Amankah Lotion Anti Nyamuk Untuk Bayi?

Amankah Lotion Anti Nyamuk Untuk Bayi? – Setiap ibu tentu menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Betapa tidak, anak yang begitu mereka nantikan dan dengan susah payah mereka lahirkan ke dunia tentu diharapkannya mendapatkan semua yang terbaik yang bisa dilakukan oleh orangtuanya. Sayangnya, meskipun berusaha dengan sangat keras untuk menjaga bayi dengan sangat baik. Namun terkadang masalah yang tidak terduga, seperti gigitan nyamuk datang dengan diam-diam. Melihat kulit bayi merah-merah dan tingkahnya yang kesulitan menahan rasa gatal akibat gigitan nyamuk seringkali membuat ibu merasa kesal dan gagal menjaga mereka dengan baik.

Kemudian anda lantas berinisiatif memberikan pelindung anti nyamuk dengan mengoleskan lotion tertentu. Bun, hati-hati ya bayi terutama mereka yang baru lahir sebaiknya jangan sembarangan diberikan produk-produk yang sering digunakan oleh orang dewasa. Karena selain formulanya yang belum tentu aman untuk mereka bisa jadi si kecil yang senang memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya membuat zat-zat yang terkandung dalam produk tersebut kemudian tak sengaja termakan.

Hal inilah yang seringkali menimbulkan pertanyaan pada banyak ibu tentang amankah lotion anti nyamuk untuk bayi? Nah, untuk lebih jelasnya anda akan dapat menyimak bahasannya di bawah ini. Penasaran seperti apa? Mari kita langsung simak saja penjabarannya.

Amankah Lotion Anti Nyamuk Untuk Bayi?

Mendapati bentol pada kulit bayi dan kemerahan akan tentu membuat bunda merasa sedih. Belum lagi, ancaman bahaya dari gigitan nyamuk yang menyeramkan adalah timbulnya demam berdarah atau malaria. Yang mana tentunya hal ini akan menjadi mimpi buruk setiap orangtua. Nah, oleh karenanya, banyak bunda yang berinisiatif memberikan perlindungan bayi agar terhindar dari gigitan nyamuk dengan memberikan mereka lotion anti nyamuk.

Namun apakah secara medis bayi boleh dipakaikan lotion anti nyamuk? Jawabannya boleh-boleh saja namun ada banyak syarat yang harus diperhatikan, termasuk pemilihan produk anti nyamuk tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Hal ini tentu saja bertujuan untuk mencegah bahaya dan gangguan kesehatan lainnya yang disebabkan oleh penggunaan lotion anti nyamuk pada bayi.

Jadi pada intinya secara garis besar, penggunaan lotion anti nyamuk pada bayi boleh-boleh saja dilakukan selama bunda mampu memperhatikan beberapa rambu-rambu penting dalam penggunaan lotion anti nyamuk tersebut. Apa saja sih aturan menggunakan lotion anti nyamuk pada bayi? Mari simak informasinya di bawah ini.

Aturan Menggunakan Lotion Anti Nyamuk Pada Bayi

Seperti yang kita tahu selama ini penggunaan lotion anti nyamuk dapat bekerja mencegah gigitan nyamuk pada kulit. Namun demikian, bukan berarti anak bayi boleh menggunakan lotion anti nyamuk yang diperuntukan untuk orang dewasa.

Selain itu, adapula beberapa syarat penting lagi bagi bunda yang hendak memberikan lotion anti nyamuk pada buah hatinya. Apa sajakah hal tersebut? Mari simak di bawah ini informasinya.

Perhatikan Usia Bayi

Hal penting pertama yang perlu menjadi pertimbangan ketika memberikan lotion anti nyamuk pada bayi adalah usia bayi itu sendiri. Bayi yang baru saja dilahirkan ke dunia dan masih menjalani tahapan awal perkembangannya sebaiknya tidak diberikan lotion anti nyamuk sebagai pencegahan gigitan nyamuk. Sebagai gantinya, anda bisa menggunakan pakaian tertutup atau menggunakan kelambu untuk melindungi si kecil dari ancaman gigitan nyamuk.

Pastikan penutup tubuh si kecil baik itu baju maupun kelambu tidak sampai mengurangi kenyamanan si kecil dalam beraktivitas. Hal ini dikarenakan ketika bayi merasa tidak nyaman biasanya mereka akan rewel dan membuat ibu kebingungan mengartikan amarah bayi.

Adapun usia bayi yang sudah mulai bisa diberikan lotion anti nyamuk adalah pada saat usianya sudah dua bulan ke atas. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh seorang ahli kesehatan anak dan bayi. Bayi dengan usia kurang dari dua bulan memiliki kulit yang amat sangat sensitive sehingga dikhawatirkan penggunaan lotion anti nyamuk tidak akan cocok dengan kulit bayi dan berisiko menyebabkan keluhan kulit terjadi padanya.

Perhatikan Kandungan Lotion Anti Nyamuk

Sebaiknya, kandungan dalam produk lotion anti nyamuk pada bayi memang diformulasikan secara khusus untuk bayi. Artinya anda tidak bisa memberikan sembarangan produk lotion anti nyamuk apalagi produk yang digunakan oleh orang dewasa. Hal ini tentu saja dilakukan untuk mencegah reaksi alergi atau tidak cocok dengan kulit bayi yang masih sangat sensitive terhadap rangsangan yang diberikan dari luar.

Lebih dari itu, bayi berusia di atas dua bulan biasanya sudah mulai aktif melakukan pergerakan motorik yang melibatkan mulut dan semua anggota tubuh lainnya. Jangan sampai lotion anti nyamuk yang diaplikasikan pada bagian tubuhnya lantas ia masukkan ke dalam mulut lewat mengemut tangan atau kakinya.

Ketika bahan lotion anti nyamuk tidak diformulasikan khusus untuk bayi. Makakandungan zat di dalamnya akan berbahaya untuk bayi. Nah, untuknya jangan sembarangan menggunakan produk lotion anti nyamuk apalagi bila anda hendak memberikannya untuk si kecil. Agar jangan sampai niat anda untuk memberikan pencegahan dan perlindungan kesehatan untuk mereka malah berubah menjadi malapetaka sebab anda tidak cukup teliti mengurus si kecil.

Pilih Bahan Penangkal Nyamuk Alami

Alternatif lain dari penggunaan lotion anti nyamuk yang sudah dibuat di pabrik dalam bentuk kemasan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan penangkal nyamuk yang bersifat alami. Kita tidak tahu dan tidak pula semua orang mengerti dengan kandungan yang tertera pada komposisi di kemasan produk lotion anti nyamuk. Jadi meskipun anda memilih produk lotion anti nyamuk untuk bayi tidak ada jaminan yang pasti jika anak anda akan cocok menggunakan produk tersebut.

Produk yang tidak cocok dengan kulit bayi akan membuat mereka mengalami alergi. Gejala dari alergi ini bisa beragam yang mana sebagian umumnya akan sangat merugikan bayi. Diantaranya adalah ruam, bruntusan, kemerahan dan masih banyak lagi. Nah, untuk menghadapi masalah semacam ini penggunaan bahan alami akan sangat bermanfaat untuk anda gunakan.

Beberapa bahan alami yang punya manfaat untuk menangkal kehadiran nyamuk diantaranya adalah citronella oil, serai dan juga pappermint. Anda bisa memanfaatkan produk alami ini sebagai cara mencegah gigitan nyamuk pada bayi. Pengolahannya beragam anda bisa menyajikannya dalam bentuk minyak ekstrak atau mungkin mengoleskannya secara langsung pada tubuh bayi.

Pastikan Produk Mengandung Anti-Irritant Complex

Hal lain yang juga menjadi perhatian penting para orangtua dalam memilih produk lotion anti nyamuk untuk bayi adalah sebaiknya produk tersebut mengandung anti irritant complex. Kandungan ini penting didapatkan untuk mencegah iritasi pada kulit bayi.

Selain itu, bahannya pun harus bersifat hypoallergenic dan telah teruji secara dermatologis. Untuk itu, sebelum ibu membeli produk lotion anti nyamuk sebaiknya cermati betul kandungan yang ada di dalamnya. Apalagi kulit bayi masih sangat sensitif jangan sampai kesalahan sedikit saja membuat masalah timbul pada tubuh mereka karena kelalaian orangtua

Pilih Produk Waterbase

Saran lain yang sebaiknya diperhatikan dalam pemilihan produk lotion anti nyamuk pada bayi sebaiknya adalah produk dengan bahan dasar air. Hal ini dikarenakan produk semacam ini punya sifat mudah meresap ke dalam kulit bayi dan tidak meninggalkan bekas krim yang lengket dan tidak nyaman untuk bayi. Anda bisa mendapatkan formula ini dengan membaca label kemasan atau meminta saran dokter mengenai produk lotion anti nyamuk terbaik yang bisa anda gunakan untuk si kecil.

Nah, itulah dia beberapa persyaratan penting yang harus diperhatikan bagi ibu yang hendak memberikan lotion anti nyamuk untuk bayi. Selain bahasan di atas kita simak juga manfaat dan kandungan yang terdapat dalam lotion anti nyamuk yang perlu anda ketahui dengan baik. Apa sajakah hal tersebut? Mari simak di bawah ini.

Manfaat dan Kandungan Lotion Anti Nyamuk

Pemberian lotion anti nyamuk merupakan salah satu upaya yang kerap kali dipilih para ibu dalam memberikan perlindungan pada si kecil dari gigitan nyamuk. Lewat pencegahan gigitan nyamuk, pengggunaan lotion anti nyamuk diharapkan mampu melindungi si kecil dari virus yang dibawah oleh nyamuk. Penggunaan lotion anti nyamuk pun dipilih sebagai produk yang ideal dan mudah dibawa kemana-mana.

Terutama pada saat berpergian dan travelling. Daripada membawa obat nyamuk bakar atau obat nyamuk elektrik, penggunaan lotion obat nyamuk akan membantu melindungi si kecil dari gigitan nyamuk saat ia berada di ruangan terbuka.

Apalagi menyadari besarnya ancaman penyakit akibat gigitan nyamuk seperti Demam Berdarah (DBD) dan malaria. Tentu hal ini semakin membuat banyak orangtua merasa resah. Namun setelah mengetahui penggunaan lotion anti nyamuk menjadi bahan yang aman untuk diberikan pada bayi maka hal ini akan tentu menjadi acuan pada orangtua terutama para ibu dalam menemukan produk yang terbaik dari lotion anti nyamuk untuk diberikan kepada buah hatinya.

Sebagai orang yang awam kita mungkin kebingungan apa saja si kandungan yang ada dalam lotion anti nyamuk pada bayi? Nah, secara umum kandungan yang terdapat dalam lotion anti nyamuk bayi adalah DEET dan Picaridin. Kadar konsentrasi DEET dalam lotion anti nyamuk menandakan seberapa lama ketahanan produk tersebut dapat digunakan.

Sama halnya dengan DEET, Picaridin pun bermanfaat untuk memberikan perlindungan lebih lama dari gigitan nyamuk. Dimana dua kandungan ini adalah senyawa yang aman diberikan kepada bayi dengan usia 2 bulan ke atas.

Meskipun DEET adalah kandungan yang aman diberikan pada bayi, namun orangtua harus tetap memilih produk yang bebas dengan kandungan DEETnya sebisa mungkin. Adapun bahan yang seringkali menjadi alternatif pilihan adalah bahan yang mengandung minyak esensialo alami dari tanaman, seperti halnya yang telah disebutkan di atas yakni citronela, papperment dan juga serai.

Sementara itu, untuk produk lotion anti nyamuk dengan kandungan eucalyptus sebaiknya diberikan kepada anak saat usia mereka lebih dari 3 tahun. Nah, melihat kandungan ini diharapkan kita jadi sedikit lebih memahami pemilihan produk lotion anti nyamuk untuk bayi dan anak yang seringkali kita dibuat keliru dan kebingungan dengan masalah yang satu ini.

Tips Penggunaan Lotion Anti Nyamuk Pada Bayi

Selain memahami manfaat dan kandungan, cara penggunaan lotion anti nyamuk pada bayi pun menjadi hal penting yang harus anda perhatikan dengan baik. Hal ini tentu saja dilakukan agar tidak ada kesalahan yang mungkin malah membuat bayi mengalami keluhan yang lain. Lalu apa saja sih hal yang penting menjadi perhatian? Mari simak di bawah ini informasinya.

Baca Aturan Pakai

Hal penting pertama yang perlu anda perhatikan dengan baik pada saat hendak menggunakan lotion anti nyamuk pada bayi adalah dengan membaca aturan pakai yang tertera pada kemasan. Pastikan produk yang anda gunakan memang diformulasikan untuk bayi dengan baik.

Cari tahu juga larangan dan anjuran penggunaan produk yang penting diperhatikan. Jangan sampai kesalahan kecil yang anda lakukan membuat si kecil terkena imbasnya yang berbahaya untuk kesehatannya nanti.

Oleskan dengan Merata

Cara penggunaan lotion anti nyamuk bisa langsung anda oleskan pada permukaan kulit bayi dengan merata. Sebaiknya oleskan dengan tipis-tipis saja, sebab dioleskan dalam jumlah banyak dan tebal pun tidak akan memberikan manfaat perlindungan yang ekstra. Justru hal ini malah akan membuat kulit bayi terasa tidak nyaman karena lengket yang ditinggalkan.

Belum lagi, dikhawatirkan produk yang dioleskan dalam jumlah banyak akan memicu kondisi yang tidak nyaman pada saat lotion bereaksi dengan keringat pada tubuh bayi. Maka itu, ratakan dengan tipis dan oleskan secara keseluruhan pada bagian kulit yang terbuka saja. Untuk kulit yang tertutup dengan pakaian tidak perlu diberikan olesan lotion sebab sudah cukup terlindungi.

Perhatikan Jika Obat Anti Nyamuk Berbentuk Spray

Selain hadir dalam bentuk lotion, obat anti nyamuk pada bayi pun ada yang dibuat dalam bentuk spray. Karena jenisnya ini berbeda maka penggunaannya pun akan sedikit berbeda.Lain halnya dengan lotion anti nyamuk yang cukup dioleskan pada bagian kulit terbuka saja.

Untuk jenis spray anda bisa menyemprotkannya pada bagian pakaian dengan merata. Hal ini akan dapat memberikan perlindungan pada kulit bayi terutama ketika ia berada di ruangan yang terbuka. Selain itu, perhatikan pula hanya gunakan lotion anti nyamuk bila diperlukan saja. Ketika si keci berada di dalam ruangan yang aman seperti rumah dengan hembusan AC yang bebas nyamuk maka sebaiknya tidak menggunakan lotion anti nyamuk.

Perhatikan Bagian-Bagian Tertentu Tubuh

Tak hanya memperhatikan cara mengaplikasiannya yang dilakukan dengan merata. Hal lain yang juga penting menjadi perhatian adalah bagian-bagian tertentu pada tubuh bayi. Sebaiknya hindari mengoleskan lotion anti nyamuk pada bagian tangan, mulut dan bagian mata si kecil.

Selain itu, jangan gunakan lotion anti nyamuk pada bagian kulit yang sedang mengalami iritasi atau terdapat luka yang terbuka. Hal ini dikarenakan penggunaan lotion akan memperparah kondisi luka dan iritasi yang dialami oleh si kecil. Maka dari itu, perhatikan hal ini dengan baik.

Bersihkan Kembali Bagian Kulit

Setelah lotion anti nyamuk sudah tidak digunakan pada kulit sebaiknya jangan disisakan begitu saja. Anda bisa membersihkannya dengan cara mengelapnya dengan handuk basah menggunakan air hangat. Cara ini akan dapat mengelap bersih kandungan lotion yang terdapat pada kulit dengan merata. Penting sekali membersihkan lotion terutama bila produk tersebut dioleskan berkali-kali pada kulit bayi.

Hentikan Penggunaan Bila Bayi Mengalami Ruam

Bayi mungkin mengalami reaksi alergi berupa ruam dan kemerahan. Bila ibu mendapati kondisi ini setelah mengaplikasikan produk lotion anti nyamuk maka segera hentikan penggunananya. Bisa jadi anak anda tidak cocok dengan produk tersebut.

Loading...