Agar Rumah Aman Untuk si Kecil, Ikuti Tips Ini

Agar Rumah Aman Untuk si Kecil – Tidak hanya kenyamanan yang harus diperhatikan, namun keamanan rumah anda juga harus diutamakan, terlebih lagi jika anda memiliki anak kecil. Nah, agar rumah aman untuk si kecil, anda bisa ikuti tips berikut ini.

Agar Rumah Aman Untuk si Kecil

Tips Agar Rumah Aman Untuk si Kecil

Rumah yang aman dan nyaman bisa anda ciptakan untuk si kecil dengan memperhatikan tips ini sebagai referensi.

Posisi Stop Kontak Pastikan Tersembunyi

Salah satu hal yang berbahaya untuk si kecil di rumah yaitu stop kontak. Oleh karena itu, dalam mendesain rumah pastikan stop kontak yang terdapat di rumah anda letaknya jauh dari jangkauan si kecil. Caranya yaitu dengan mendesain ruangan sedemikian rupa, misalkan menyembunyikan letak stop kontak dengan mengatur posisi kursi, bufet atau tempat tidur. Selain itu, anda juga bisa membeli pembungkus khusus stop kontak yang bisa anda beli di toko perkakas.

Simpan dengan Benar Barang yang Mudah Pecah

Barang-barang yang mudah pecah, seperti piring, guci, gelas, vas bunga dan lain sebagainya sebaiknya disimpan dengan baik dan benar. Hindari menyimpan barang-barang tersebut pada tempat yang mudah dijangkau oleh anak. Akan lebih baik jika anda menyimpan barang-barang tersebut dalam lemari agar lebih aman.

Memilih Perabotan Ramah Anak

Memiliki rumah yang cantik tentu menjadi dambaan banyak orang. Nah, untuk mempercantik rumah anda tentu akan mendekorasi rumah dengan sedemikian rupa. Namun, agar rumah aman untuk si kecil pastikan anda membeli perabot yang ramah untuk anak. Pastikan perabot yang  anda pilih material dan kualitasnya aman bagi buah hati.

Misalkan, memilih sofa dengan kain yang tidak licin supaya si kecil tidak akan mudah terpeleset ketika naik ke sofa.

Amankan Benda-Benda Tajam

Benda-benda tajam biasanya lebih sering berada di dapur, seperti pisau, garpu  dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pastikan anda menyimpan benda tajam tersebut pada laci dan kunci dengan benar-benar rapat. Sedangkan untuk kebutuhan makan anak, anda bisa menyediakan  alat makan dari plastik yang aman dipakai oleh si kecil.

Baca juga : Bolehkah Bayi Tidur Pakai Kipas Angin/AC?

Sembunyikan Obat dan Bahan Kimia dari Jangkauan Anak

Pembersih lantai, deterjen dan obat nyamuk juga harus anda simpan dengan baik dan benar, sebab jika sampai  tertelan maka akan berisiko fatal. Sama halnya dengan obat-obatan yang tentunya tidak boleh dikonsumsi dengan sembarangan.

Obat-obatan dan bahan kimia saat ini memiliki kemasan menarik dan berwarna, sehingga si kecil akan penasaran. Oleh karena itu, pastikan obat-obatan atau benda yang mengandung zat berbahaya disimpan rapi dalam lemari, kemudian dikunci rapat.

Jangan Memajang Benda Kecil

Anak-anak, terlebih lagi anak yang usianya di bawah 3 tahun biasanya suka memasukan benda ke dalam mulut. Agar rumah aman untuk si kecil, pastikan anda tidak menyimpan benda-benda kecil karena ditakutkan tertelan oleh si kecil. Oleh karena itu, sebaiknya anda menahan keinginan mendekorasi rumah dengan hiasan-hiasan kecil.

Pintu Keluar Dikunci

Pada saat anak anda bermain di dalam rumah, pastikan pintu keluar tertutup rapat dan dikunci agar si kecil tidak bisa keluar rumah. Anda juga akan lebih tenang karena tidak akan ada orang asing yang masuk ke rumah tiba-tiba.

Tangga Dipasang Pagar

Jika rumah anda bertingkat dan si kecil masih belajar berjalan atau merangkak, anda harus mengamankan tangga dengan memakai pagar khusus. Ini dilakukan agar si kecil tidak merangkak ke atas atau ke bawah. Memasang pagar khusus tentu akan membuat anda lebih tenang.

Itulah tips agar rumah aman untuk si kecil. Meskipun anda sudah melakukan tips di atas, namun anda juga harus tetap memperhatikan dan mengawasi buah hati anda.

 

Loading...