Apa yang Harus Dilakukan Ketika Kepala Bayi Terbentur II

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Kepala Bayi Terbentur II – Bayi yang mulai aktif bergerak akan cenderung membuat mereka rentan dengan bahaya. Hilir mudik kesana kemari akan mungkin membuat mereka mudah terjatuh atau bahkan terbentur. Kondisi struktur tubuh bayi yang masih sangat muda membuat luka kecil saja akan berbahaya, apalagi saat kepala bayi terbentur. Untuk itu, mari simak apa yang harus dilakukan ketika kepala bayi terbentur bagian II ini.

Bayi yang baru belajar mengembangkan kemampuannya dalam mengeksplorasi segala hal akan mulai membuat mereka aktif bergerak. Tak jarang saat merangkak atau berjalan tubuh mereka akan tersandung dan membuat mereka jatuh. Bahkan pergerakan yang masih belum dikuasai dengan baik akan mungkin membuat mereka mudah terluka.

Sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai Apa yang Harus Dilakukan Ketika Kepala Bayi Terbentur. Nah, kali ini kita akan simak lebih dalam mengenai beberapa hal yang perlu dilakukan saat ibu mendapati kepala si kecil terbentur.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Kepala Bayi Terbentur II

Beberapa panduan ini akan membantu ibu untuk melakukan penanganan pertama saat si kecil terluka. Ingin tahu seperti apa? Mari simak beberapa informasinya dibawah ini.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Kepala Bayi Terbentur II

Ada beberapa hal penting yang harus senantiasa ibu lakukan ketika mendapati kepala bayi terbentur. Terlepas dari seberapa parah dan media apa yang menghantamnya. Penanganan ini perlu dipelajari dengan baik. Simak beberapa informasinya dibawah ini.

Respons Buka Mata

Bila setelah insiden terbentur si kecil masih menangis namun masih mampu membuka mata atau melek. Maka kondisi ini bukanlah hal yang perlu anda khawatirkan dengan terlalu besar. Bila benturan yang menyebabkan gangguan otak pada anak biasanya mereka tidak akan mampu membuka matanya. Atau pada saat terjadi benturan si kecil akan cenderung terlihat seperti mengantuk.

Nah, kondisi benturan inilah yang perlu diwaspadai dengan baik dan benar. Segera konsultasikan masalah ini dengan dokter agar si buah hati mendapatkan penanganan yang baik. Dengan begini kemungkinan terburuk dari benturan ini akan bisa diatasi dengan segera.

Respons Verbal

Beberapa bayi yang sudah bisa diajak berbicara atau berkomunikasi akan dapat diberikan respon verbal. Ketika anda mendapati si kecil terbentur pada bagian kepala segera raih dan lakukan komunikasi dengan mereka. Ketika anda mendapati si kecil masih bisa diajak berbicara maka kondisi ini bisa dikategorikan baik-baik saja. Hanya saja, hal ini pun masih memerlukan pertimbangan kronologis benturan. Ketika benturan yang terjadi begitu keras maka penanganan lebih lanjut perlu dilakukan.

Dikhawatirkan kondisi benturan yang terlalu dahsyat akan membuat bagian otak si kecil menjadi terganggu. Jadi demikian, segera konsultasikan masalah ini dengan dokter dengan baik. Bila perlu lakukan pemeriksaan lebih lanjut dan serahkan penanganan ini pada dokter.

Perhatikan Apakah Terdapat Benjolan

Selanjutnya setelah si kecil berada dalam dekapan anda, perlahan silahkan perhatikan apakah terdapat benjolan (hematom). Periksa kembali dan cermati apakah terdapat benjolan atau dekok pada bagian kepala si bayi. Bila ubun-ubunnya teraba ada benjolan maka kemungkinan kondisi ini mengindikasikan adanya peningkatan tekanan kedalam otak.

Kondisi ini akan sangat beresiko sehingga si kecil akan membutuhkan penanganan yang lebih serius. Jadi demikian, segera periksakan masalah ini ke dokter agar si buah hati bisa mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Loading...