang lebih besar. Hal ini dikarenakan bayi mengalami pertumbuhan yang cukup pesat sehingga jika Anda memilih baju dengan ukuran yang kecil. Maka, tidak akan terpakai dalam waktu yang cukup lama. Ditambah lagi baju bayi akan ketat sehingga membuat bayi merasa sesak dan juga tidak nyaman nantinya.

Bayi akan mengalami pertumbuhan yang cukup pesat hingga beberapa bulan. Selain untuk menghindari ukuran baju yang ketat, tentu kita juga belum bisa mengetahui bobot bayi karena masih di dalam kandungan. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk membelin baju dengan ukuran yang lebih besar untuk mengantisipasi ukuran baju bayi yang pas.

Pilih Model Sederhana

Dalam memilih baju bayi tentu kita harus mengabaikan terlebih dahulu dalam hal model. Hal ini karena bayi baru lahir tidak membutuhkan model baju yang lagi tren atau up-to-date. Model baju bayi pada umumnya memang sangat simpel. Janganlah Anda memilih model baju yang rumit karena akan menyusahkan Anda ketika mengenakannya pada bayi. Dalam memilih model baju bayi tentunya Anda harus menghindari untuk memilih model baju yang tidak berkerah. Karena dengan model baju seperti itu tentunya akan menyulitkan bayi untuk bergerak bebas akibatnya membuat bayi merasa terkekang. Dalam memutuskan warna yang akan dipilih tentunya harus sesuai dengan selera Anda dan juga tergantung dari jenis kelamin bayi. Namun, masalah warna pada bayi baru lahir bukanlah masalah yang cukup serius karena apapun warnanya akan sangat cocok untuk bayi baru lahir.

Pilihlan Bahan Katun

Bahan katun untuk baju bayi baru lahir memang lebih cocok. Hal ini dikarenakan baju katun sangat mudah untuk menyerap keringat. Selain itu, baju katun akan membuat tubuh bayi bergerak lebih leluasa dan bayi akan bernafas dengan baik. Perlu Anda perhatikan untuk tidak memilih baju bayi dengan bahan serat yang tinggi karena akan membuat bayi kesulitan  bernafas saat sedang tidur.

Pilih Baju Yang Mudah Dilepas

Bayi memang akan sering mengalami yang namanya buang air besar dan juga buang air kecil. Semua aktivitas tersebut tentunya akan membuat Anda sering mengganti baju bayi. Untuk itu, dalam memilih baju bayi, Anda perlu memperhatikan apakah baju bayi mudah dilepas ataukah tidak. Bayi memang cenderung bergerak dengan bebas sehingga jangan terlalu banyak kancing dan juga ornamen di dalam baju bayi. Hal ini tentu akan merepotkan Anda sendiri ketika membuka dan juga melepas pakaian bayi.

Pilih Bahan Yang Mudah Menyerap Keringat

Cara memilih baju bayi baru lahir yang sangat penting untuk diperhatikan yakni pilihlah bahan yang dapat menyerap keringat. Hal ini dikarenakan kulit bayi baru lahir memang sangat sensitif termasuk pakaian yang dikenakan oleh bayi. Bahan baju bayi memang harus menyerap keringat dengan baik, jika tidak maka akan menyebabkan kulit bayi menjadi iritasi.

Pilihlah Baju Yang Hangat

Baju hangat memang sangat diperlukan oleh tubuh bayi. Hal ini tentu bayi baru lahir memang membutuhkan kehangatan terlebih ketika bayi sedang tidur. Kulit dan tubuh bayi memang masih sangat sensitif sehingga tidak dapat diabaikan bahwa bayi memang membutuhkan baju yang hangat. Baju yang hangat tentunya akan membuat tidur bayi merasa terjaga dan juga nyaman. Selain itu, baju yang hangat juga akan melindungi kulit bayi dari iritasi. Namun, perlu diperhatikan juga untuk tidak memilih baju bayi dengan bahan yang sangat kasar.

Pilih Baju Yang Tipis

Untuk baju yang digunakan sehari-hari oleh bayi tentunya harus memilih baju dengan bahan yang tipis. Ketika siang hari udara memang sangat panas sehingga membutuhkan baju bayi dengan bahan yang tipis. Jika baju dikenakan dengan bahan yang tebal tentunya bayi akan rewel karena merasa kepanasan. Selain itu, baju dengan bahan yang tipis akan mudah dicuci dan mudah kering.

Jangan Memilih Baju Berukuran Pas

Jika Anda memilih baju dengan ukuran yang pas tentunya sangat mungkin bagi bayi untuk tidak dikenakan dalam waktu yang lama. Hal ini dikarenakan bayi mengalami pertumbuhan yang cukup singkat sehingga jika baju yang Anda pilih berukuran pas, maka akan membuat bayi tidak akan lama mengenakan baju tersebut. Selain itu, ukuran baju bayi yang terlalu pas akan menyebabkan bayi mengalami iritasi kulit.

Sebagian besar para ibu tentu akan memilih perlengkapan yang terbaik untuk buah hatinya. Begitupula dengan beberapa perlengkapan yang harus dipenuhi oleh seorang ibu dalam mempersiapkan kelahiran. Pastikan Anda mengikuti beberapa tips dan juga cara memilih baju bayi baru lahir di atas untuk memberikan kenyamanan pada bayi.

Daftar Perlengkapan Bayi Yang Harus Dipersiapkan

Setelah kita mengetahui tips dan juga cara memilih baju bayi baru lahir. Tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas mengani daftar perlengkapan bayi yang harus dipersiapkan menjelang kelahiran. Beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang harus ada, diantaranya:

Bedong

Perlengkapan bayi pertama yang tentu harus ada ialah bedong. Seperti yang kita tahu bahwa bedong digunakan untuk menghangatkan tubuh bayi. Dalam memilih kain bedong tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti ukuran dan juga bahan yang digunakan. Pada umumnya, kain bedong memiliki ukuran sekitar 110 cm x 90 cm. Akan lebih baik jika Anda memilih kain bedong yang lebar agar dapat dengan mudah untuk membedong bayi. Dalam menyiapkan bedong, Anda setidaknya harus memiliki sekitar 2 lusin. Hal ini karena bayi akan sering mengganti pakaian ketika buang air kecil dan juga buang air besar.

Popok Bayi

perlengkapan kedua yang sangat penting untuk Anda miliki ialah popok. Untuk bayi popok digunakan sebagai celana dan memang akan diganti sesering mungkin. Terlebih jika cuaca dingin, bayi akan sering pipis sehingga mengharuskan kita untuk menggantinya. Pada umumnya, bayi akan mengganti popok lebih sering pada siang hari dibandingkan pada malam hari. Agar menghindari popok bayi yang tidak cukup, setidaknya Anda harus menyiapkan popok sebanyak 3 lusin.

Celana Bayi

Celana memang sangat dibutuhkan oleh bayi setelah popok. Bayi tentunya akan dikenakan celana setelah popok bayi. Pada umumnya, celana bayi yang sering digunakan ialah model celana Pop. Model celana pendek dapat dipakai oleh bayi pada siang hari, sedangkan untuk malam hari harus dipakaikan celana panjang. kebutuhan celana pada bayi baru lahir memang sangat diperlukan dalam jumlah yang cukup banyak karena bayi akan sering buang air kecil.

Kaos Kaki dan Sarung Tangan

Perlengkapan selanjutnya yang harus ada menjelang kelahiran bayi ialah dengan menyiapkan kaos kaki dan juga sarung tangan bayi. Kedua benda ini tentunya berfungsi untuk melindungi tangan dan kaki bayi dari udara dingin. Kedua perlengkapan ini sering kali disepelekan, namun ternyata memiliki peranan yang cukup penting untuk bayi.

Bagaimanapun juga, jika kaki dan tangan bayi kedinginan, maka akan membuat bayi mengalami susah tidur. Selain itu, kaos kaki dan juga sarung tangan bayi berfungsi untuk menghangatkan dan melindungi kuku bayi agar tidak mencakar wajahnya. Dalam memenuhi perlengkapan kaos kaki dan jug sarung tangan bayi, alangkah baiknya jika Anda menyiapkan sekitar 1 lusin kaos kaki dan juga sarung tangan bayi.

Peralatan Mandi Bayi

Bagaimanapun juga, peralatan mandi bayi harus benar-benar diperhatikan. Tentu saja, Anda harus memilih produk sabun dan juga sampo bayi yang aman. Jika kita tidak pintar memilih, maka akan menyebabkan kulit dan tubuh bayi mengalami iritasi. Untuk memilih peralatan mandi bayi, alangkah baiknya jika Anda memilih handuk yang lembut  serta menjaga peralatan mandi tersebut agar tidak terkena kuman.

Selimut

Bagaimanapun juga, bayi baru lahir memang membutuhkan kehangatan. Dalam hal ini selimut bayi memang sangat penting dan termasuk ke dalam salah satu perlengkapan yang harus ada. Selain di rumah, selimut bayi juga memang dibutuhkan ketika berpergian karena dapat melindungi bayi dari cuaca dingin dan juga hembusan angin. Dalam memilih selimut pilihlah bahan yang lembut dan juga nyaman.

Gendongan Bayi

Gendongan bayi tentunya memang sangat perlu untuk digunakan ketika menggendong bayi dalam waktu yang cukup lama. Hal ini karena ketika bayi digendong dengan tangan akan membuat bayi merasa kurang nyaman sehingga akan membuat bayi Anda menjadi rewel. Untuk itu, gunakanlah gendongan bayi yang didepan. Sedangkan jika Anda ingin menggendong di belakang, Anda tentunya bisa menggunakannya ketika bayi sudah dapat berjalan.

Tempat Tidur Bayi

Agar bayi bisa tidur dengan nyaman, setidaknya persiapkanlah tempat tidur bayi senyaman mungkin. Dalam memilih tempat tidur alangkah baiknya jika dilengkapi dengan kelambu agar dapat melindungi bayi dari sengatan nyamuk. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini banyak sekali model tempat tidur yang lucu dengan model yang portable sehingga dapat dipindah-pindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

Terpal Anti Pipis

Hampir ibu tentunya melengkapi peralatan bayi dengan benda yang satu ini. Perlengkapan bayi ini tentuya digunakan untuk menghindari agar pipis bayi tidak langsung menyerap ke bawah kasur. Benda ini lebih sering disebut sebagai alat bayi. Untuk membeli terpal ini, Anda bisa membeli ukuran terpal dengan ukuran 70 cm x 90 cm agar dapat dengan luas melapisi bagian bawah bayi agar air pipisnya tidak merembes langsung ke kasur. Anda bisa membeli terpal bayi setidaknya dua buah agar dapat digunakan secara bergantian.

Bantal dan Guling Bayi

Biasanya tempat tidur bayi sudah dilengkapi dengan bantal dan juga kasur. Setidaknya bayi Anda membutuhkan 2 bantal dan guling yang ditempatkan di samping bayi. Dalam memilih bantal dan guling bayi, alangkah baiknya jika Anda memilih bahan yang bagus agar tidak mudah kempes dan juga lepek.

Botol Dot

Tidak dapat dipungkiri bahwa ASI merupakan salah satu sumber nutrisi yang paling baik dalam mendukung perkembangan buah hati Anda. Akan tetapi, tidak semua ibu dapat memberikan ASI yang cukup untuk buah hatinya. Hal ini tentunya disebabkan oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Untuk itu, diperlukan salah satu cara dan juga alternatif yang bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan ASI si kecil. Memerah ASI dan dimasukkan ke dalam botol yang steril tentunya menjadi langkah yang harus Anda lakukan. Untuk alat sterilisasi, Anda tentunya bisa memilih BPA Free untuk menjaga kesehatan bayi Anda. Setidaknya belilah botol dot bayi sebanyak 4 buah dan 1 alat sterilisasi agar dapat di ganti sesering mungkin. Langkah ini tentunya untuk mencegah agar kuman dan juga virus tidak dapat berkembang di dalam botol bayi.

Kaos Dalam

Kaos dalam atau singlet merupakan pakaian dalam yang digunakan setelah bayi berumur 2 bulan atau tergantung dari bobot badan bayi. Untuk bayi dibutuhkan kenyamanan, maka salah satu alternatif dimana bayi bisa menggunakan singlet. Untuk kaos dalam bayi sebanyak 1 lusin sudah lebih dari cukup.

Demikianlah beberapa perlengkapan bayi baru lahir sekaligus tips dan cara memilih baju bayi baru lahir yang tentu sangat bermanfaat untuk Anda. Semoga bermanfaat!

Loading...