Bercak Putih Pada Bayi, Kenali Penyebabnya Berikut Ini

Munculnya bercak putih pada kulit si kecil tentunya akan membuat anda khawatir. Bercak putih pada kulit si kecil dapat disebabkan karena berbagai faktor. Agar anda bisa menanganinya dengan tepat sesuai penyebabnya, simak beberapa penyebab bercak putih pada bayi di bawah ini.

Bercak Putih Pada Bayi

Bercak Putih Pada Bayi, Kenali Penyebabnya Berikut Ini

Dibandingkan orang dewasa, kulit bayi lebih sensitif. Karena masih sensitif membuat si kecil mudah mengalami masalah pada kulitnya. Simak beberapa penyebab bercak putih pada kulit di bawah ini.

Milia

Penyebab bintik putih pada bayi yang pertama yaitu Milia. Masalah kulit yang satu ini hampir mirip dengan jerawat. Namun, bedanya masalah kulit yang satu ini seperti bercak dengan bintik putih pada kulit si kecil. Milia biasanya muncul pada beberapa area kulit seperti dagu, hidung dan pipi bayi. Selain itu, terkadang juga muncul pada alat kelamin atau kelopak mata si kecil.

Diketahui masalah kulit milia umum dialami oleh bayi, termasuk bayi yang baru lahir. Masalah kulit yang satu ini terbentuk dari serpihan kulit mati pada pori-pori yang terperangkap. Tidak hanya itu, milia juga bisa muncul di kulit setelah sembuh dari masalah kerusakan karena ruam, lepuhan atau karena terbakar oleh matahari. Milia menimbulkan beberapa gejala seperti misalkan panas, sakit, gatal ataupun perih.

Vitiligo

Vitiligo merupakan penyakit kulit turunan. Penyakit kulit yang satu ini akan membuat warna kulit mengalami perubahan, dimana bercak putih akan muncul pada kulit bayi. Bercak yang muncul pada kulit bayi bervariasi, baik berukuran besar ataupun kecil. Biasanya bercak itu sendiri muncul pada tangan, wajah, kaki dan bibir. Selain kulit yang mengalami perubahan, penyakit ini juga akan menyebabkan warna bulu mata, rambut dan alis menjadi memutih.

Penyakit yang satu ini terjadi ketika melanosit atau sel penghasil pigmen tidak memproduksi melanin. Melanin itu sendiri merupakan zat yang memberikan warna pada kulit, mata dan rambut. Produksi melanin yang berhenti diketahui disebabkan karena proses auto imun. Selain itu, masih banyak lagi faktor lainnya yang dapat menyebabkan munculnya masalah kulit yang satu ini. Contohnya karena bahan kimia industri ataupun karena paparan sinar matahari.

Erythema Toxicum Neonatorum

Selain itu, munculnya bercak putih pada kulit si kecil juga bisa disebabkan karena Erythema toxicum neonatorum. Masalah kulit yang satu ini akan menyebabkan benjolan muncul. Dimana benjolan tersebut berukuran kecil dan berwarna kuning, dimana lama kelamaan akan menjadi memutih atau kemerahan. Benjolan ini akan terasa keras ketika disentuh dan akan mengeluarkan cairan ketika pecah.

Masalah kulit ini biasanya muncul pada dada atau kulit wajah. Selain itu, dapat juga muncul pada kaki dan lengan. Si kecil dapat mengalami masalah kulit ini ketika ia dilahirkan atau setelah satu hingga dua hari setelah si kecil lahir.

Munculnya masalah kulit ini diketahui menjadi respon  tubuh si kecil pada mikroba yang akan masuk ke dalam kulit. Apabila sistem imun tubuh si kecil menguat maka kulit bayi yang sensitif akan berkurang.

Panu

Munculnya panu pada kulit disebabkan karena infeksi jamur. Masalah kulit ini akan menyebabkan munculnya bercak putih pada kulit si kecil. Dimana bercak putih ini biasanya berbentuk oval, bersisik, kering dan terasa gatal. Bayi rentan mengalami panu jika kulit tubuhnya lembab akibat keringat.

Nah, itulah beberapa penyebab bercak putih pada kulit bayi. Ketika si kecil mengalami masalah kulit tersebut, sebaiknya jangan asal memberikannya obat. Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Loading...