Home » Perlengkapan Bayi » Waspada Peralatan yang Sering Sebabkan Bahaya Pada Bayi

Waspada Peralatan yang Sering Sebabkan Bahaya Pada Bayi

Waspada Peralatan yang Sering Sebabkan Bahaya Pada Bayi – Anak-anak bayi berusia lebih besar akan senang mengeksplor banyak hal dirumah dan dimana saja. Tidak sigap dalam menangani kondisi ini maka akan fatal akibatnya. Nah, waspadai beberapa peralatan yang sering sebabkan bahaya pada bayi dibawah ini.

Anak-anak senang melakukan suatu kegiatan yang sebut dengan bermain. Mereka bisa bermain seorang diri atau bermain dengan ditemani oleh orang dewasa. Selain itu, permainan yang dilakukanpun bisa dijalankan tanpa adanya alat bermain atau diberikan jenis mainan yang banyak. Contohnya, seperti boneka, bola, mainan susun puzzle dan masih banya lagi. Anak-anak pun dapat bermain dengan segala jenis barang yang baru mereka temukan, seperti kayu, daun, batu dan segala hal yang mereka jumpai.

Memang menyenangkan melihat si kecil dapat asyik bermain tanpa rewel atau terlihat murung. Belum lagi, anak-anak yang aktif bermain dan terlihat ceria umumnya akan membuat orangtua tidak perlu merasa khawatir dengan kesehatannya. Kondisi tubuh yang fit dan bugar pada anak bayi adalah modal keceriaannya saat ini. Jadi demikian, kita tidak perlu mengkhawatirkan kondisi kesehatan anak yang aktif bermain.

Selain itu, melihat anak-anak yang asyik bermain sendiri tentu membuat orangtua akan merasa tenang melakukan kegiatan lainnya. Termasuk pada saat memiliki pekerjaan rumah tangga yang masih belum terselesaikan. Melihat kondisi si kecil yang aktif dan senang main sendiri tentu akan memberikan kesempatan untuk orangtua dapat melakukan tugasnya yang lain.

Akan tetapi, kecenderungan anak-anak yang belum mampu membedakan mana bahaya dan mana yang tidak. Umumnya membuat kita akan merasa khawatir bila ia mendekati sumber bahaya yang akan mencelakai tubuhnya. Hal inilah yang seringkali membuat dilema yang begitu besar. Di satu sisi anda dituntut untuk bisa menyelesaikan pekerjaan anda dan disisi yang lain kewajiban menjaga anak pun menjadi tugas yang penting.

Nah, kondisi seperti inilah yang pada akhirnya membuat peran anda menjadi seorang ibu dan istri menjadi terbelah. Alhasil, pekerjaan rumah tangga menjadi terbengkalai dan anda memilih untuk terus mendampingi si kecil karena khawatir bila mereka mendekati sumber bahaya.

Waspada Peralatan yang Sering Sebabkan Bahaya Pada Bayi

Namun, sebenarnya kondisi seperti ini bisa ditanggulangi dengan baik apabila orangtua dapat mengetahui trik dalam mensiasati kondisi ini. Salah satunya adalah dengan memperhatikan beberap hal yang akan menjadi sumber bahaya untuk buah hat anda.

Umumnya kondisi bermain pada si kecil membuat mereka senang menyentuh segala hal, termasuk benda-benda bahaya. Bahaya tersebut bisa berasal dari benda-benda yang ada didalam rumah atau pada saat diluar rumah. Pikiran anak-anak yag masih begitu polos mungkin membuat mereka belum mengerti mana yang benar dan mana yang salah sebagai penyebab timbulnya bahaya tersebut. Dari sini, menjadi tanggung jawab orangtua untuk dapat mencegah dan mengawasi buah hatinya dari sumber bahaya tersebut.

Untuk itu, saat si kecil mulai menginjak usia 4 bulan, sebaiknya ibu dan orangtua sudah menyiapkan lingkunga rumah yang child proof. Artinya rumah anda haruslah menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk si buah hati. Hal ini dikarenakan, pada saat mereka belum dapat berjalan, rumah adalah satu-satunya tempat bermain untuk mereka.

Jadi demikian, pastikan bila anda mendukung hal ini dengan memastikan rumah anda bersih dan aman dari benda-benda tajam yang berbahaya. Menutup beberapa lubang stop kotak dirumah bukanlah satu-satunya hal yang perlu untuk dilakukan. Sebab pada kenyataannya, meski hal tersebut sudah dilakukan. Masih saja ada sumber bahaya yang dapat mengancam keselamatan buah hati anda.

Nah, dibawah ini menurut beberapa dokter terdapat beberapa benda yang paling mereka hindari dirumah. Sebab benda-beda tersebut dapat menyebabkan timbulnya masalah atau kecelakaan pada anak-anak. Apa sajakah peralatan tersebut? Simak dibawah ini.

Waspada Peralatan yang Sering Sebabkan Bahaya Pada Bayi

Mewaspadai beberapa sumber bahaya dirumah atau ditempat bermain si kecil adalah hal yang penting untuk dilakukan. Dengan begini orangtua dapat membiarkan buah hatinya bermain dengan ceria tanpa dibayang-bayangi ketakutan jiwanya terancam. Lalu apa sajakah peralatan yang penting diperhatikan selama berada dirumah ketika menjaga si kecil? Ini dia daftarnya.

Baterai Kancing

Terkadang perhatian kita hanya terfokus pada benda-benda yang terlihat dengan ukuran yang besar. Tanpa kita sadari barang-barang yang kecil justru menjadi sumber bahaya yang tidak terlihat. Seperti misalkan kehadiran baterai kancing. Jenis benda yang satu ini biasanya tanpa kita sadari selalu berserakan dimana saja. Dan pada saat yang tidak terduga si kecil memungutnya lalu memasukkannya kedalam mulut.

Kondisi ini seperti inilah yang akan dapat menimbulkan masalah yang besar. Anak bayi yang menelan benda kecil seperti baterai kancing (baterai lithium) seringkali dijumpai. Ketika baterai tersangkut pada bagian kerongkongan, acid atau zat asam yang terdapat didalamnya akan membahayakan si buah hati.

Zat acid yang bercampur dengan air liur akan dapat menimbulkan luka pada bagian kerongkongan si kecil. Akibatnya akan sangat fatal, yakni membuat tali pita suara rusak seumur hidup. Kondisi seperti ini tentu akan menjadi mimpi buruk untuk semua orangtua. Dengan demikian, sebaiknya hindari meletakkan bahan ini dimana saja.

Tangga Lipat

Banyak rumah tangga yang memiliki peralatan ini sebagai alat yang penting. Fungsi dari tangga lipat memang dapat bermanfaat banyak. Seperti membenarkan genting yang bocor, menjangkau barang yang tinggi dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, manfaat ini akan dapat menimbulkan masalah apabila ibu atau ayah lengah. Tangga lipat yang terpasang dimana saja dan tersenggol oleh si kecil akan mungkin mencelakai tubuhnya. Pada saat tangga tersebut goyah dan terjatuh. Kondisi seperti ini tentu akan menjadi hal yang sangat fatal, apalagi berat tangga benar-benar tinggi.

Mie Instan dalam Cup

Saat ini kemasan mie instan sudah semakin beragam, salah satunya adalah jeni mie instan dalam cup. Jenis mie yang satu ini memungkinkan anda untuk dapat makan mie dalam wadah sterofoam tersebut. Hanya saja, kondisi ini akan dapat berbahaya untuk si kecil. Pada saat anda meletakkan mie instan cup seduh dimana saja. Lalu si kecil berjalan dan lantas berusaha menggapainya maka kondisi ini akan fatal. Si kecil bisa saja terkena dengan tumpahan air seduhan mie yang masih panas dan membuat kulitnya melepuh. Untuk itu, sebaiknya tempatkan makanan yang satu ini di tempat yang tidak dapat dijangkau oleh buah hati anda.

Kursi Makan Bayi

Kursi makan bayi memang membantu si kecil dapat duduk dengan nyaman ketika makan. Hanya saja, kehadiran alat yang satu inipun dapat berbahaya untuk keselamatan si buah hati. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan si kecil umumnya sering menendang bagian meja dan membuatkursinya terjungkal ke belakang. Jatuh dari ketinggian tersebut akan membuat tengkoraknya menjadi retak. Kasus seperti ini menjadi masalah pada bayi yang umum terjadi. Apalagi jika orangtua seringkali lengah. Untuk itu, sebaiknya waspada saat si kecil menggunakan peralatan ini.