Cara Memberi Makan Anak yang Sedang Tumbuh Gigi Agar Tetap Nyaman

Cara Memberi Makan Anak yang Sedang Tumbuh Gigi – Ketika anak memasuki masa pertumbuhan gigi, anda melihat si kecil mungkin menjadi lebih rewel dari biasanya. Hal itu disebabkan karena tumbuh gigi akan membuat si kecil tidak nyaman. Bahkan anda juga akan menghadapi sulitnya memberi makan si kecil ketika giginya tumbuh. Nah, jika seperti itu yuk simak beberapa tips berikut ini.

Cara Memberi Makan Anak yang Sedang Tumbuh Gigi

Tanda Anak Sedang Tumbuh Gigi

Tanda anak sedang tumbuh gigi biasanya berbeda-beda pada setiap anak. Tidak hanya menjadi susah makan, namun anak yang sedang tumbuh gigi juga akan mengalami beberapa tanda atau gejala seperti berikut ini.

  • Keluar air liur
  • Gusi anak merah dan bengkak
  • Si kecil sering menggigit benda padat
  • Gusi anak luka
  • Si kecil mudah marah dan gelisah
  • Rewel yang dapat diikuti dengan teriakan

Baca juga : Makanan Penyebab Gigi Berlubang Pada Anak

Bagaimana Cara Memberi Makan Anak yang Sedang Tumbuh Gigi?

Anda tentu akan mengalami kesulitan saat memberikan makan anak yang sedang tumbuh gigi. Namun, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mensiasatinya. Agar anak lebih mudah memakan makanannya, pemilihan makanan yang tepat adalah kunci penting. Nah, berikut ini beberapa pilihan makanan ketika anak sedang tumbuh gigi.

Makanan Bertekstur Halus

Makanan yang memiliki tekstur halus akan mudah diterima oleh anak yang sedang tumbuh gigi. Makanan yang menyentuh gusi biasanya akan membuat rasa nyeri semakin memburuk. Oleh karena itu, anda bisa memberikan makanan yang bisa si kecil langsung telan tanpa mengenai gusinya. Untuk sementara waktu anda bisa memberikan sup dengan tekstur seperti kim, sayur dan buah yang dihaluskan dan lain sebagainya.

Makanan Dingin

Rasa nyeri yang timbul pada gusi biasanya akan diikuti dengan sensasi terbakar yang membuat si kecil tidak nyaman. Agar si kecil lebih nyaman dan untuk membantu agar nafsu makan si kecil kembali, anda  bisa memberikan makanan seperti buah-buahan atau yogurt dingin dari kulkas.  Akan tetapi, pilihan makanan dengan cara ini lebih terbatas sebab beberapa makanan sebaiknya disajikan ketika masih hangat.

Nah, cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk membantu si kecil lebih nyaman yaitu dengan memberikan alat makan yang sudah didinginkan terlebih dahulu dalam kulkas seperti sendok ataupun dot. Namun, pastikan anda tidak mendinginkannya pada freezer atau lemari pembeku karena benda atau makanan yang terlalu dingin justru akan membuat mulut si kecil terluka.

Ketika anak makan lebih sedikit dibandingkan biasanya, anda harus tenang dan jangan khawatir dalam menyikapi kondisi ini. Anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil dari ASI atau susu formula.

Ketika anak makan, anda harus selalu mengawasinya untuk mencegah beberapa hal yang tidak diinginkan seperti tersedak dan lain sebagainya.

Makanan Padat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa salah satu tanda anak sedang tumbuh gigi yaitu si kecil memiliki kebiasaan menggigit benda keras. Hal ini diketahui akan dapat membantu memberikan rasa nyaman pada si kecil dan membantu mengurangi rasa nyeri pada gusi.

Anda dapat memberikan makanan padat pada si kecil, berupa cemilan stik sayuran seperti wortel maupun stik roti. Jangan berikan biskuit kering kemasan pada si kecil karena produk ini mengandung gula yang dapat menyebabkan gigi si kecil rusak.

Lihat juga : Masalah Saat Bayi Tumbuh Gigi dan Solusinya

Nah, itulah beberapa langkah yang dapat anda lakukan agar si kecil tetap nyaman saat tumbuh gigi. Semoga bermanfaat.

Loading...