Pilihan Buah Untuk Ibu Menyusui Agar ASI Tetap Lancar

Buah Untuk Ibu Menyusui – Buah-buahan adalah sumber vitamin, serat, serta mineral penting yang bagus untuk menunjang kesehatan ibu serta buah hati selama menyusui. Mengonsumsi buah dengan rutin juga memiliki manfaat yang bagus untuk anda yang ingin memperbanyak ASI.

Buah untuk ibu menyusui

Baca juga : Sayuran Untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Pilihan Buah Untuk Ibu Menyusui Agar ASI Tetap Lancar

Berikut ini beberapa pilihan buah untuk ibu menyusui supaya produksi ASI tetap lancar.

Buah Pepaya Hijau

Buah pepaya termasuk salah satu buah yang bagus untuk ibu menyusui. Namun, buah pepaya yang dapat membantu melancarkan ASI yaitu pepaya dengan daging berwarna hijau muda. Buah pepaya dengan daging buah berwarna hijau rasanya tidak terlalu manis dibandingkan dengan pepaya dengan daging berwarna oranye. Sekilas buah pepaya ini mungkin sering dianggap belum matang. Oleh karena itu, kenapa buah pepaya yang satu ini sering disebut sebagai pepaya muda sebab warnanya hijau.

Untuk ibu menyusui, buah pepaya hijau dapat melancarkan ASI sebab memiliki kandungan galactagogue, yaitu kandungan yang bisa membuat persediaan ASI meningkat dan memperlancar produksi ASI. Karena umur buah pepaya ini masih muda, teksturnya belum empuk. Oleh karena itu, buah pepaya harus diolah terlebih dahulu sebelum anda mengonsumsinya.

Buah Kurma

Buah kurma identik dengan bulan puasa. Buah yang satu ini biasanya selalu disajikan sebagai  menu buka puasa. Memiliki rasa yang manis, buah yang satu ini banyak disukai. Selain itu, buah ini juga diketahui dapat membantu membuat produksi ASI meningkat. Buah kurma akan membuat kadar hormon prolaktin meningkat yang diperlukan untuk melancarkan ASI.

Buah Aprikot

Buah yang satu ini mungkin cukup sulit untuk ditemukan. Buah aprikot ini juga dapat membantu membuat produksi ASI lancar selama anda menyusui. Buah yang memiliki warna kuning dan berbentuk bulat ini dapat membuat hormon prolaktin meningkat. Prolaktin itu sendiri merupakan hormon yang dapat melancarkan produksi ASI.

Tidak hanya itu, buah aprikot juga mengandung zat gizi yang bagus untuk anda dan bayi. Berbagai kandungan vitamin dam mineral pada buah aprikot tentu tidak bisa diremehkan. Buah aprikot juga kaya akan kandungan air sehingga dapat membantu tubuh anda dan si kecil untuk tetap terhidrasi, selain dengan rutin minum air.

Untuk membantu menambah ASI, anda bisa mengonsumsi buah aprikot segar ataupun yang sudah dikeringkan. Hindari mengonsumsi buah aprikot yang dikemas dalam kaleng. Sebab buah kemasan dalam kaleng cenderung mempunyai kandungan gula yang tinggi karena biasanya sudah dicampurkan dengan perasa.

Buah Jeruk

Buah jeruk juga termasuk salah satu buah yang bagus untuk menambah tenaga serta membuat produksi ASI lancar. Buah ini tinggi akan kandungan vitamin C dan baik dikonsumsi saat sedang menyusui.

Kandungan vitamin C bermanfaat untuk pembentukan gigi, tulang dan otot pada si kecil, termasuk untuk bayi baru lahir. Tidak hanya itu, vitamin C pada buah jeruk juga akan membuat pertumbuhan meningkat dan memperbaiki jaringan.

Buah Alpukat

Buah alpukat tinggi akan gizi untuk ibu menyusui. Keluhan yang umum dialami oleh ibu menyusui yaitu mudah merasa lapar. Nah, pada buah alpukat terkandung asam lemak esensial seperti asam lemak omega 6, asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 9. Kandungan yang terdapat pada buah alpukat ini akan membuat ibu kenyang lebih lama.

Tidak hanya itu, kandungan pada buah alpukat juga baik untuk berbagai fungsi tubuh, serta baik untuk produksi ASI. Selain itu, buah alpukat dapat membantu menjaga kadar kolesterol dan gula darah pada ibu menyusui sekaligus memenuhi kebutuhan asupan vitamin K, vitamin B, vitamin E, vitamin C, kalium dan folat.

Lihat juga : Cara Memperbanyak ASI

Upaya anda untuk melancarkan produksi ASI dengan cara mengonsumsi aneka makanan yang dapat mendukung produksi ASI, sebaiknya disertai dengan rutin memberikan ASI pada si kecil sesuai dengan waktunya. Semakin sering anda menyusui buah hati, maka produksi ASI yang dikeluarkan akan semakin banyak. Jika bayi sudah merasa kenyang namun payudara anda tetap penuh, anda bisa mengosongkannya dengan memompa ASI.

 

Loading...