Cara Agar Bayi Cerdas dan Pintar

Diposting pada

Beberapa cara sederhana dapat anda lakukan untuk merangsang bayi agar cerdas dan pintar.

Memiliki anak cerdas adalah harapan semua orangtua dan menjadi kebanggaan tersendiri untuk mereka. Untuk membuat bayi cerdas dan pintar, mengoptimalkan perkembangan otak bayi dapat dilakukan. Memberikan stimulasi sejak dini pada bayi dapat membantu mengoptimalkan perkembangan otak bayi dan membuat bayi cerdas dan pintar seperti yang diharapkan orang tua.

Stimulasi yang tepat agar bayi cerdas dapat dilakukan dengan langkah yang sederhana. Berikut ini, beberapa cara yang dapat anda lakukan agar bayi cerdas dan pintar.

Cara agar bayi cerdas

Cara Agar Bayi Cerdas dan Pintar

Cukupi Waktu Tidur Bayi

Apabila bayi anda mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka ia tidak akan rewel. Si kecil akan memiliki banyak energi untuk belajar tentang banyak hal bersama dengan anda.

Berikan ASI

ASI memiliki banyak manfaat untuk bayi. Penelitian terbaru tidak menemukan hubungan antara menyusui dengan kecerdasan di masa dewasa nanti. Namun, penelitian menemukan bahwa ASI berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh bayi.

Apabila kekebalan tubuh bayi meningkat, maka ia akan terhindar dari segala jenis penyakit. Keadaan fisik bayi yang sehat dan prima akan membuat ia menjadi lebih semangat dan ceria dalam mempelajari hal baru agar ia dapat tumbuh cerdas.

Berikan Stimulasi Sensoris Pada Bulan Awal

Pada bayi, pemahamannya akan sesuatu berawal dari kemampuan sensoris. Pada usia awal atau semenjak bayi dilahirkan hingga berusia 6 bulan, informasi tentang lingkungan diterima bayi melalui panca indera. Apa yang didengar, dilihat, dicium, dikecap, serta diraba bayi, akan menimbulkan sensasi yang pada akhirnya akan menciptakan pemahaman pada otak bayi.

Contohnya, setelah mandi anda dapat mengusap tubuhnya yang mungil dengan handuk, dimana hal ini dapat merangsang perkembangan kognitif bayi. Dari usapan yang diterima bayi, akan membuat bayi belajar mengenal tekstur handuk.

Ciptakan Lingkungan yang Dapat Mendorong Pembelajaran

Lingkungan yang aman dan tenang dapat mendorong proses pembelajaran. Lingkungan pembelajaran akan semakin mendukung apabila terdapat beragam benda stimulasi. Benda untuk menstimulasi tidak perlu barang berharga mahal. Benda-benda yang sederhana bisa dimanfaatkan selama bisa digunakan untuk stimulasi. Sebagai contoh botol bekas yang diisi dengan beras. Mainan sederhana ini bisa digunakan untuk merangsang pendengaran bayi. Jika ingin menghasilkan bunyi yang berbeda, maka anda dapat mengganti isi dari botol tersebut.

Hindari Overstimulasi

Jika lingkungan berisik, maka konsentrasi bayi akan terpengaruhi. Pada saat membentuk pemahaman akan sesuatu, bayi membutuhkan suasana yang tenang. Hindari memberikan stimulasi berlebihan pada bayi anda. Karena hal seperti ini hanya akan membuat otak bayi anda bekerja lebih cepat, akibatnya bayi tidak dapat memahami segala hal yang ia dapatkan. Sebaiknya berikan stimulasi pada si kecil dengan perlahan dan berulang.

Respon bayi anda

Penting bagi orangtua untuk memberikan respon positif pada saat bayi memberikan sinyal. Dengan respon dari orangtuanya bayi akan merasa lebih diperhatikan. Serta ia akan lebih kuat memahami makna tentang segala sesuatu di otaknya. Sebagai contoh, pada saat bayi anda mengeluarkan suara “aaa”, maka anda dapat segera meresponnya dengan melakukan kontak mata atau menirukan suara yang sama, kemudian tersenyumlah padanya.

Bebaskan Bayi Untuk Bereksplorasi

Dari lingkungan di sekitarnya bayi dapat belajar dan bereksplorasi. Untuk perkembangan kognitifnya, anda dapat menciptakan lingkungan yang mendukung dan bermanfaat. Untuk menstimulasi penglihatannya, anda dapat memanfaatkan mainan dengan warna cerah atau mainan yang digantung.

Ajak Bayi Berkomunikasi

Meskipun belum mengerti dan paham, cobalah untuk mengajak bayi anda berkomunikasi. Dengan orang-orang di sekitarnya bayi membutuhkan interaksi. Si kecil dapat berinteraksi apabila ayah atau ibunya mengajaknya bercakap. Komunikasi yang dilakukan dapat membantu menstimulasi perkembangan kognitif bayi.

Hindari Mengalihkan Perhatian Bayi

Pada saat bayi beraktivitas atau bermain, sebaiknya anda terima apa yang menarik bagi bayi anda ketika itu. Hindari mengalihkan perhatian bayi pada hal-hal yang lainnya, terlebih lagi jika anda menghentikan keasyikan bayi. Untuk memahami sesuatu bayi membutuhkan waktu. Oleh karena itu, berilah waktu pada bayi anda untuk memahami dan memaknai sesuatu. Apabila anda hendak mengenalkan mainan lainnya pada bayi anda, maka sebaiknya tunda terlebih dahulu hingga bayi selesai memahami mainan yang pertama. Hal ini dilakukan agar otak bayi anda memiliki jeda untuk memahami sesuatu.

Membacakan Buku

Bayi tidak akan paham pada cerita yang sedang anda bacakan untuknya. Namun, jika anda membacakan buku cerita yang dilengkapi dengan gambar pada bayi anda dengan berulang kali atau sebanyak 2 sampai 3 kali beturut-turut, maka bayi akan lebih mudah memahami dan mempelajari bahasa.

Nyanyikan Lagu

Saat mengganti popok atau memandikan bayi anda, maka anda dapat mencoba untuk menyanyikan lagu. Berdasarkan penelitian, mendengarkan lagu dengan beragam jenis irama dapat membuat anak lebih mudah belajar matematika.

Berikan Kesempatan Untuk Melakukan Perubahan

Pada saat bayi anda bermain, maka anda dapat memberikan mainan yang memungkinkan ia melakukan perubahan. Berikan mainan sesuai dengan usia bayi anda, pastikan mainan yang anda pilih aman untuk dimainkan si kecil seperti misalkan, bola kecil yang terbuat dari kain dan kerincingan berwarna warni. Mainan-mainan ini dapat diraih dan diangkat bayi karena ringan. Pengalaman ketika bayi mampu meraih, mendorong atau menggerakan mainannya tersebut dapat membangun kepercayaan pada bayi bahwa ia mampu melakukan sesuatu.

Berikan Penghargaan

Anda dapat memberikan penghargaan pada bayi anda ketika ia berhasil melakukan sesuatu. Berikan penghargaan dengan kata-kata yang positif padanya.

Buat Perbedaan

Cobalah untuk meletakan dua benda atau gambar yang berbeda di hadapan bayi anda. Kedua gambar atau benda tersebut harus sama, namun memiliki perbedaan kecil. Bayi akan melihat gambar dengan bergantian dan ia akan mulai menemukan perbedaannya. Permainan sederhana seperti ini merupakan dasar mengenal huruf dan membantu anak belajar membaca.

Ikut Bermain Bersama Bayi

Keterlibatan orangtua saat bermain dapat mengajarkan cara bermain yang tepat. Dimana keterlibatan orangtua dapat membantu si kecil belajar lebih cepat, mengembangkan potensi sosial, mengenali bakat atau kemampuan, minat sampai kebutuhan emosionalnya.

Bermain Ciluk Ba

Bermain ciluk ba bersama dengan si kecil selain membuatnya bahagia, juga dapat mengajarkan padanya bahwa sebuah obyek bisa menghilang dan kembali.

Tunjukan Hal Sederhana di Luar Rumah

Ajaklah bayi anda ke luar rumah agar ia dapat bereksplorasi. Anda dapat menunjukan hal-hal yang sederhana. Kenalkan benda-benda atau makhluk hidup yag berada di luar rumah kepadanya. Hal ini dilakukan agar bayi cerdas dan ia mampu mengingat banyak kosakata.

Katakan Apa yang Anda Lakukan

Anda dapat mengatakan apa yang akan anda lakukan pada bayi anda agar si kecil dapat belajar sebab dan akibat. Sebagai contoh, anda dapat mengatakan pada bayi bahwa anda hendak mematikan lampu kamar sebelum tidur.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *