Resep dan Cara Membuat Ayam Kecap Sederhana Kesukaan Anak-Anak

Resep dan Cara Membuat Ayam Kecap Sederhana Kesukaan Anak-Anak – Sebagai orangtua, anda tentu ingin menyajikan menu yang sehat dan bergizi untuk buah hati. Ada banyak menu bergizi yang bisa anda hidangkan untuk si kecil, salah satunya menu yang terbuat dari ayam. Ayam bisa diolah menjadi berbagai sajian yang nikmat dan tentunya disukai oleh anak. Salah satu sajian yang terbuat dari ayam yang bisa anda buat yaitu tumis ayam.

Tumis ayam kecap menjadi salah satu menu kesukaan anak-anak. Rasanya yang legit dengan bumbu yang meresap hingga ke dalam akan membuat si kecil berselera makan. Selain itu, cara membuat hidangan yang satu ini sangat mudah.

Nah, untuk anda yang ingin menghidangkan menu ini untuk buah hati tercinta, mari simak resep dan cara membuat sajian ayam kecap sederhana kesukaan anak-anak di bawah ini.

Ayam Kecap Sederhana

Baca juga : Sumber Protein Hewani Untuk MPASI Bayi yang Terbaik

Resep dan Cara Membuat Ayam Kecap Sederhana Kesukaan Anak-Anak

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 2 sendok makan air perasan jeruk nipis
  • 2 sendok makan margarin
  • 3 sendok makan kecap inggris
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1-2 buah jeruk limau
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 ekor ayam negeri/kampung
  • 1 sendok teh bawang putih cincang

Cara Membuat Ayam Kecap Sederhana Kesukaan Anak

  1. Pertama-tama langkah yang harus anda lakukan yaitu memotong ayam yang sudah anda sediakan menjadi 6 atau 8 bagian sesuai selera. Jika sudah, silakan ayam dicuci hingga bersih di bawah air yang mengalir. Lalu tiriskan.
  2. Selanjutnya, ayam yang sudah dicuci silakan dilumuri dengan menggunakan garam dan jeruk nipis. Jika sudah, anda bisa ungkep ayam sampai matang. Lalu silakan dinginkan sebentar.
  3. Siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng. Tuangkan minyak goreng agak banyak untuk menggoreng ayam. Panaskan minyak goreng tersebut.
  4. Apabila minyak goreng sudah panas, silakan masukan ayam dan goreng hingga matang atau warnanya berubah menjadi kecoklatan. Lalu angkat dan tiriskan terlebih dahulu.
  5. Silakan panaskan margarin sebanyak 2 sendok makan. Setelah margarin panas, masukan bawang putih yang sebelumnya sudah anda cincang. Tumis hingga mengeluarkan aroma harum.
  6. Lalu masukan bumbu lainnya seperti kecap manis, kecap inggris, merica dan ayam goreng. Aduk-aduk hingga tercampur dengan merata.
  7. Masak ayam hingga bumbunya meresap dan warnanya berubah menjadi kecoklatan. Jika sudah seperti itu, anda bisa mengangkatnya.
  8. Siapkan tempat saji. Lalu sajikan ayam kecap pada tempat saji dan tambahkan perasan air jeruk limau di atasnya agar rasanya semakin nikmat.

Ayam kecap sederhana sudah selesai dibuat dan siap disajikan. Sajian ayam kecap ini sangat pas dinikmati saat masih dalam keadaan hangat dengan nasi putih hangat.

Jika si kecil sulit makan, tidak ada salahnya anda mencoba menghidangkan sajian ayam kecap ini. Selamat mencoba.

Lihat aneka resep lainnya : Selerasa.com

Anak-anak biasanya suka pilih-pilih menu makan. Oleh karena itu, sebagai orangtua anda harus bisa mengatasinya dengan menyajikan menu lezat namun tetap sehat agar si kecil berselera makan. Nah, biasanya salah satu menu kesukaan anak yaitu ayam. Anda bisa mengolahnya menjadi hidangan nikmat, seperti ayam kecap ini. Tekstur dagingnya yang lembut berpadu dengan bumbu yang gurih dan legit akan membuat ketagihan.

Itulah resep dan cara membuat ayam kecap sederhana kesukaan anak. Selamat mencoba di rumah ya bund.

Loading...