Aneka Buah yang Baik Untuk Bayi

ASI merupakan makanan pertama dan utama bayi sebelum ia mendapatkan makanan pendamping ASI. Air susu ibu menjadi sumber gizi terbaik bagi bayi. Setelah si kecil menginjak usia 6 bulan, maka kebutuhan nutrisi si kecil sudah mulai beragam. Maka anda sudah bisa memberikan makanan pendamping ASI.

Makanan yang diberikan tentu bukanlah makanan sembarangan. Anda harus memberikan makanan bergizi, sehat dan tentunya mudah dicerna oleh si kecil. Salah satu makanan sehat untuk bayi yaitu buah-buahan. Berikut ini beberapa buah yang baik untuk bayi.

Buah yang Baik Untuk Bayi

Buah yang Baik Untuk Bayi

Buah-buahan merupakan salah satu makanan sehat  yang memiliki banyak nutrisi dan baik untuk bayi. Ada beberapa buah yang baik untuk bayi seperti berikut ini. ( Baca juga : Khasiat dan Cara Mengolah Buah Kiwi Untuk Bayi )

Pisang

Selain manis, pisang juga mengandung nutrisi yang baik. Anda dapat memberikan makanan padat pada si kecil saat usianya enam bulan. Salah satu buah yang sering dijadikan makanan pendamping ASI terbaik yaitu pisang. Pisang memiliki tekstur yang halus dan lembut, sehingga si kecil tidak akan sulit dalam mencerna buah  yang satu ini.

Anda dapat memilih  pisang emas, pisang susu da pisang ambon. Pastikan anda memilih pisang dengan kematangan sempurna untuk diberikan pada si kecil.

Cara Memasak Bubur Pisang

  • Silahkan siapkan pisang secukupnya.
  • Kemudian kupas pisang dan potong-potong.
  • Setelah itu anda bisa menambahkan susu formula atau ASI.
  • Selanjutnya anda bisa menghancurkannya.

Apel

Dalam buah apel terkandung banyak gizi seperti kalsium, kalium, fosfor, vitamin A, magnesium, mineral  dan vitamin C yang baik untuk pertumbuhan anak. Buah apel mudah dicerna serta tidak akan menyebabkan alergi pada bayi. Sebaiknya berikan apel pada si kecil saat ia sudah dikenalkan pada makanan pendamping ASI, yakni saat usianya minimal 6 bulan.

Cara Mengolah Apel Untuk Bayi

  • Siapkan 1 buah apel. Kemudian anda bisa mengupas kulitnya.
  • Lalu potong buah apel dengan ukuran kecil-kecil. Setelah itu letakan pada tempat yang tahan panas.
  • Kemudian anda bisa mengukus potongan apel di dalam panci selama kurang lebih 3 menit.
  • Setelah selesai dikukus anda dapat menghaluskan buah apel dengan menggunakan blender atau garpu.

Alpukat

Buah yang baik untuk bayi selanjutnya yaitu buah alpukat.  Buah dengan daging berwarna hijau ini memiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang khas. Alpukat merupakan sumber lemak tak  jenuh dan mengandung vitamin E.

Cara Mengolah Buah Alpukat Untuk Bayi

  • Langkah pertama yang harus dilakukan yakni menyiapkan buah alpukat matang sebanyak  setengah buah.
  • Kemudian anda bisa mengupas buahnya dan memanfaatkan dagingnya saja.
  • Simpan daging buah alpukat pada wadah. Lalu anda bisa menghancurkannya dengan menggunakan blender atau garpu.

Kiwi

Buah kiwi mengandung tinggi vitamin C dan vitamin A. Hanya saja, sifat asam yang dimiliki buah kiwi terkadang dapat menyebabkan ruam pada mulut atau ruam popok. Karena seperti itu, penting untuk berhati-hati saat anda memberikan buah ini pada bayi. Cobalah untuk perhatikan apakah ada tanda-tanda alergi atau tidak.  Jika terlihat tanda alergi sebaiknya hentikan pemberian buah ini.

Cara Mengolah Buah Kiwi Untuk Makanan Bayi

  • Siapkan buah kiwi, kemudian anda bisa mengupasnya. Lalu potong-potong buah kiwi.
  • Haluskan potongan buah kiwi dengan blender, garpu dan food processor.

Pepaya

Rasanya yang manis, dengan tekstur yang lembut dan warnanya cantik membuat buah yang satu ini banyak disukai. Buah pepaya juga mengandung tinggi folat, vitamin A, vitamin E, vitamin C dan serat. Dalam buah pepaya terkandung serat, serta papin yang baik untuk pencernaan bayi. Karena seperti  itu, buah ini sering dijadikan sebagai obat alami untuk mengobati sembelit.

Cara Memasak  Pepaya Untuk Makanan Bayi

  • Siapkan buah pepaya yang sudah matang dengan  warna orange gelap. Pastikan jika anda menyiapkan buah pepaya yang segar dan terbebas dari noda.
  • Setelah itu, cuci buah pepaya hingga bersih untuk menghilangkan bakteri.
  • Kupas kulit buah pepaya dan buang bijinya.
  • Kemudian anda bisa kembali mencuci buah pepaya untuk menghilangkan bijinya yang tersisa.
  • Setelah itu potong-potong buah pepaya hingga menjadi beberapa potongan kecil. Lalu anda bisa menghaluskannya.

Itulah beberapa buah yang baik untuk bayi. Pastikan anda memberikannya saat usia si kecil sudah cukup mendapatkan makanan pendamping ASI  atau MPASI. Semoga bermanfaat.

Loading...