Agar Anak Mau Makan Buah, Ikuti Tips Cerdas Ini

Agar Anak Mau Makan Buah – Manfaat buah untuk kesehatan tentunya tidak bisa kita ragukan lagi. Selain sehat, buah-buahan juga memiliki rasa yang lezat dan khas. Hanya saja, terkadang anak-anak tidak menyukai buah. Hal ini membuat ibu harus lebih berusaha agar anak mau makan buah.

Ketika harus menghadapi si kecil yang tidak mau makan buah, anda jangan kesal atau memarahinya. Karena si kecil justru akan semakin tidak mau mengonsumsi buah. Alih-alih marah, lebih baik lakukan beberapa tips cerdas ini agar si kecil mau makan buah.

Agar Anak Mau Makan Buah

Tips Agar Anak Mau Makan Buah yang Dapat Anda Lakukan

Dengan menyajikan buah menjadi sajian yang lezat dan menarik, diharapkan si kecil mau mengonsumsi buah. Selain itu, ciptakan suasana yang menyenangkan saat makan buah agar si kecil lebih tertarik. Untuk lebih jelasnya yuk simak tips agar anak mau makan buah berikut ini.

Baca juga : Tips Agar Anak Mau Makan Sayur

Olah Buah Menjadi Pure

Pure yaitu makanan yang diolah dengan cara melembutkan bahan makanan sampai konsistensinya mirip dengan bubur. Agar si kecil mau makan buah, salah satu caranya yang dapat anda lakukan yaitu menyajikan buah-buahan dalam bentuk pure.

Cara mengolah buah menjadi pure tentu sangat bermanfaat, terutama ketika si kecil tumbuh gigi. Saat tumbuh gigi, gusi si kecil cenderung tidak nyaman sehingga nafsu makannya akan berkurang. Pure buah yang anda buat dan disajikan dingin selain enak, juga akan membantu si kecil dalam mengatasi rasa tidak nyaman karena tumbuh gigi.

Mengolah Buah Menjadi Smoothies

Cara lainnya yang dapat anda lakukan yaitu dengan mengolah buah menjadi smoothies. Smoothies itu sendiri yaitu minuman yang terbuat dari yoghurt atau susu dan dicampurkan dengan buah-buahan. Anda bisa mencampurkan aneka jenis buah dalam smoothies sesuai kesukaan si kecil. Ketika membuat smoothies sebaiknya anda tidak menggunakan gula agar tidak kelebihan gula.

Karena smoothies dibuat dengan produk susu sapi, maka sajian ini bisa anda berikan pada anak usia 8 bulan ke atas. Namun, anda juga harus memastikan bahwa si kecil tidak mempunyai riwayat alergi susu sapi.

Mengolah Buah Menjadi Es Krim

Selain diolah menjadi smoothies, anda juga bisa mengolah buah menjadi es krim. Biasanya anak-anak menyukai es krim dan anda bisa mensiasatinya dengan membuat es krim buah-buahan. Buah yang cocok dibuat es krim yaitu pisang.

Buah pisang bisa anda bekukan, lalu diblender dan jadilah es krim pisang. Es krim dengan tekstur yang lembut ini dan terbuat dari buah tanpa tambahan bahan yang lainnya bisa anda berikan pada si kecil.

Pada Menu Makanan Sisipkan Buah-Buahan

Supaya si kecil mau makan buah, anda juga bisa menyisipkan buah-buahan pada menu makanan yang disukainya. Contohnya, jika si kecil suka makan roti, anda bisa menambahkan selai buah yang anda buat sendiri.

Buat Suasana Menyenangkan

Memaksa si kecil makan buah bukanlah cara yang tepat agar si kecil mau mengonsumsi makanan yang satu ini. Anda sebaiknya menjadikan waktu makan buah menjadi momen yang menyenangkan. Anda bisa mengajak si kecil makan buah sambil bermain.

Mengajak Si Kecil Beli Buah dan Menyiapkan Sendiri

Mengajak si kecil membeli buah dan membiarkannya membantu menyiapkan buah untuk dirinya sendiri menjadi ide cerdas yang bisa anda lakukan agar si kecil mau makan buah. Hal ini akan membuat si kecil lebih bersemangat dan membangkitkan keingintahuan si kecil. Anda bisa menerapkan cara ini pada anak yang sudah lebih besar.

Itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan agar si kecil mau makan buah. Selamat mencoba.

 

Loading...